Cara Jitu Kelola Kuangan Generasi Sandwich

Pernahkah mendengar menganai generasi sandwich sebelumnya? Generasi yang suka makan sandwich?

Ya, memang terdengar asing di telinga kita. Padahal generasiini menggambarkan kondisi orang-orang zaman sekarang. Nah jika kamu perhatian bentuk dari sandwich yaitu daging olahan sayuran dan keju yang menjadi isinya ini  dihimpit 2 roti, atas dan bawah.

Penggambaran dari generasi sandwich ini pantas diberikan kepada orang yang memiliki tanggungan keuangan untuk dirinya sendiri, orang tua dan juga anak serta istrinnya. Wah kebayang banget ya pusingnya harus bisa menghidupi 4 orang bahkan lebih setiap bulannya.

Bahkan di budaya Indonesia sendiri bukanlah hal yang baru, karena orang tua kan beranggapan anaknya yang sudah beranjak dewasa akan memiliki kewajiban untuk menanggung kebutuhan kedua orang tuanya. Sebenarnya hal ini tidaklah salah, bisa jadi ini adalah ungkapa rasa terima kasih atas jasa orang tua. Selama hal ini tidak membebani keuangan kamu dan tidak membuat kamu makin stress maka tidak jadi masalah.

 Memenuhi kebutuhan orang tua serta kebutuhan anak serta kedua orang tua bukan hal yang mudah, apalagi penghasilan kamu itu terbatas. Jangan sampai hal ini menjadikan diri kamu orang terbebani sehingga stress yang mendalam, bahkan bisa buat gila.

 

Nah untuk menaggulangi hal tersebut, berikut ini adalah beberapa tips mengelola keuangan ala generasi sandwich dan ansti stress pastinya:

1. Keuangan Pribadi Itu Prioritas

Sebagai generasi sandwich yang harus mememnuhi kebutuhan orang tua dan keluarga kecil, bukan berarti kamu tidak memperhatikan diri kamu sendiri. Ya benar memang, jika orang tua kita sudah mengurusi kita sejak kecil hingga anda mengenyam pendidikan dan memiliki pekerjaan.

Namun tetap saja kamu harus bisa tegas dengan diri sendiri jangan sampai kamu mendahulukan meraka namun kamu dan keluargamu tidak terpenuhi kebutuhannya. Jika kamu dan keluarga kecilmu sudah menerima alokasi dana untuk kebutuhan selama sebulan, maka selanjutnya kamu bisa memberikan uang kepada kedua orang tuamu.

Hal yang terpenting ajari orang tua untuk juga bisa mengelola uang yang telah anda berikan. Jangan sampai uang yang kamu berikan tidak cukup. Berikan masukan unuk membeli kebutuhan secukupnya dan menghindari pembelian barang yang tidak perlu.

 

2.Gunakan Asas Gotong Royong

generasi sandwich

Buat kamu yang bukan anak tunggal, maka kamu bisa meminta saudara baik kakak ataupun adik untuk samsa-sama menyisihkan penghasilan untuk membantu memenuhi kebutuhan orang tua. Dengan cara itu maka beban pengeluaranmu lebih ringan.

Namun jika kamu anak tunggal maka kamu harus mendiskusikan dahulu dengan pasanganmu agar tidak terjadi kesalah pahaman. Mintalah pengertian kepada pasangan bahwa kamu masih memiliki tanggungan untuk memenuhi kebutuhan orang tua.

 

3. Siapkan Masa Depan Anak

generasi sandwich

Masa depan anak menjadi salah satu perhatian penting setiap orang tua, terutama dalam memberikan pendidikan. Biaya pendidikan setiap tahun akan terus meningkat, bahkan peningkatannya bisa mencapai 15%. Maka dari itu fokus anda harus bisa dibagi-bagi. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan dana pendidikan, anda bisa memilih investasi reksadana.

Kerena investasi reksadana cocok untuk bagi anda yang memang sibuk dan belum paham mengenai investasi. Jadi pilihan yang tepat adalah reksadana, dan yang jelas reksadana yang cocok adalah disesuaikan dengan jangka waktu persiapannya.

 

4. Asuransi Untuk Kesehatan Orang Tua

generasi sandwich

Dalam kehidupan kita, pasti kita dihadapi dengan ketidakpastian, bahkan kamu tidak tahu kalau orang tua kamu suatu saat kondisi kesehatan yang terun menurun. Jadi bisa dibayankan penghasilan kedua orang tua semakin berkurang namun kebtuhan untuk hidupnya semakin bertambah. Jadi ada baiknya kamu melindungi diri kamu dan juga orang tua kita.

Jadi jika sudah didaftrakan asuransi, kamu tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan dan tidal sampai menguras dompet.

 

5. Mempersiapkan Dana Pensiun

generasi sandwich

Salah satu cara untuk bisa memutus rantai generasi sandwich adalah dengan tidak lagi bergantung dengan anak nantinya. Mungkin waktu pensiunmu memang masih lama. Mempersipakan sejak awal akan membuat alokasi dana akan lebih ringan serta hasil yang didapatkan kemudian hari akan lebih maksimal.

Persiapkan dari jauh-jauh hari sehingga kelak kamu tidak akan menyusahkan anak-anakmu.