6 Cara Top Supaya Merdeka Financial

Tidak terasa Indonesia sebentar lagi akan mempertingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-73 tahun. Mulai banyak institusi, perumahan bahkan di pinggir jalan yang memasang bendera merah putih sebagai rasa bahagia menyambut hari bersejarah bagi Negara Indonesia dan ditambah pada tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah dalam ajang bergengsi yaitu ASEAN GAMES.

Bicara tentang kemerdekaan, tidak hanya negara yang merdeka. Apakah anda sudah merasakan kemerdekaan  dalam hal finansial? Kemerdekaan finansial bukan hanya sekedar memiliki penghasilan yang besar dan juga terbebas dari utang.

Kemerdekaan finansial ini diukur dari kemampuan seseorang dalam mengelola penghasilan, belanja dan mengelola asset yang dimillikinya. Ketika anda sudah tak lagi galau mengenai keuangan maka bisa jadi anda sudah merdeka finansial. Kemedakana finansial setiap orang pasti berbeda-beda namun ada lebih baik jika anda memiliki proteksi aasuransi, tercukupinya dana darurat, tersedianya dana pendidika keluarga dan dana untuk persiapan pensiun. Meskipun penghasilan besar namun belum tentu merdeka secara finansial, mungkin saja yang pengasilannya tidak terlalu besar tapi mampu merasakan kebebasan

Pasti yang terbesit dalam pikiran ini pasti akan lama dalam memenuhi semua. Tapi apakah tidak mungkin anda memenuhinya dengan cepat? Pasti bisa dong.

Dengan cara melakukan kebiasaan ini akan akan mearasakan kebebasan finansial :

1. Ukur Secara Rutin Pengeluaran

Salah satu hal yang tidak terasa kita keluarkan adalah uang. Mencarinya susah payah namun keluar dari dompetnya dengan gampangnya. Terkadang kita merasa kurang dengan penghasilan karena besarnya pengeluaran. Dalam pepatah yaitu besar pasak daripada tiang.

Nah untuk menjaga pengeluaran kita terlalu besar di tiap bulannya. Perencanaan dan pencatatan adalah hal yang terpenting sebagai kontrol mata yang selalu melihat benda yang bagus, hati yang selelu mendorong untuk membeli dan tangan yang gatel mengeluarkan uang dalam dompet.

Maka tipsnya adalah kurang-kurangi melihat web belanja online, jangan terlau banyak memegang uang cash ketika jalan-jalan dan pilihlah barang-brang yang murah.

 

2. Maksimalkan Pendapatan

Jiak pengahsilan anda saat ini belum terlalu besar dan cenderung stagnan maka cara yang bisa diambil untuk memaksimalkan pendapatan adalah memaksimalkan kemampuan anda untuk mendapat penghasilan lebih seperti meminta kenaikan gaji, freelance dan membuka usaha kecil kecilan yang sesuai dengan hobi anda.

Atau bisa dengan cara elegan yaitu mengikuti pelatihan yang bisa menambah value dalam diri anda.

 

3. Memiliki Proteksi Asuransi

Asuransi bisa mengurangi risiko fiansial. Asuransi memang salah satu cara untuk meminimalkan risiko ketikpastian di masa depan. Asuransi bisa membantu Anda mengelola risiko finansial dengan cara lebih murah. Risiko finansial akibat kematian pencari nafkah, kondisi sakit, kecelakaan dan lain sebagainya, penting untuk dikelola sehingga impian merdeka finansial bisa dicapai lebih cepat. 

 

 

4. Berinvestasi Dengan Cepat dan Tepat

Ketika anda memiliki investasi yang bisa di andalkan untuk dikemudian hari, maka anda termasuk orang yang bisa mengatur dengan baik. Karena dengan investasi maka anda akan belajar untuk disiplin dalam memperlakukan uang anda agar dapat bekerja untuk anda.

Ada banyak investasi yang bisa anda pilih untuk masuk kedalam portofolio anda. Misalnya investasi real seperti property , bisnis, dan tanah. Atau bisa juga invesatasi di instrument pasar modal seperti saham dan reksadana. Dan reksadana merupakan investasi yang banyak di sukai oleh masyarakat Indonesia, selain mudah, murah dan aman. Reksadana juga memberikan kemudahan dalam mendaftar secara online, transaksi dan dikelola oleh Manajer Investasi

Salah satu system memberikan kemudahan itu adalah CROS. Selengkapnya…

 

5. Jangan Mengikuti Life Style Orang Lain

Semakin tinggi penghasilan seseorang tidak menutup kemungkinan meningkatnya biaya hidupnya. Jika sebelum bekerja mungkin anda akan membelanjakan dengan hati-hati uang yang dimiliki namun akan berubah kondisinya jika uang yang anda dapatkan meningkat. Pasti anda tidak tahan untuk membelanjakan lebih dari biasanya. Itu memang menjadi tantangan yang berat. Tapi ingatlah masih banyak hal lain yang lebih bermanfaat dibanding dengan membelanjakan hal yang mengikuti tren semata.

 

6. Bersedekah yang Lebih Banyak Lagi

Kebiasaan berbagi akan memberikan  kebahagiaan batin. Hal itu bagus untuk kesehatan batin karena harta yang  dikumpulkan bisa memiliki makna spiritual lebih dalam. Imbas positif, Anda akan terpacu lebih giat untuk bekerja menghasilkan aset yang berguna mendukung mimpi kemerdekaan finansial. Karena semakin banyak kita memberi maka akan semakin banyak kita mendapatkannya.