4 Tips Investasi Untuk Wanita Agar Bebas Finansial

Author : Yulia Andita

Wanita adalah sosok terkuat dari keluarga mana pun dan memiliki keterampilan manajemen keuangan yang lebih baik. Tidak ada yang bisa menyangkal fakta bahwa wanita memiliki keterampilan menabung yang lebih baik daripada pria. Seorang wanita dapat mengambil tanggung jawabnya sendiri dan ketika diperlukan dia harus memiliki kapasitas untuk membantu keluarganya juga.

Masalah uang seorang wanita agak berbeda dari pria. Pertama, mereka  terkadang merubah pekerjaan setelah menikah karena mereka mungkin perlu pindah ke tempat lain, dan mendapatkan pekerjaan baru juga membutuhkan waktu. Mereka perlu mengambil cuti hamil dan harus berhenti dari pekerjaan dan karier mereka. Oleh karena itu, menjadi lebih penting bagi perempuan untuk menyelamatkan sebagian dari yang pernah mereka hasilkan serta perlu memiliki investasi yang dapat membantu ketika mengalami kesulitan keuangan mereka.

Bahkan ketika seorang wanita adalah seorang ibu rumah tangga, menyimpan sejumlah uang setiap minggu dari pengeluaran rumah tangga. Atu bisa juga menginvestasikan uang ini untuk membeli perhiasan emas untuk dirinya sendiri atau untuk keperluan keluarga yang mendesak. Jika sudah berumah tangga, ada baiknya juga mendiversifikasi uang kedalam reksa dana,  saham dan mengelola investasi lain juga. Waktu tidak dapat diprediksi dan dapat terjadi bahwa suami tidak bisa terus bekerja atau sudah tiada. Untuk situasi seperti ini, wanita juga harus memiliki keuangan, tabungan, dan investasi sendiri sehingga dapat mengurus keluarganya saat itu.

 

Didik Diri Sendiri

tips investasi untuk wanita

Untuk bisa mencapai kebebasaran finansial, penting untuk memiliki pengetahuan dasar setidaknya. Jika  memulainya tanpa sepengetahuan, Anda tidak akan pernah mendapatkan hasil yang baik dan mungkin itu dapat menyebabkan kerugian Anda. Dimulai dengan satu langkah membaca dan belajar tentang instrumen dan skema keuangan yang tersedia di pasar. Ada berbagai aplikasi manajemen keuangan, investasi online dan kursus keuangan pribadi, dan komunitas yang tersedia secara online dan offline baik yang berbayar maupun gratis. Pilih mana yang Anda suka dan mulailah belajar. Mendidik diri sendiri dan mulai mengelola keuangan dengan cara yang efisien. Ketika Anda akan mempelajari semua ini, Anda akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang pilihan investasi yang tepat untuk diri anda sendiri.

 

Tetapkan Tujuan Keuangan Anda

tips investasi untuk wanita

Menetapkan tujuan keuangan juga merupakan hal yang penting. Putuskan apa yang menjadi kebutuhan dalam waktu dekat dan masa depan Anda untuk memiliki kehidupan yang stabil secara finansial dan sehat. Sasaran Anda harus dimulai dengan sasaran keuangan jangka pendek seperti merencanakan keuangan  untuk liburan bersama keluarga, selanjutnya persiapan pendidikan anak-anak, pernikahan, dan perencanaan keuangan Anda seumur hidup setelah pensiun.

 

Buat Rencana Investasi Anda

tips investasi untuk wanita

Setelah Anda memutuskan dan menetapkan tujuan keuangan, menjadi mudah bagi Anda untuk memulai langkah untuk mencapai tujuan Anda. Hal kedua yang diperlukan setelah menetapkan tujuan Anda adalah rencana investasi.

Pertama, atur anggaran bulanan, simpan sebagian untuk dana darurat dan setelah ini putuskan - berapa banyak uang yang harus diinvestasikan dan di mana? Pertama, mulailah dengan investasi berisiko rendah seperti reksadana pasar uang dan pikirkan bagaimana cara membuat uang bekerja bagi Anda untuk mencapai tujuan keuangan Anda. Rencana investasi memberikan panduan yang dapat membantu Anda mengatur dana Anda.

 

Miliki Asuransi dan Investasi yang Bertumbuh

tips investasi untuk wanita

Asuransi juga penting karena merupakan investasi yang memberikan pengembalian di masa depan serta memberikan perlindungan kepada Anda dan keluarga. Kesalahan terbesar yang sering dilakukan wanita adalah mengabaikan asuransi. Mereka sering berpikir bahwa mereka tidak sepenting anggota laki-laki dan karenanya mengabaikan asuransi.

Wanita adalah harapan hidup yang lebih tinggi dan memiliki potensi sakit karena gaya hidup yang lebih tinggi, dan karenanya mereka perlu dilindungi. Di sebagian besar keluarga di Indonesia, wanita tidak memiliki asuransi jiwa atau asuransi lainnya. Padahal asuransi jiwa ini juga penting untuk keluarga yang ditinggal, karena asuransi ini akan memberikan santunan kepada keluarga yang anda tinggalkan.

Ketika Anda selesai dengan asuransi, rencanakan untuk bisa memiliki investasi yang bertumbuh. Investasi di emas, reksadana, ekuitas sangat berharga untuk menumbuhkan uang Anda. Jika Anda merasa sulit untuk memahami persyaratan untuk investasi di instrument diatas, bacalah artikel online tentang keuangan pribadi, reksadana, dan semuanya. Jika tidak mau ribet dalam mengelola, anda bisa berinvestasi di reksadana online.

Tulisan di atas hanyalah garis besar tentang bagaimana memulai kebebasan finansial bagi wanita, hanya dirimu sendirilah yang bisa mengambil langkah-langkah dan mengerjakan manajemen keuangan dan investasi Anda. Mulailah dengan langkah-langkah kecil dan teruslah maju, ini pasti akan mengarah ke masa depan yang aman secara finansial dan aman untuk Anda dan keluarga Anda.