3 Cara Agar Uang Bekerja Untuk Anda

Author : Yulia Andita

Salah satu perbedaan terbesar antara yang kaya dan yang kurang kaya adalah bahwa orang kaya mendapat bunga/imbal hasil dan orang yang kurang kaya membayar bunga. Penting untuk menyadari bahwa uang adalah alat yang dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda. Agar Anda dapat mencapai kemandirian finansial sejati, Anda perlu membuat uang mulai bekerja untuk Anda — bukan Anda bekerja untuk uang. Berikut adalah tiga hal yang dapat Anda lakukan untuk mulai membuat uang bekerja untuk Anda. Tiga langkah ini juga dapat membantu Anda melepaskan diri dari kebiasaan buruk kelola keuangan yang diturunkan melalui keluargamu.

 

Anggaran

Cara paling penting untuk mengubah cara Anda menangani uang adalah dengan membuat anggaran. Ketika Anda membuat anggaran, penghasilanmu untuk melakukan apa yang diinginkan. Dengan menetapkan setiap rupiah ke suatu kategori pengeluaran, maka kamu akan bisa  mengendalikan ke mana uang Anda pergi dan apa fungsinya.

Baca JugaTips Membuat Anggaran : Cara Menghitung Penghasilan dan Beban

Anggaran adalah alat terbaik yang Anda miliki di samping penghasilanmu untuk membangun kekayaan. Anggaran memberi Anda kendali atas keuangan dan memungkinkan kamu membuat keputusan keuangan pada awal setiap bulan. Ketika Anda menguasai penganggaran, Anda akan dapat mencapai tujuan keuangan Anda lebih cepat dan menghindari hutang. Anggaran mirip dengan pelacak kesehatan keuangan dan membantu Anda memantau pengeluaran dan pendapatan.

Jika Anda ingin mengubah tujuan keuangan, maka anggaran adalah langkah pertama Anda untuk melakukan itu. Seringkali orang akan membuat anggaran, tetapi gagal untuk menaatinya atau berhenti setelah sebulan. Anda perlu membuat anggaran setiap bulan, melacak pengeluaran dan membuat perubahan sesuai kebutuhan, sehingga kamu bisa menghabiskan uang sesuai dengan anggaran. Ketika membuat keputusan dalam menghabiskan uang pada awal bulan, kamu bisa memutuskan prioritas apa yang paling penting bagi Anda.

 

Menuntaskan Hutang

Apakah Anda tahu berapa banyak utang berbunga yang kamu bayar setiap bulan? Berapa banyak anggaran bulanan yang habis oleh pinjaman koperasi, cicilan elektronik, dan tagihan kartu kredit? Jika berhutang, kamu bisa mengumpulkan dan memasukkannya ke dalam pensiun, sungguh menakjubkan betapa cepatnya Anda dapat menabung untuk masa pensiun dan kebutuhan di masa depan lainnya. Hutang seringkali menjadi beban dan membatasi pilihan yang bisa kamu buat. Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan dengan uang adalah menghindari hutang! Karena utang bisa membatasi peluangmu yang lain.

 

 

Simpan dan Investasikan Uang Anda

Setelah Anda  melunasi hutang Anda, Anda perlu mulai menabung secara agresif. Akan ada titik di mana uang yang Anda miliki akan menghasilkan lebih dari yang Anda dapatkan dalam sebulan. Anda harus menyisihkan sejumlah uang setiap bulan. Anda harus mulai menginvestasikan uang Anda. Investasi adalah cara paling efektif menumbuhkan kekayaan. Selain itu menabung dapat membantu menyiapkan untuk menghadapi pasang surut yang akan terjadi sepanjang hidup Anda.

Menabung untuk dana darurat mungkin merupakan langkah pertama, tetapi Anda akan mulai benar-benar membangun kekayaan ketika berinvestasi. Pikirkan juga membentuk tabungan untuk pensiun dan kebutuhan keuangan di masa mendatang.

Baca Juga : Empat Tahapan Untuk Berinvestasi Secara Konsisten

Ketika Anda mulai berinvestasi, penting untuk mengingat diversifikasi portofolio Anda. Anda tidak pernah ingin semua uang Anda diinvestasikan hanya dalam satu jenis saham atau reksadana dan terpenting tidak dalam satu jenis. Belilah investasi yang menghasilkan pendapatan untuk Anda. Banyak orang menganggap real estat sebagai pilihan investasi yang baik karena harga dari property itu akan terus meningkat setiap periodenya.

Ini membantu untuk memiliki serangkaian tujuan spesifik yang Anda simpan dan investasikan karena itu akan membantu memfokuskan pengeluaran Anda dan memberi Anda motivasi. Pikirkan hal-hal yang perlu Anda bayar seperti pendidikan anak Anda, membeli rumah, atau pensiun dini. Sasaran ini juga dapat mendorong jenis investasi apa yang Anda pilih untuk digunakan.