6 Peraturan Dasar Berinvestasi Ala Ayah Robert T. Kiyosaki

Investasi memang bukan sekedar sebuah life style bagi orang kaya saja, melainkan semua orang pun bisa melakukannya. Namun ada beberapa peraturan yang bisa dijadikan pedoman untuk siapapun yang akan memulai investasi dan yang sedang menjalani investasi.

Bagi siapapun yang akan berinvesatasi, harus paham dan menguasai investasi tersebut. Sebagai contoh anda masih kecil belajar naik sepeda. Mungkin untuk pertama kali anda hanya bisa melihat teman anda yang bermain sepeda namun lama kelamaan akan mencoba untuk naik sepeda sendiri. Awal percobaan naik sepeda, akan naik sepeda roda empat untuk menjaga keseimbangan, kemudian roda kecil yang ada di ban belakang pun dilepas 1 per satu, dan anda pasti merasakan kaki penuh dengan luka akibat sering terjatuh dari sepeda karena tidak mampu menahan kesimbangan atau rem tiba-tiba blong. Hingga pada akhirnya anda akan mahir bersepeda dengan 2 roda karena ada terus mencobanya.

Sama hal nya seperti anda berinvestasi. Pasti pernah mengalami jatuh bangun, rugi dan bahkan ditipu oleh orang. Nah dari hal tersebut maka penting bagi kita sebelum memulai investasi harus memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup, karena jika tidak seperti itu maka anda akan melakukan investasi yang salah lagi.

Nah berikut ini adalah 6 peraturan dasar berinvestasi ala ayah kaya Robert T. Kiyosaki:

Peraturan 1: Harus Tahu Jenis Pendapatan dari Investasi yang Dijalankan

Mungkin banyak orang yang tidak tahu mnegenai jenis pendapatan, dan beranggapan yang penting dapet gaji setiap bulan. Yang perlu diketahui bahwa jenis pendapatan dibagi menjadi 3 yaitu:

- Pendapatan aktif              : Pendapatan dari hasil kerja yang didapatkan secara rutin setiap

                                            bulannya. Jika hanya mengandalkan pendapatan aktif mungkin agak

                                            sulit untuk bisa terus menambah asset secara cepat.

- Pendapatan Pasif             : pendapatan diluar dari pekerjaan utama anda yang biasanya didapat

                                            dari property dan royalty. Contohnya anda punya tempat sewa kamar untuk

                                            anak kuliah atau pekerja

- Pendapatan Investasi     : Pendapatan yang didapat dari hasil investasi di Surat Berharga Pasar

                                           Uang dan Pasar Modal

Jika ingin menjadi kaya maka anda bisa bekerja untuk pendapatan pasif menurut Robert T Kiyosaki.

Baca Juga: Lebih Untung Reksadana Atau Unit Link

Peraturan 2: Konversikanlah pendapatan aktif menjadi pendapatan pasif

Bagi gen milenial yang baru memulai bekerja di perusahaan. Walaupun uang bulanan yang anda terima tidaklah besar namun anda harus bisa merubah pendapatan aktif nya menjadi pendapatan pasif atau juga pendapatan investasi. dan ini hal yang mendasar yang sebaiknya dilakkan oleh investor. Bagimana mengubah pendapatan aktif menjadi pendapatan pasif atau pendapatan investasi?

Caranya mudah yaitu anda harus menyisihkan uang gajian anda untuk dimasukkan kedalam beberapa prosuk investasi atau juga bisa anda jadikan modal untuk usaha.

 

Peraturan 3: Bersiaplah

Menurut Robert T Kiyosaki melakukan prediksi atas apa yang terjadi di masa depan bukanlah cara yang tepat, sebaiknya anda focus pada tujuan dan selalu waspada dengan apa yang sedang terjadi dan selalu mengambil kesempatan.

Karena kebanyakan investor melakukan prediksi mengenai apa dan kapan sesuatu akan terjadi. Salah satu caranya adalah investor harus siap akan segala yang mungkin terjadi. Dan untuk mnyiapkan itu semua dengan menambah pengalman dan mempersiapkan dana tambahan. Karena investor akan sigap terhadap kesempatan yang ada.

 

Peraturan 3: Investor itu sendiri adalah asset atau liabilitas

Banyak yang mengatakan investasi itu berisiko, padahal nayatanya yang berisiko adalah investor tersebut. Meski ada beberapa investor yang mendapat keuntungan pasa ada beberapa investor juga ada yang kehilangan uang. Maka dari itu sebagai investor yang baik, anda harus menyukai risiko dan mengendallikan emos dan menambah kekuatan mental anda untuk tidak gegabah dalam menghadapai investasi yang tiba-tiba mengalami penurunan.

Karena investor yang handal adalah iinvestor yang memiliki berbagai strategi investasi yang beragam.

 

Paraturan 5:Belajar untuk evaluasi risiko dan keuntungan

Tidak investor saja mungkin smeua orang sebelum berinvestasi akan mempertimbankan keuntungan dan juga risikonya. Seperti teori manajemen portofolio adalah bentuklah portofolio yang efisien, dimana jika anda mampu memilih investasi dengan risiko yang sama tetapi keuntungan yang lebih besar, tentunya anda akan memilih investasi tersebut dibanding investasi yang berisiko.

Baca Juga : Jangan Takut Investasi Karena Risikonya, Begini Cara Mengatasinya!

 

Peraturan 6 : Deal yang baik akan menarik uang

Mendapatkan uang dari negosisai yang bagus memang bukan hal yang mudah, tetapi itu adalah tantangan bagi investor untuk bisa mendapatkan uang dari hasil negosiasi itu. Hal ini memang butuh dilakukan dengan memperdalam ilmu dan menambah pengalaman.

Ingatlah untuk selalu fokus dengan kesemptan yang ada didepan mata anda, jika anda selalu siaga dan mempunyai persiapan diri yang baik.