5 Aturan Penting Investasi Dengan Aman

Author : Yulia Andita

Uang tumbuh paling baik ketika diinvestasikan. Investasi membantu keuangan Anda menjadi lebih stabil dan berpotensi bertambah dari waktu ke waktu, baik jangka pendek atau jangka panjang. Jumlah, tujuan, instrument investasi dan durasi investasi berbeda dari orang ke orang. Seiring berjalannya waktu, orang menjadi semakin aktif dan mudah dalam mengambil keputusan berinvestasi dari uang yang kamu cari dari jerih payahmu sendiri dan sekarang kepentingan seseorang bergeser ke investasi daripada menabung.

Meskipun faktanya bahwa menabung itu penting dan juga berguna untuk kebutuhan jangka pendek tetapi investasi juga adalah hal yang bisa  meningkatkan nilai uang Anda saat ini. Pada dasarnya dalam investasi kita menghabiskan uang kita saat ini untuk membeli beberapa aset yang berpotensi meningkatkan nilai uang kita seiring berjalannya waktu dan di masa mendatang. Beberapa investasi bahkan dapat memberikan pertumbuhan yang stabil setiap bulannya. Motif utama dari investasi adalah untuk meningkatkan kekayaan bersih dan mengamankan masa depan secara finansial.

Meskipun, investasi selalu merupakan preferensi pribadi tergantung pada pilihan individu dan jumlah kemampuan, durasi investasi dan selera risiko, seseorang harus mengikuti prinsip-prinsip tertentu, yang juga dapat disebut "Aturan Penting Investasi". Aturan praktis ini menjawab semua pertanyaan tentang investasi dan menjadikan investasi sebagai urusan yang mudah.

 

Asuransi

5 Aturan Penting Investasi

Masa depan selalu tidak dapat diprediksi. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi bahkan pada menit kedepan. Jadi, sangat penting untuk mengamankan masa depan anggota keluarga kita sendiri terlebih jika mereka bergantung dan memiliki asuransi jiwa adalah pilihan terbaik. Dalam asuransi jiwa saat anda membayar premi bulanan, maka hal itu adalah salah satu langkah untuk mengamankan masa depan keluarga Anda. Asuransi jiwa memang disarankan, karena  Misalkan seorang pemegang polis asuransi jiwa memiliki keluarga dengan perkiraan pengeluaran setara Rp 60 juta per tahun.

Apabila yang bersangkutan meninggal, tentu diharapkan keluarga bisa tetap bertahan dengan gaya hidup yang sama yaitu Rp 60 juta per tahun. Dengan asumsi ketika dia meninggal, uang pertanggungan asuransi disetorkan ke deposito, bunga dari deposito tersebut bisa menghasilkan Rp 60 juta per tahun untuk keluarganya.

Apabila tingkat bunga deposito yang berlaku saat ini adalah 5 persen net per tahun, maka nilai penempatan yang akan menghasilkan bunga Rp 60 juta per tahun adalah Rp 60 juta / 5 persen = Rp 1.2 miliar. Dengan begitu maka uang pertanggungan yang diterima adalah 1,2 Miliar.

Apakah cukup dengan hanya mengasuransikan hidup Anda? Ada aset berharga lainnya yang perlu diasuransikan: kesehatan Anda dan keluarga Anda. Hidup tidak pasti, demikian pula kesehatannya. Beberapa penyakit parah bisa menguras habis dompet Anda. Dianjurkan untuk memilih polis asuransi kesehatan yang menyediakan perlindungan untuk semua penyakit utama dan penyakit bagi seluruh keluarga.

Untuk bisa memiliki rumah dan isinya juga memerlukan usaha dan keringat anda bertahun-tahun, tapi hanya butuh satu bencana alam beberapa menit, atau perampokan ketika rumah dibiarkan tanpa pengawasan, maka seisi rumah bisa habis dengan waktu yang singkat. Sehingga rumah dan juga barang yang anda miliki juga perlu diasuransikan. Bukan berarti dengan asuransi, anda bisa mendapatkan kembali barang asli, tetapi setidaknya akan memastikan bahwa biayanya ditanggung.

