Lima Aturan untuk Meningkatkan Kesehatan Keuangan Anda-Bagian 2

Author : Yulia Andita

Setelah membahas 3 poin tentang keuangan pribadi yang mempengaruhi kesehatan keuangan sekarang dan masa depan. Ketiga poin yang pertama itu adalah dengan menghitung kekayaan pribadi, membuat anggaran pribadi, mengerem pengeluaran untuk gaya hidup, serta mengenali perbedaan kebutuhan dan juga keinginan.

Mari kita membahas 2 poin terakhir yang mengarahkan diri anda untuk mencapai kesehatan keuangan pribadi.

 

4. Mulai Menyimpan Sejak Dini

Sering dikatakan bahwa tidak ada kata terlambat untuk mulai menabung untuk masa pensiun. Secara teknis memang benar, tetapi semakin cepat Anda memulai, semakin baik kemungkinan Anda selamat ketika memasuki masa pensiun Anda.

Melakukan investasi secara berkala dan ini paling berhasil seiring berjalannya waktu. Semakin lama penghasilan diinvestasikan kembali, semakin besar nilai investasi, dan berpotensi semakin besar pendapatan investasinya.

Berikut ini adalah simulasi mengenai investasi reksadana untuk masa pensiun.

Berdasarkan simulais diatas, pemilihan investasi untuk pensiun adalah reksadana saham. Dimana reksadana saham ini memang cocok untuk kebutuhan masa pensiun dan juga jangka panjang. Rata-rata imbal hasil per tahun adalah sebesar 18%. Jika dilihat jumlah investasinya setiap bulan sama antara simulasi 1, 2 dan 3. Namun total hasil investasi nya yang berbeda. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Rata-rata orang pensiun di umur 55 tahun. Pada simulasi 1, baru mulai investasi 10 tahun sebelum masa pensiun. Maka hanya mendapatkan hasil investasi di bawah 1 Miliyar. Sedangkan pada simulasi 2, ia mulai investasi 20 tahun sebelum masa pensiun maka total yang didapatkan sebesar 2 Miliyar. Dan pada simulasi 3, ia paling lama mulai investasi sejak muda maka ia bisa merasakan hasil investasi yang lebih banyak dibandingkan yang lain.

 

5. Bangun dan Pertahankan Dana Darurat

Dana darurat sesuai dengan namanya: uang yang telah disisihkan untuk keperluan darurat. Dana ini dimaksudkan untuk membantu Anda membayar hal-hal yang biasanya tidak termasuk dalam anggaran pribadi Anda: biaya tak terduga seperti perbaikan mobil atau perjalanan darurat ke dokter gigi. Ini juga dapat membantu Anda membayar pengeluaran rutin Anda jika penghasilan Anda terganggu; misalnya, jika suatu penyakit atau cedera yang membuat Anda izin bekerja atau jika Anda kehilangan pekerjaan.

Dengan memiliki dana darurat bisa berguna untuk menghemat biaya hidup selama tiga hingga enam bulan dalam keadaan darurat, serta   menutupi pengeluaran besar atau menghadapi hilangnya pendapatan. Dalam lingkungan ekonomi yang tidak pasti hari ini, kebanyakan orang harus bertujuan untuk menghemat setidaknya enam bulan biaya hidup - lebih jika mungkin. Menempatkan uang darurat sebagai item pengeluaran rutin dalam anggaran pribadi Anda adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda menabung untuk keadaan darurat dan tidak menghabiskan uang itu dengan sembrono.

 

Kesimpulan

Aturan keuangan pribadi bisa menjadi alat yang sangat baik untuk mencapai kesuksesan finansial. Tetapi penting untuk mempertimbangkan gambaran besar dan membangun kebiasaan yang membantu Anda membuat pilihan keuangan yang lebih baik, yang mengarah pada kesehatan finansial yang lebih baik. Tanpa kebiasaan keseluruhan yang baik, akan sulit untuk mematuhi dan memenuhi dalam jangka panjang.