Fungsi dan Manfaat Investasi Reksadana Syariah

Semakin menjamurnya jenis investasi yang ada di Indonesia membuat pilihan investasi bagi investor menjadi semakin bertambah. Semakin banyaknya  jenis investasi seharusnya membuat kita semakin kepo dengan jenis investasi tersebut, agar terhindar dari kerugian. Baik itu yang konvensional dan juga syariah, bagi dari investasi saham, obligais dan juga reksadana. Pernahkah kamu mendengar investasi murah, mudah namun juga syariah? Pastinya reksadana syariah.

Reksadana syariah adalah wadah yang dihimpun dari masyarakat atau pemodal diinvestasikan dalam bentuk portofolio yang dikelola oleh manajer investasi. Ciri khas khusus dari reksadana syariah ini adalah dari jenis akad transaksi, segi sumber dana dan juga jenis investasi yang sesuai dengan syariat.

Reksadana syariah tidak menginvestasikan dananya pada obligasi, saham dan produk investasi dari perusahaan yang mengelola atau produk yang bertentanan dengan syariat atau yang tertuang dalam  NOMOR 19 /POJK.04/2015 tentang Penerbitan dan Persyaratan Reksadana Syariah.

 

Apakah Fungsi  dari Reksadana Syariah?

  • Sebagai pilihan bagi investor yang ingin berinvestasi sekaligus mendapat keberkahan. Apalagi mayoritas penduduk Indonesia Bergama muslim.
  • Bisa untuk diversifikasi asset investasi.
  • Memenuhi kebutuhan dari bebebrapa investor yang menginginkan penghasilan atau keuntungan dari sumber yang bersih secara syariah. Karena didalam investasi reksadana syariah ada sistem cleansing apabila ada sejumlah asset yang secara tidak sengaja bercampur dengan hal yang ribawi.
  • Dengan berinvestasi berarti para investor telah menumbuhkan perekonomian sebuah negara.

Karena jumlah reksadana syariah yang banyak, maka kita perlu memahami beerbagai aspek sebelum membelinya. Misalkan apa saja produk iinvestasi yang masuk ke dalam portofolionya, kinerja selama 1 tahun terakhir, bank kustodian, serta lembaga keuangan yang terlibat. Untuk mengetahui informasi tersebut bisa dilihat dalam prospektus.

Baca Juga: Cara Memilih Investasi Reksadana Yang Benar

 

Kemudian manfaat berinvestasi di reksadana syariah adalah sebagai berikut:

  • Likuiditas yang tinggi, artinya kapanpun bisa membeli dan menjual reksadana selama jam perdagangan reksadana. Ketika investor membeli reksadana, maka akan mendapat unit reksadana dan jika menjual maka investor menerima hak pencairan uangnya.
  • Biaya penjualan dan pembelian secara online tidak dikenakan biaya.
  • Berinvestasi pajak itu bebas dari beban pajak. Jika kita tabung dalam depsoio akan dikenakan pajak dari keutungannya sebesar 20%.
  • Adanya jaminan halal, mulai dari Majelis Ulama Indonesia, kemudian ada  Ahli Pasar Modal Syariahnya di setiap produk reksadana syariah. Kemudian ada sistem cleansing jika ada beberapa hasil keuntungan yang tidak sesuai dengan syariah.
  • Nyaman, dana yang kita investasikan akan dikelola oleh manajer investasi. dimana mereka sudah memiliki sertifikasi dan juga izin dari Otoritas Jasa Keuangan. Tugas dri manajer investasi ini adalah menganalisa produk investasi yang profitable, dan meracik protofolio aset yang efisien.
  • Irit waktu, judulnya ‘investasi’ maka kita tidak perlu repot setiap detik melihat layar atau memperhatikan harga setiap hari. karena setiap investor akan mendapatkan laporan bulanan kinerja reksadana dari manajer investasi.

Itulah beberapa fungsi dan manfaat dari reksadana syariah. Untuk proedur untuk pembelian reksadana syariah kamu harus mendaftarkan diri menjadi investor yang terdaftar di KSEI. Dan jangan lupa sebelum membeli reksadana, baca terlebih dahulu isi prospektusnya.