Investasi Jangka Pendek yang Menguntungkan

Secara umum, pengertian dari investasi adalah penanaman asset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau perorangan untuk jangka waktu tertentu demi memperoleh imbal hasil yang lebih besar di masa depan. Investasi adalah kegiatan penanaman modal dengan harapan uang atau nilai asetnya akan bertambah di kemudian hari. Arti dari kemudian hari bisa dalam hitungan hari, bulan atau bahkan tahun.

Terkadang sebagian orang juga ingin menikmati uangnya sambil berinvestasi. dan juga ada kebutuhan yang mengharuskan dan membutuhkan waktu yang cepat. Karena hal tersebut, maka harus bisa membagi uang kita menjadi 3 bagian berdasarkan jangka waktunya. Sehingga kamu bisa berinvestasi tetapi juga bisa menikmati hasilnya untuk jangka pendek.

Pembagian investasi berdasarkan jangka waktu dibagi menjadi 3 yaitu jangka pendek, jangka menengah, jangka panjang.

Perbedaan antara investasi jangka pendek, menengah dan jangka panjang diantaranya:

Investasi Jangka Pendek

  1. Tujuan investasi untuk tambahan dana di jangka pendek
  2. Memanfaatkan kelebihan arus kas/dana lebih untuk sementara waktu
  3. Investasi yang dilakukan kurang dari 1 tahun

Investasi Jangka Menengah

  1. Harapan imbal hasil lebih dari investasi jangka pendek
  2. Investasi dilakukan lebih dari 1 tahun namun kurang dari 5 tahun
  3. Tujuan investasi ini mendapatkan pertumbuhan nilai investasi untuk bisa membiayai kebutuhan yang sedikit lebih lama

Investasi Jangka Pajang

  1. Tujuan investasi ini untuk mempersiapkan kebutuhan yang lebih jauh waktunya, misalkan mempersiapkan masa pensiun
  2. Keuntungan yang diharapkan lebih besar untuk jangka waktu yang lama
  3. Investasi dilakukan untuk jangka waktu lebih dari 5 tahun.

Dengan ciri-ciri investasi yang disebutkan diatas, kira-kira pilihan investasi apa yang tepat untuk investor yang ingin menambah pundi-pundi rupiah dalam jangka pendek?

 

Deposito

Salah satu produk dari perbankan yang tenar di dunia keuangan. Deposito ini hampir sama dengan simpanan bank biasanya, namun yang membedakan adalah bunga dan sistemnya. Bunga yang ditawarkan deposito lebih besar diabnding bungan simpanan biasa. Sistemnya adalah nasabah tidak boleh menarik dananya sampai jangka waktu yang disepakati. Serta akan dikenakan pinalti jika menarik dana sebelum jatuh tempo.

Biasanya semakin lama dan semakin banyak dana yang disimpan maka bunga yang ditawarkan pun akan lebih tinggi.

Deposito ini salah satu jenis investasi yang lebih aman dan keuntungannya cenderng stabil dari setiap waktu.

Baca Juga : Tips Investasi Untuk Ibu Rumah Tangga

 

P2P Lending

P2P lending adalah salah satu metode untuk memberikan pinjaman serta dapat juga kita mengajukan pinjaman kepada investor/yang kelebihan dana. Kemudian p2p lending ini yang akan menghubungkan antara pemodal dengan orang yang ingin meminjam dana.

Jika kamu tertarik menjadi investor di p2p lending maka bisa berinvestasi mulai dari Rp. 100.000. dengan berinvestasi sebebsar Rp. 100.000 kamu bisa memberikan pinjaman bisnis, kesehatan dan pendidikan.

Setiap pemodal biasanya berpotensi mendapatkan sekitar 10%-20% per tahun. Imbal hasilnya bisa diatas dari imbal hasil deposito.

Namun kelemahan dari p2p lending ini adlaah jika kreditur ini menunggak bayaran maka akan ditanggung investor.

 

Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang adalah jenis reksadana yang menempatkan dana yang terkumpul dari investor pada produk produk pasar uang karena tujuan utama dari reksadana ini adalah menjadi likuiditas dan pemeliharaan dana. Contoh produk pasar uang adalah dpeosito dengan special price dan obligasi kurang dari 1 tahun

Pilihan yang tepat bila berinvestasi di investasi reksadana pasr uang selain modal yang kecil hanya sekitar Rp. 100.000 serta anda tidak perlu mengelola reksadanaya sendiri apalagi bagi orang yang masih awam terhadap produk investasi karena reksadana pasar uang telah dikelola oleh Manajer Investasi. Keuntungan jenis reksadana ini dibanding dengan reksadana lainnya adalah risiko yang lebih kecil dan rata-rata keuntungan mencapai 8%.

Jika anda berinvestasi di reksadana maka anda tidak akan dikenakan baiaya pajak berbeda dengan deposito yang lebih dahulu di potong pajak per bulan.