Tips Liburan Low Budget

Menikmati liburan merupakan hal segala bangsa. Pasti kamu pernah mengalami kepenatan karena rutinitas pekerjaan yang menuntut kamu untuk memdedikasikan waktu, pikiran dan hati. Ketika akan dihadapkan libur panjang yang jatuh di akhir bulan terkadang ini menjadi sebuah peluang tapi juga tantangan. Mengapa demikian? Karena hari libur sangat ditunggu-tunggu untuk anda yang aktif di pekerjaan namun tantangannya adalah anda menginginkan liburan ke pantai atau ke suatu daerah namun ketika melihat isi kantong ternyata sudah mulai menipis.

Sebenernya anda tidak perlu khawatir tidak bisa liburan ketika akhir bulan menghadang dan juga uang dalam dompet mulai menipis. Corfina Capital akan memberikan tips liburan meski anggaran anda menipis.

1. Menentukan aktivitas liburan yang sesuai dengan budget

Jika anda ingin merasakan liburan yang mewah, mungkin anda harus menahan itu terlebih dahulu. Jangan sampai kepenatan anda hilang namun ketika pulang dari liburan isi dompet makin minus.

Bila kamu memiliki keingina berlibur ke pantai, tidak perlu pergi ke Bali. Kamu bisa memilih destinasi pantai yang terdekat dari daerah kamu. Meski rasanya tidak seperti di Bali tapi kau bisa merasaskan desiran pasir dan gemuruh ombak yang sama.

Karena jika kamu tetap memaksakan berlibur ketempat yang tidak sesuai dengan budget anda maka akan membuat kondisi keuangan anda berisiko.

 

2. Memiliki pilihan liburan lainnya

Jika rencana liburan anda dadakan, maka anda harus memiliki pilihan destinasi yang banyak. Sehingga anda bisa membedakan biaya liburan di tempat A dan tempat B. Jadi jikalau di tempat A biayanya terlalu mahal maka anda bisa memilih alternative lainnya.

Zaman sekarang anda tidak perlu bingung menentukan biaya wisata karena kecanggihan internet dan mesin pencarian internet. Anda dapat dengan mudah memanfaatkan untuk mencari informasi tersebut. Mulai dari tiket masuk, tiket transportasi, biaya penginapan dan biaya makan selama disana.

 

3. Menabung

Semua rencana anda semuanya sudah lengkap mulai dari destinasi liburan dan kegiatan apa saja di tempat wisata tersebut. Maka anda juga harus mempersiapkan keuangan anda sebelum berlibur. Mualailah mneyisihkan sebagian uang gajian anda dan menghindari dari bersikap konsumtif.

  1. Kurangi makan makanan di restoran
  2. Hindari membeli barang yang tidak dibutuhkan sekarang
  3. Mengurangi pergi ke mal
  4. Mulai hidup hemat

Baca Juga : Mau Investasi Reksadana? Wajib Tau Ini!

 

4. Pilih penginapan yang murah

Liburan low budget pasti kita harus memilih fasilitas ketika berlibr yang murah-murah juga dong pastinya. Jangan berharap anda bisa tidur di hotel berbintang dengan fasilitas yang mewah. Tidak ada salahnya anda mencoba hal-hal sederhana mulai dari penginap di homestay ya mungkin hanya bermodalkan kipas angin bukan AC. Tapi itu akan menjadi cerita tersendiri buat anda ketika berlibur sambal berhemat.

 

5. Gunakan transportasi umum

Gunakan alat transportasi umum untuk berpindah dari lokasi A ke lokasi B. karena ga mungkin banget kan kamu berlibur tapi hanya diam saja di penginapan tanpa menikmati keindahan tempat wisata di di daerah tersebut. Karena dengan transportasi umum anda juga bisa menghemat pengeluaran apalagi anda bisa menawar dengan harga yang lebih murah.

 

6. Cobain jajanan pinggir jalan

Semakin hari semakin banyak kuliner unik yang ada setiap daerah yang bisa menjadi pilihan untuk mengisi perut yang keroncongan setelah lelah jalan-jalan. Jadi kalian selain wisata di tempat liburan anda juga bisa merasakan wisata kuliner . Yang perlu diingat adalah jangan sampai anda tidak terkontrol pengeluaran untuk makan.