4 Aturan Terbaik Untuk Mengatur Arus Kas Dengan Baik

Author : Yulia Andita

Jumlah uang yang didapat dari gaji per bulan, bunga rekening tabungan Anda atau dari penghasilan lainnya dan jumlah uang yang kamu keluarkan yaitu uang yang dihabiskan untuk pengeluaran bulanan termasuk uang yang dihabiskan untuk keperluan yang lebih mewah lainya secara bersamaan itu adalah cash flow atau arus kas. Mempertahankan arus kas yang baik dapat dipahami dengan cara yang memperhatikan contoh dari  tangki air: Dalam tangki air, air masuk di bagian atas dan mengalir ke bawah. Agar tangki tetap bagus dan penuh, orang perlu membuat saluran yang terus mengisi tangki dan membuka lubang untuk mengalirkan air ke bawah. Hal yang sama juga untuk memiliki arus kas yang sempurna harus ada keseimbangan antara uang yang masuk dan uang keluar.

Arus kas masuk bagai darah kehidupan sebuah bisnis dan juga untuk keuangan keluarga, berbicara tentang bisnis yang arus kas masuk berasal dari sumber-sumber seperti pembayaran dari pelanggan, pembayaran piutang, dan suntikan dana investor. Dan ketika berbicara tentang keuangan pribadi, itu berasal dari gaji seseorang, rekening tabungan, dan investasi. Uang tunai (uang) adalah hal paling penting yang diperlukan untuk hidup karena nantinya menjadi pembayaran untuk hal-hal yang penting untuk bertahan hidup. Secara alami, arus kas positif itu lebih baik untuk kesehatan keuanganmu.

Aliran kas positif pada dasarnya berarti memiliki lebih banyak uang masuk daripada uang yang dikeluarkan. Arus kas positif berarti kehidupan finansial Anda berjalan dengan lancar karena arus kas positif. Arus kas positif yang tinggi bahkan lebih baik daripada arus kas negative/defisit dan memungkinkan Anda untuk melakukan investasi karena Anda memiliki banyak uang masuk yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan lebih banyak uang lagi. Mempekerjakan lebih banyak karyawan dalam bisnis, membeli properti, memasukkan uang ke dalam reksadana atau saham, dll. Adalah beberapa contoh investasi. Investasi ini akan meningkatkan uang masuk Anda.

Berikut adalah beberapa aturan praktis yang dapat mengarahkan Anda ke jalan yang benar untuk memiliki arus kas yang sempurna.

 

Peraturan no. 1 : Berapa Banyak untuk Dihemat?

Ini adalah poin pertama yang mendasar dan untuk mencapai arus kas bulanan yang positif. Mulailah dengan menghitung penghasilan yang Anda dapatkan dan kurangi porsi yang Anda dapatkan dari tabungan Anda.

Untuk kehidupan finansial yang sehat, seseorang perlu menabung minimal 20% dari pendapatan bulanannya. Namun, seseorang pasti dapat meningkatkan persentase terhadap tabungan dan melakukan penghematan 40% dari pendapatan bulanan. Tetapi ini bukan menjadi patokan sepenuhnya, karena  tergantung pada siklus hidup dan tanggung jawab Anda masing-masing. “Jika seseorang memiliki sejumlah tanggung jawab, rasio tabungan yang lebih rendah. Maka umumnya, 20-40% selalu kisaran yang baik untuk berhemat. Misalkan anda memiliki penghasilan bulanan bersih sebesar 5 juta rupiah maka 20% nya bisa kamu tabung, dan sisanya untuk kebutuhan bulanan.

 

 

Peraturan no. 2 : Berapa Banyak Berinvestasi

Perhitungan Anda tentang berapa banyak yang harus disimpan dapat memberikan hasil yang lebih baik ketika diinvestasikan dengan cara yang benar. Investasikan tabungan untuk membuat uangmu tumbuh sehingga dapat memberi Anda lebih banyak pengembalian. Tetapi sangat penting untuk memiliki jumlah investasi yang tepat juga di tempat dan instrument investasi yang berbeda untuk mencapai tujuan keuangan Anda. Alokasi aset penting karena membantu dalam mendiversifikasi dan meminimalkan risiko Anda dan mencegah kerugian yang besar jika salah satu aset mengalami penurunan.

cara mengatur arus kas

 

Investasi riil

Emas dan real estat adalah dua investasi riil di mana umumnya orang berinvestasi di Indonesia. Tetapi untuk hasil yang lebih baik, investasi riil seharusnya bukan satu-satunya pilihan investasi Anda. Investasi dalam emas dan real estat tidak boleh lebih dari sepertiga dari investasi Anda.

 

Investasi keuangan

Salah satu investasi keuangan biasanya berbenruk surat utang atau saham. Dalam memilih investasi keuangan ini, perlu kehati-hatian. Selalu pertimbangkan faktor risiko sebelum Anda berinvestasi. Berinvestasi di saham untuk tujuan jangka pendek, tidaklah cocok karena saham cendnerung mengalami fluktuatif harga yang relative tinggi.

 

Peraturan no. 3 : Tabungan menuju Pensiun

Seseorang harus selalu menabung minimal 10 persen dari pendapatannya untuk masa pensiun mereka. Tabungan pensiun adalah suatu keharusan dan itu adalah dasar kehidupan di masa depan. Menghemat 10 persen selama Anda masih bekerja akan menghasilkan pengembalian yang bagus dan cukup untuk menyediakan dana pensiun yang kokoh bagi Anda dan pasangan.

 

Peraturan no. 4 : Berapa Banyak Utang

Karena Anda sudah selesai dengan mengalokasikan uang untuk pengeluaran, bulanan investasi dan tabungan. Ada situasi tertentu, kamu bisa saja berhutang. Mungkin untuk membeli rumah, gadget, atau mobil.

Memiliki utang bukanlah tidak diperbolehkan. Tetapi penting, untuk mengetahui batas jumlah yang Anda pinjam. Para ahli menyarankan bahwa total utang seseorang tidak boleh lebih dari 35% dari total pendapatan per bulannya.

Arus kas sangat penting untuk dipertahankan agar memiliki kehidupan keuangan yang seimbang. Poin-poin yang disebutkan di atas pasti akan membantu Anda untuk mencapai arus kas yang sempurna dalam hidup Anda.

cara mengatur arus kas