Persiapkan Pendidikan Sejak Dini dengan Berinvestasi

Buah hati memang hal yang di impikan bagi setiap pasanagan, karena sebagai pelanjut keturunan keluarga. Namun dibalik raga bahagia setelah mendapatkan buah hati, setiap orang tua wajib mempersiapakan untuk masa depan sang buah hati. Mulai dari menciptakan lingkungan yang baik, memperhatikan tumbuh kembangnya hingga memberikan modal yang terbesar baginya yaitu pendidikan.

Pendidikan memang satu-satunya modal terbesar yang bisa orang tua berikan kepada buah hatinya. Sebab orang tua yang perekonomiannya kurang mampu menghasilkan anak-anak yang hebat dan pintar. Karena apabila orang tua yang hanya memberikan modal berupa uang saja tidak cukup karena mereka butuh ilmu untuk dapat mengelola uang tersebut maka dbutuhkan pendidikan yang mumpuni. Karena harta tidak akan dibawa mati tapi ilmu yang bermanfaat tidak akan pernah hilang meski orang tersebut sudah tak ada dibumi.

Tapi tanpa disadari, pendidikan membutuhkan biaya yang besar. Mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Karena orang tua tidak hanya membayarkan biaya semester saja masih banyak biaya penunjang ketika buah hati anda menempuh pendidikan.

Itulah alasan mengapa setiap orang tua wajib mempersiapkan biaya pendidikan sejak dini. Karena merencakan akan lebih sulit agar implementasinya juga tiduk berbelit-belit.

Orang tua akan rela untuk mengatur anggaran setiap bulan, selektif memeilih kebutuhan sampai berhemat. Namun di balik kerja keras itu semua adalah impian sederhana dengan investasi.

Tidak bisa dipungkiri apabila tabungan konvesnsional menjadi pilihan bagi banyak orang. Mengapa demikian? Karena alasan kepopulerannya-lah tabungan menjadi pilihan. Sudah sejak anda kecil orang tua mengajarkan untuk menabung di bank. Bila di banding dengan instumen investasi lainnya. karena orang akan lebih percaya kepada produk yang sudah popluer.

 Berikut adalah pilihan investasi untuk pendidikan anak anda:

1. Tabungan Pendidikan

Merupakan sebuah produk yang dikeluarkan oleh perbankan yang bisa anda jadikan pilihan utnutk mempersiapkan biaya sekolah anak anda. Untuk membuka akun tabungan pendidikan ini sangatlah mudah hanya dengan membawa KTP,kata kelahiran buah hati, buku tabungan dan anda sebelumnya sudah membuka akun di perbankan yang menyediakan tabungan pendidikan.

Angsuran setiap bulannya menggunakan sistem auto-debet dimana bank akan otomatis memotong uang di tabungan utama anda.

Ada beberapa yang perlu anda perhatikan sebelum membuka tabungan pendidikan. Hal-hal tersebut diantaranya:

  • Bunga tabungan, kritera ini wajib dilihat karena nilai dari uang anda akan bertambah karena bunga  yang diberikan oleh bank. Pastikan anda memeilih bank yang memberikan bungan yang menarik tapi jangan samapi terkecoh juga dengan tingginya bungan yang ditawarkan. Pastikan bahwa bank pilihan anda patuh terhadap batasan bunga maksimum Lembaga Penjamin Simpanan.
  • Jumlah setoran, ini juga menjadi pertimbangan anda untuk dapat menyisihkan dana pendidikan setiap bulannya. Jangan sampai setoran anda membebani kebutuhan bulanan anda.
  • Asuransi jiwa, dengan adanya asuransi ini akan meminimumkan risiko tabungan anda ketika pihak yang memiliki tabungan pendidikan meninggal dunia sehingga biaya pendidikan anak anda tidak terganggu. Perhatikan siapa yang membayar premi asuransi jiwa ini apakah bank atau pemilik tabungan serta biaya pertanggunagan yang dilindungi asuransi jiwa.
  • Penarikan dana,  ada beberapa kebijakan dalam sistem penarikan dana tabungan pendidikan. Ada yang membatasi hanya 30% dan ada juga tidak memperbolehkan menarik dana sampai jatuh tempo.

 

2. Asuransi Pendidikan

Asuransi juga bisa menjadi pilihan anda untuk menabung dana pendidikan sejak dini. Asuransia ini bisasanya untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang. Selain itu anda bisa mendapatkan fasilitas lainnya seperti asuransi kesehatan, untuk meng-cover apabila pemilik tabungan jatuh sakit dan harus dirawat inap serta bunga yang ditawarkan asuransi lebih besar dibanding dengan tabungan pendidikan berkisar anatara 15%-20%

 

3.Deposito

Salah satu produk perbankan selain tabungan adalah deposito berjangka. Dibandingkan dengan tabungan konvesnsional, deposito memberikan tingkat bunga yang lebih tinggi. Sebenarnya sistemnya tidak jauh berbeda dengan tabungan pendidikan seperti anda dapat menentukan jangka waktu. Semakin lama jangka waktu maka akan semakin besar bunga yang anda dapatkan. Dengan pihan jangka waktu itu maka anda dapat menyesuaikan kebutuhan pendidikan buah hati anda.

 

4. Reksadana

Reksadana adalah salah satu wadah yang menghimpun dana para investor dan kemudian dana tersebut akan di kelola oleh Manajer Investasi. Kebijakan Manajer Investasi dalam memilih jenis atau produk investasi tertuang dalam prospektus.

Rekadana memilki berbagai jenis produk seperti reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana campuran.

Reksadana pasar uang, manajer investasi menginvestasikan sebagian besar di instrumen pasar uang seperti deposito dan Surat Berhaga Negara, obligasi yang jatuh empo kurang dari 1 tahun. Reksadana ini memberikan keuntungan yang lebih tinggi dibandi tabungan dna deposito. Investasi reksadana pasar uangcocok untuk jangka pendek.

 

Reksadana pendapatan tetap, sebagaian besar dana investor diinvestasikan pada instrumen obligasi dengan jangkawaktu sekitar 3-5 tahun. Pada reksadana ini memiliki tingkat keuntungan lebih tinggi dibanding reksadana uang sehingga risiko nya pun diatas dari rekadana pasar uang.

 

Reksadana saham, manajer investasi akan menginvestasikan dananya sebagian besar di saham. Untuk invesatsi reksadana saham ini cocok dalam jangka waktu panjang (>5 tahun) serta tingkat keuntungannya tertinggi dibanding dengan jenis reksadana lainnya.

 

Rekasadana campuran, manajer investasi menginvestasikan nya di berbagai produk pasar uang, pasar modal seperti saham dan obligasi. Tingkat keuntungannya diatas reksadana diantara pendapatan tetap dan reksadana saham.

 

Pilihan reksadana bisa dilihat disini.