Kecelakaan dapat terjadi kapan saja kepada siapa saja! Dan bisa terjadi bukan karena kesalahan diri sendiri mungkin saja karena ketidakhati-hatian orang lain. Jika berada di jalanan, seseorang tidak akan tahu akan terjadi kecelakanan atau tidak, dan bisa jadi kecelakaan tersebut akan merusak kendaraanmu. Dengan meningkatnya biaya perawatan mobil dari hari ke hari, biaya perbaikan bisa menjadi pengeluaran tak terduga. Asuransi kendaraan, baik untuk mobil maupun sepeda motor, membantu mendapatkan pertanggungan biaya perbaikan.

 

Dana darurat

5 Aturan Penting Investasi

Mungkin ada banyak situasi darurat dalam hidup kita seperti keadaan darurat medis, perjalanan darurat dan banyak lagi. Misalkan Anda kehilangan pekerjaan tanpa ada pemberitahuan sebelumnya, lalu apa yang akan Anda lakukan pada saat itu, terlebih jika kamu menanggunag keluarga juga. Anda harus memiliki setidaknya beberapa tabungan sehingga dapat melanjutkan kebutuhan sehari-hari Anda selama setidaknya beberapa bulan kedepan. Jadi disarankan kepada Anda untuk selalu menyimpan sebagian uang sebagai dana darurat. Idealnya, dana darurat yang dimiliki harus setara dengan 6 bulan dari pengeluaran per bulan.

 

Tabungan Pensiun

5 Aturan Penting Investasi

Setidaknya 10% dari penghasilan bulanan Anda harus disimpan untuk simpanan di masa pensiun Anda.

Jika Anda menghabiskan semua penghasilan bahkan setiap bulan, pikirkan apa yang akan Anda lakukan setelah pensiun karena banyak perusahaan tidak menyediakan dana pensiun setelah pensiun. Jadi sangat penting untuk menabung untuk masa depan Anda. Menyimpan 10% setiap bulan bukanlah menjadi beban yang berat.  Kemudian uang yang kamu sisihkan bisa kamu investasikan di instrumen investasi lainnya seperti reksadana online, atau juga saham.

Baca Juga : Reksa Dana Pilihan Investasi Terbaik untuk Pensiun

Kamu bisa melakukannya dengan mudah dengan cara ketat terhadap pengeluaran bulanan. Jika Anda menabung 10% setiap bulan selama masih masa kerja, Anda akan memiliki cukup dana untuk masa depan dan Anda dapat hidup adalah cara yang baik bahkan jika Anda tidak memiliki pensiun atau apa pun.

 

Hutang

5 Aturan Penting Investasi

Sebagian besar dari kita memiliki lebih dari 1 kartu kredit dan / atau lebih dari satu pinjaman. Fasilitas kredit dari kartu kredit memnag memberikan kemudahan ketika dibutuhkan, tetapi Anda harus selalu berusaha melunasi pinjaman karena jika terjadi tunggakan maka akan dikenakan tingkat bunga yang tinggi.

Jika kamu memiliki kebutuhan atau meiliki keinginan untuk membeli sutau barang namun belum memiliki uang yang cukup, ada baiknya kamu tidak membelinya dengan cara berhutang, Dengan cara ini Anda dapat menyimpan uang lebih banyak setiap tahun.

Kartu Kredit secara umum, adalah utang termahal, di mana tingkat bunga tahunan berkisar antara 2,25% per bulan atau maksimal sebesar 26,95% per tahun. Oleh karena itu mereka harus dihindari, jika tidak ingin kondisi keungan anda yang selalu terlilit oleh utang.

 

Kredit Rumah dan Uang Muka

5 Aturan Penting Investasi

Membeli rumah juga merupakan investasi karena nilai rumah Anda terus meningkat dan memberikan Anda keamanan finansial untuk masa depan juga. Tetapi ketika Anda berencana untuk membeli rumah selalu ingat bahwa biaya rumah Anda tidak boleh lebih dari 3x dari pendapatan tahunan Anda saat ini atau penghasilanmu per bulan 3 kali lebih besar dari cicilan.

Hal tersebut  disarankan karena karena semakin mahal harga rumah, maka uang muka yang adan bayarkan juga akan lebih besar. Jika memungkinkan anda bisa melunasi lebih awal, maka lakukanlah karena bisa terhindar dari bunga yang tinggi. Jadilah investor yang cerdas dan pilih rumah yang biayanya sesuai dengan kantong Anda. Dengan cara ini , anda tidak akan pernah menjadi masalah. Disarankan juga jika Anda berencana membeli rumah, mulailah menabung mulai 1-2 tahun sebelumnya sehingga Anda dapat membayar uang muka tanpa meminjam.