Sulitnya Menurunkan Gaya Hidup Boros

Siapa yang suka shopping? Wah, pertanyaan yang sangat mudah untuk di jawab karena tidak mungkin selama sebulan kita tidak berbelanja. Mungkin hanya sekedar berbelanja barang yang harganya di bawah Rp. 100.000  baik kalangan muda maupun tua bahkan kegiatan berbelanja bukan menjadi kebiasaan wanita saja tetapi para lelaki pun menyukainya. Karena berbelanja memberikan rasa kebahagiaan tersendiri pada kita.

Kegiatan berbelanja ini seharusnya ada aturan yang ketat setiap bulannya. Karena kebiasaan banyak orang berbelanja bukan pada barang-barang yang sesuai dengan kebutuhannya bahkan berbelanja menjadi candu bagi sebagian orang. Sebenarnya berbelanja setiap bulan itu boleh saja tapi kalo pengeluaran kita tidak bisa di rem atau bahkan diluar dari penetapan anggaran anda di awal bulan yang terjadi adalah masalah keuangan anda bahkan anda berhutang. Wah merepotnkan sekali bukan? Padahal uang anda bisa anda manfaatkan untuk ditabung atau diinvestasikan lho sehingga membantu anda dikemudian hari apabila ada keperluan yang mendadak.

Hal tersulit untuk dihilangkan adalah hal yang kita senangi, karena kita akan membutuhkan kerja keras dan juga kemauan dalam menaklukkan diri kita sendiri. Namun, bukan berarti tidak mungkin berubah, hal ini tentu bisa diperbaiki jika kita menerapkan metode yang tepat dalam menanganinya.

Untuk merubahkan memang butuh waktu yang panjang dan tidak bisa instan asal anda berkomitmen mengubah hal yang membuat keuangan anda boros. Berikut adalah tips agar anda dapat mengubah gaya hidup yang lebih hemat:

Buat Anggaran Bulan dan Terapkan

Perencanaan keuangan seharusnya dibuat oleh anda setiap bulannya. Sebagai ilustrasi seperti anda membuat kue pasti anda membutuhkan resep atau komposisi dari kue itu dan pasti ada takaran bahan yang pas agar kue itu bisa enak.

Sama hal nya ketika anda membuat perencanaan keuangan pasti akan membuat anda menggunakan keuangan sesuai dengan persentasi yang anda buat. Sehingga di akhir bulan anda tidak khawatir dan takut uang anda cepat habis sebelum menerima gajian selanjutnya.

Buatlah anggaran pengeluaran dan pengeluaran yang masuk akal. Memang hal ini tidak akan mengubah diri anda menghemat secara drastis. Tapi anda harus melakukan secara bertahap agar anda tidak merasa kesulitan. Ingat hal yang baik harus dipertahankan untuk hidup yang lebih baik.

 

Jangan Mudah Terpengaruh Orang Lain

Apakah anda termasuk orang yang tinggal di lingkungan yang suka berfoya-foya? Atau teman kantor anda suka makan siang di restoran yang mahal? Apakah anda pernah iri dengan itu?

Pasti jawabannya iya, nah hal itu menjadi godaan kita yang seharusnya kita bisa melawan. Jangan karena anda ingin masuk ke lingkungan itu maka anda menuruti dan mengikuti apa yang menjadi kebiasaan mereka. Ingat jangan biarkan lingkungan mengatur keuangan anda. Lakukan saja pengeluaran yang sesuai dengan pemasukan dan anggaran anda di awal.

 

Buat Analisa

Jika anda pernah dalam sebulan menghabiskan uang anda secara berlebihan secara berlebihan, anda bisa membuat analisa kecil-kecilan untuk mengetahui secara detai barang serta harga nya atau pengeluaran lain seperti jalan-jalan atau ke tempat hiburan lainnya.

Dengan mengetahui letak kebocoran keuangan anda, maka anda dapat melakukan perbaikan untuk kedepannya. Mungkin anda perlu memperhatikan harga barang yang sesuai dengan pemasukan anda atau bisa juga membeli barang yang anda butuhkan dan jangan mudah terpengaruh hanya hasrat saja.

 

Tentukan Prioritas Pengeluaran Anda

Mungkin bagi anda yang telah berkeluarga pasti akan memiliki banyak pengeluarannya mulai dari cicilan motor, cicilan handphone, cicilan rumah dan pengeluaran rutin. Ketika anda susah di hantui dengan banyak cicilan maka anda seharusnya akan memprioritaskan pengeluaran yang terpenting. Sehingga anda tidak akan menghambur-hamburkan pengeluaran sehingga anda tidak semakin boros.

 

Buatlah Kebiasaan yang Baru

Bila belanja menjadi suatu hobi yang membuat anda menjadi gembira itu memang bagus tetapi dari sisi negatifnya adalah anda akan sulit mengubah kebiasaan itu, maka anda bisa mengganti belanja dengan hal yang lebih baik. Karena biasanya anda menggunakan waktu kosong anda untuk mengusir kebosanan dengan melihat market place maka sekrang anda bisa mngubahnya dengan kumpul dengan keluarga, bermain ke luar ke taman kota, dan bahkan bila di kantor harga kopi yang mahal anda bisa ganti dengan membawa kopi bubuk dari rumah.

Sesuatu yang kita sering lakukan maka akan menjadi kebiasaan dalam jangka panjang, maka jangan jadikan pemborosan sebagai kebiasaan dalam hidup anda. Rajin-rajinlah dalam meneliti dan memperhatikan pos anggaran anda sehingga anda mampu menentukan pengeluaran yang keluar dari batas anggran anda dna mengubah strategi ke depannya.