Langkah-Langkah Memilih Reksadana yang Menguntungkan

Banyak orang yang bingung mengenai cara memilih reksadana. Dalam memilih 2 hal berbeda dalam hisup adna saja masih bingung apalagi harus memilih lebih dari 1000 produk reksadana. Memilih reksadana memang bukan hal yang sulit aslakan kita paham mengenai beberapa hal dibawah ini:

  1. Mengetahui  tujuan investasimu
  2. Mengetahui profil risikomu
  3. Mengatahui data-data produk reksadana
  4. Kupas tuntas reksadana
  5. Investasikan dana di reksadana

 

Mengetahui Tujuan Investasi

Tujuan anda dalam berinvestasi wajib di tentukan sebelum milih reksadana yang akan di beli, karena tujuan ini akan memudahkan anda menemukan reksadana yang pas untuk anda. Jangan sampai tujuan anda dalam berinvestasi tidak ada dan akhirnya anda gambling dalam investasi, seperti anda mengendarai mobil sejauh apapun tapi anda tidak tahu tujuan atau tempat yang ingi anda singgahi.

Tujuan setiap orang pasti berbeda-beda yang disesuaikan dengan kebutuhannya misalnya dalam jangka panjang anda ingin mempersiapkan hari tua nanti, menikah dan biaya anak sekolah.

 

Mengetahui profil risiko anda

Risiko juga perlu diperhatikan oleh seorang investor, karena sebagai acuan seberapa besar kerugian yang mampu kita kelola untuk mendapatkan keuntungan. Profil risiko akan menunjukkan tipe-tipe investor. Apakah anda tipe orang yang menghindari risiko, moderat/ menyukai risiko yang lebih kecil atau tipe orang yang suka dengan risiko besar?

Jika anda mampu mengenali tipe anda maka anda akan mudah memilih reksadana yang sesuai dengan tipe anda. Yang perlu diingat adalah reksadana yang terpercaya yaitu yang menginformasikan risiko dan tidak menjanjikan keuntungan dari investai itu.

 

Mengetahui data-data reksadana

Nah.. yang terpenting anda tahu produk-produk reksadana yang diperjualbelikan di Pasar Modal Indonesia. Banyak website yang menyediakan data-data produk reksadana seperti bloomberg, infovesta, dan ojk. Selain website juga media cetak khusu ekonomi pun banya yang menginformasikan data-data reksdana.

Jangan terkaget-kaget kalau ketika melihat website atau koran itu terdapat banyak sekali produk reksadana. Ingat jangan langsung frustasi!. Ingat lagi tujuan dan profil risiko anda maka anda akan dengan mudah menyortir produk reksdana yang jumlahnya ribuan.

Yang perlu diperhatikan dalam screening reksadana adalah return rekadana atau performa selama 1 tahun, penilaian reksdana, dan jenis reksadana.

Contoh:

  • Pilih Jenis Reksadana : Reksadana Pasr Uang, Reksadana Pendapatan Tetap, Reksdana Saham, dll.
  • Pilih Tipe : Syariah, ETF, Indeks, Konvesnsional. diseusaikan dengan dengan tipe investasi.
  • Pilih Denominasi mata uang
  • Pilih Manajer Investasi
  • Penilaian Resdana semakin banyak bintangnya, menunjukkan reksadan yang bagus
  • Ceklist profil risiko anda
  • Terakhir, klik "CARI'

 

Kupas tuntas reksadana

Setelah anda melakukan screening pada website penyedia data reksdana, anda juga harus mengeck fund fact sheet dan prospektus produk reksdana itu. Perusahaan asset menagement pasti sudah menyediakan dalam websitenya dan anda bisa langsung mengunduhnya.

Berikut ini cara mendownload prospektus dan fund fact sheet  di website corfina.id :

  • Masuk ke web corfina.id
  • Klik produk
  • Dan pada  bagian bawah dari prodak ada kolan yang berisikan prospektus dan fund fact sheet  
  • Klik untuk mengunduhnya

Jika anda tipe orang yang kurang minat membaca prospektus, anda bisa mengunduh saja fund fact sheet. Karena di fund fact sheet penggambaran secara ringkas isi prospektus reksadana yang berisi nama reksdana, NAB/Unit, tujuan investasi, alokasi dana atau kebijakan investasinya, dan performa reksdana. Dan untuk mengathui reksadana ini performanya bagus atau tidak maka anda bisa bandingkan dengan benchmarknya. Apabila kinerja reksadana diatas benchmarknya berati kinerjanya bagus begitupun sebaliknya.

Berikut contoh prospektus

 

Contoh fund fact sheet

 

Investasikan dana untuk investasi rekadana

Kalau anda sudah menghabiskan banyak waktu untuk melakukan screening reksdana tapi anda belum membuka akun rekdana dan berinvestasi sama saja anda mahir berteori tapi tidak mau mengaplikasikan ilmu anda itu. Mulailah berinvestasi dari sekarang dan bagi yang belum mumpuni dalam ilmu investasinya, maka reksadana adalah pilihannya. Reksdana memberikan anda kmudahan seperti anda tidak perlu mengelola dana seorang diri karena reksadana sudah dikelola oleh manajer investasi yang bersertifikasi dan telah mendapat izin dari OJK serta cukup dengan 100.000 anda bisa berinvestasi.

Ayo buka akun di Corfina Capital Asset Management.