Travelling Tanpa Berhutang Jadi Ga Bikin Pusing

Salah satu cara untuk menghabiskan hari libur panjang lebaran selain dengan mudik lebaran atau bisa juga dengan travelling. Karena bagi sebagian orang yang tidak memiliki kampung halaman maka akan mencari alternartif lain untuk bisa merasakan liburan dengan nyaman dan menyenangkan.

Pada umumnya, bagi traveller akan mempersiapkan kebutuhan dengan matang dari jauh-jauh hari. Mulai dari menentukan destinasi liburan, kebutuhan akomodasi dan perlengkapan tambahan.

Hal yang paling ditakutkan bagi seorang traveller adalah pengeluaran yang membengkak dan tidak menyisahkan uang ketika kembali dari liburan bahkan merelakan untuk berhutang kepada teman atau saudara dan menggunakan kartu kredit apalagi dalam hal yang tidak terlalu mendesak. Nah jangan sampai hal itu terjadi, karena sama saja seperti bersenang-senang dahulu berhutang kemudian.

Dari permasalahan itu telah memberikan gambaran bahwa sebelum travelling  ada baiknya anda merencakan pengeluaran sebelum dan sesudah travelling. Anda harus lebih berhemat ketika anda akan mengeluarkan unag untuk kebutuhan ketika travelling. Menghemat bukan berarti anda pelit melainkan untuk menjaga pengeluaran tetap irit.

Berikut beberapa cara cerdas menghemat pengeluaran saat travelling:

Rencanakan pengeluaran dengan matang

Perencanaan yang matang akan menentukan implemantasi kedepannya. Sebelum travelling ada baiknya anda membuat list kebutuhan sebelum dan ketika travelling.

Cari info terlebih dahulu meengenai tempat yang akan dikunjungi. Pastikan anda memilih destinasi liburan yang menawarkan harga yang terjangkau dan manfaatkan promo-promo. Dan biasanya harga akan lebih murah bila paketan untuk beberapa orang.

Jangan pernah anda mempersiapkan dengan dadakan dan terburu-buru. Karena semakin jauh rentang waktu persiapan anda bisa mempersipakan uangnya dari jauh-jauh hari.

 

Pilih tempat penginapan tidak mesti bintang lima

Untuk bagi kebanyak bagpacker akan lebih memilih tempat penginapan yang tidak perlu banyak fasilitas yang penting bisa menjadi tempat singgah sementara saja sudah cukup. Ketika travelling tidak perlu hotel yang mahal sebab tujuan travelling bukan untuk meningap tapi untuk jalan-jalan. Dengan begitu anda bisa menekan budget.

 

Pilihlah makanan yang murah tapi mengenyangkan

Nah pasti setiap orang membutuhkan makan. Ketika travelling usahakan memilih makana yang dijual dengan murah di pinggir jalan. Pasti ketika pergi ke daerah-daerah adalah salah satu kesempatan untuk mencicipi makanan khas daerah tersebut. Bisa juga untuk mengirit pengeluaran dengan membawa makanan yang tahan lama dan bawa bahan makanan yang bisa anda masak sendiri.

 

Kurangi pengeluaran petty cash

Biasanya pengeluaran-pengeluaran kecil yang tidak sadar terkadang nominalnya besar kalau di jumlahkan. Misalnya saja anda tidak sadar membeli makanan ringan, air mineral botol, dan lainnya. karena pengeluaran itu memnag kecil nominalnya dan kadang dianggap remeh. Untuk menghindari uang jebo maka harus memaksimalkan anggaran serta membuat pos-pos uang sesuai kebutuhan.

Gunakan kendaraan umum

Meski saat ini marak sekali transportasi online di beberapa kota-kota besar di indonesia dengan tarif yang terjangkau, bukan berarti anda dapatkan di daerah-daerah lainnnya. maka alternatif lain yang bisa diambil dengan menggunakan alat transportasi umum seperti kereta, bus antar kota dan lainnya.

 

Beli oleh-oleh di pasar

Buah tangan atau oleh-oleh menjadi wajib ketika anda menyambangi ke daerah yang baru. Nah agar pengeluaran untuk membeli oleh-oleh sesuai dengan anggran maka usahakan anda membeli di pasar-pasar saja karena kalau anda membeli di tempat wisata biasanya pedagang di sekitar itu akan mematok harga yang berkali-kali lipat lebih mahal.

 

Mengenai persoalan pengelolaan keuangan itu berulang pada masing-masing individu. Anda bisa memilah mana yang harus diprioritaskan dan yang tidak. Memang benar menekan anggaran tidak mudah karena akan mengurangi kebebasan ketika liburan. Namun, hal ini akan memberikan dampak positif yaitu anda mampu mengelola dengan baik dan menjadi disiplin terhadap keuangan anda.