Mengapa Berinvestasi Emas adalah Pilihan Bagus Saat Pasar Volatil?

Author : Yulia Andita

Membeli emas adalah cara investasi paling lama orang lakukan dari zaman dahulu. Ada banyak pandangan tentang investasi emas yang menjelaskan bahwa emas adalah investasi pasif terbaik, melindungi kondisi keuangan di masa-masa sulit atau krisis.

Emas telah memainkan peran utama dalam perekonomian banyak negara, terutama sebagai mata uang bagi banyak negara, meskipun sekarang emas bukan lagi mata uang utama, tetapi masih memiliki nilai yang di masa mendatang. Emas mudah dibeli dan merupakan aset yang mudah dicairkan yang dapat diandalkan ketika keuanganmu dalam kedaaan sulit

Tetapi waktu telah berubah dan sekarang orang memiliki banyak pilihan untuk berinvestasi. Opsi ini adalah saham, real estate, reksa dana, sukuk, SBR, SUN dan sebagainya. Namun, setiap investasi ini memiliki risiko dan juga imbal hasil yang akan didapatkan. Beberapa investasi ini tergantung pada fluktuasi pasar. Secara umum, pasar menghadapi banyak volatilitas dan telah berfluktuasi dengan tingkat frekuensi yang cepat dalam beberapa bulan terakhir. Dalam situasi seperti itu, orang lebih rentan terhadap risiko dan kerugian dan membuat sebagian investor khawatir dengan nilai investasinya.

 

Mengapa Berinvestasi dalam Emas?

cara investasi emas

Semua orang ingin aman secara finansial, cobalah memilih investai yang nilainya stabil dan bisa sebagai lindung nilai di masa mendatang. Salah satunya adalah investasi emas, dimana investasi didalamnya bisa meminimalkan risiko investasi. Jika pasr sedang fluktuatif seperti sekarang ini, lebih baik bisa memindahkan uang investasi ke dalam instrument yang lebih ama dan pengembaliannya stabil.

Cara terbaik untuk mengatasi volatilitas pasar ini dan menjadi aman adalah menetapkan tujuan keuangan  dan berinvestasi sesuai dengan tujuam. Penetapan tujuan ini nanti nya menjadi acuan dalam menentukan jumlah minimla investasi, jangka waktu investasi dan tingkat pengembalian yang diharapkan. Sehingga jika dalam keadaan pasar sedang flutuatif bukan saatnya takut dan menarik semua uang investasi, tapi bisa memanfaatkan instrument investasi lainnya.

 

Keuntungan Berinvestasi dalam Emas

Likuiditas

Emas dapat dengan mudah dilikuidasi dan dapat dikonversi menjadi uang tunai. Sehingga cocok dipilih sebagai investasi serta bisa dilakukan di negara mana saja. Nilai penjualan emas akan berbeda-beda setiap harinya, mengikuti perubahan harga emas Antam. Oleh karena itu, investasi emas adalah cara terbaik untuk berinvestasi karena kemudahan dalam penjualan dan pembeliannya. Sedangkan dalam investasi lain tidak ada jaminan bahwa pencairannya akan secapat ketika berinvestasi emas.

 

Emas Mempertahankan Nilainya Seiring Waktu

Sekalipun harga emas berubah tetapi nilainya tidak. Sekalipun harganya menurun, nilai emas tidak banyak berubah. Nilai emas ini berarti kebergunaan emas dari waktu ke waktu tidak berubah karena permintaannya yang terus bertambah setiap waktu dan termasuk investasi yang kebal terhadap inflasi.

 

Investasi Stabil

Emas tidak terlibat dalam inflasi apa pun dan merupakan investasi yang aman dan stabil. Karenanya, selama inflasi, emas menawarkan investasi yang jauh lebih stabil daripada investasi lainnya.

 

Risiko Lebih Rendah

Investasi emas memiliki banyak sisi keuantungan seprrti dari sisi keamananya dan meminimalkan risiko investasi Anda.

 

Saatnya Berinvestasi dalam Emas

Emas adalah komoditas universal. Meskipun bukan lagi mata uang, nilainya tetap utuh hingga saat ini. Orang-orang di seluruh dunia berinvestasi dalam emas untuk sisi yang lebih aman. Misalnya, ornamen emas sama-sama berharga di AS seperti di India atau di UEA.

Serta investasi emas bisa dalam bentuk perhiasan, koin emas, dan emas batangan. Serta bisa menambah portofolio investasi dan nilai investasi Anda.

 

Kekurangan Investasi dalam Emas

Ketika berinvestasi di emas, satu-satunya pengembalian yang bisa Anda dapatkan adalah kenaikan harga emas dan keuntungan hanya didapat ketika harga jualnya lebih tinggi dibandingkan dengan harga pembeliannya. Makanya investasi emas ini tidak cocok untuk investasi jangka pendek.  

Ketika Anda memiliki emas fisik sebagai investasi, maka Anda perlu berinvestasi dalam jangka waktu yang panjang untuk bisa merasakan keuntungan invesasi.

 

 

Bagaimana Cara Membeli Emas untuk Investasi?

Ketika Anda berinvestasi, Anda harus tahu beragam cara membeli dan berinvestasi dalam emas.

Perhiasan emas, jenis pembelian emas yang paling lazim di Indonesia, terutaman pada musim lebaran banyak orang akan beramai-ramai memadati toko emas. Biasanya harga perhiasan lebih mahal 15% daripada emas batangan meskipun emas batangan kadarnya lebih tinggi. Karena dalam perhiasan akan dikenakan biaya pembuatan perhiasan, semakin rumit maka akan semakin mahal.

Tips dalam membeli perhiasan emas adalah dengan menyimpan surat pembelian yang berisi jumlah karatnya, bentuk perhiasannya serta bera gram emas tersebut. Perhiasan emas ini bisa dijual ke toko perhiasan lain, toko persiapan tempat anda membeli, penggadian atau juga kolektor.

Emas batangan adalah investasi emas ini menjadi investasi yang sangat populer saat ini. Karena emas batangan ini bisa dibeli secara online, bahkan ada yang menawarkan pembelian mulai dari 0,05 gram. Usahakan membeli dengan kadar yang tinggi seperti 24K, dimana tidak ada campuran lainnya alias murni. Selain itu jika membeli emas batangan, maka dilengkapi dengan sertifikat aslinya.

Gold Exchange Traded Funds (ETFs) adalah alternatif panas saat ini. Trading emas ini sangat cocok untuk investor atau trader yang ingin berspekulasi emas. Sebelum anda mecoba untuk trading emas ini ada baiknya memahami seluk beluk tentang ETF dan bagaimana cara transaksinya, karena akan berbeda dengan berinvestasi  emas pada umumnya.

Cara untuk trading emas adalah dengan memilih ETF yang cocok dengan tingkat risiko dan juga prediksi anda. Pemilihan ETF juga harus tepat ketika harga emas sedang dalam kondisi turun atau naik.