Kamu Akan Terus Miskin Jika Tidak Melakukan Hal Ini

Hidup ini jangan mau berada pada kondisi yang gitu-gitu aja. Karena hidup akan terasa flat tanpa ada pahit getir kehidupan. Terutama kondisi keuangan anda yang makin hari makin mengkhawatirkan. Uang gajian hanya bertahan di minggu pertama dan 23 hari selanjutnya anda harus berjuang hidup hemat. Coba evaluasi kembali, kira-kira adakah hal yang salah selama ini perencanaan keuangaan anda. Dan memang seharusnya anda mengubah pola dan cara yang lebih baik lagi. Seperti cara-cara orang yang sukses mengatur, memperlakukan dan menghargai uang mereka. Berikut ini cara yang bisa anda lakukan dengan belajar sukses dari orang sukses:

1. Berhutang

Cara yang satu ini memang agak mengerikan juga ya kalo kita tidak mampu mengelolanya dengan baik, karena kebanyakn dari kita akan tergiur berhutang untuk hal-hal yang konsumtif. Berhutang bisa anda dapatkan dengan mengajukan ke bank, dalam beberapa hari kemudian anda akan memperoleh uangnya. Bahkan ada kemudahan lainnya yang ditawarkan oleh bank melalui kartu kredit misalnya. Anda tinggal gesek kartunya maka anda berbelanja meski tidak memegang uang cash. Namun hal ini akan membebani anda ketika harus membayar tagihan kartu kredit ditambah dengan beban bunga yang kurang lebih sebesar 2,5 %. Jadi jika diakumulasikan setahun bisa mencapai 30%. Waww…. Gede banget ya bebannya.

Jika anda terus melakukan hal ini maka kehidupan anda akan gitu-gitu aja. Boros boss…

Perbedaan dari orang yang sukses adalah memanfaatkan dan memperlakukan hutang untuk hal yang bisa menghasilkan uang bukan menghambur-hamburkan uang. Mereka akan menggunakan uang berhutang untuk hal yang produktif seperti membuka usaha. Sehingga mereka akan berpikir hasil usahanya harus lebih besar dari beban utangnya.

 

2. Jangan Lama Menyimpan Uang

Karena orang sukses selalu bijak dalam menggunakan uangnya, maka mereka tidak akan membiarkan uang nganggur hanya di simpan dalam tabungan karena mereka hanya mendapatkan sedikit bunga. Lebih baik menaruhnya di jenis investasi yang lebih menggiurkan dan memberikan tingkat keuntungan yang lebih tinggi.

Tetapi bukan juga tidak disarankan menabung. Uang ditabungan juga bisa membantu anda ketika anda membutuhkan uang dengan segera. Tetapi kerugiannya adalah uang anda tidak bisa beranak pinak dengan cepat serta harus berhadapan dnegan risiko inflasi.

 

3. Tidak Sok Kaya

Inilah yang membedakan orang yang kaya dengan yang enggak kaya adalah cara mereka membelanjakan uangnya ke barang-barang yang mewah. Pasti anda akan mengira orang yang kaya akan membelanjakan uangnya tanpa rem. Bahkan untuk menjadi sukses orang-orang kaya ini akan lebih bersikap sederhana tidak pernah beli barang yang neko-neko. Karena orang kaya akan memilih berinvestasi dibanding berbelanja.

Contohnya saja adalah Bob Sadino, seorang yang terkenal dan sukses yang hanya berjualan telor tetapi karena kecerdasannya dalam mengelola uang itu, beliau mampu mendulang kesuksesan. Bahkan ketika Bob bergelimang harta, namun masih mau mengenakan celana pendek kemana pun.

Tetapi jauh berbeda dengan orang yang penghasilannya pas-pasan akan berlagak sok kaya. Mereka akan mengikuti trend sekarang tanpa berpikir bagaimana pemasukan bulanannya. Bahkan pengeluarannya akan lebih besar dari pemasukannya.

 

4. Menggunakan Uang Dengan Terarah

Awal bulan merupakan hari yang indah bagi para karyawan setelah sebulan lamanya banting tulang. Ingin hati membelanjakan semua hasil kerja. Namun hal itu hanya membuat sengsara dan bahagia hanya sebentar saja.

Kriteria orang sukses bukan dari seberapa besar angka gajiannya, melainkan untuk apa saja uang ini digunakan.

Jangan tergiur untuk bersikap konsumtif, karena sebanyak apapun penghasilan anda maka anda akan selalu merasa kurang setiap bulannya.

 

5. Kerja Cerdas Tapi Pengeluaran Tidak Deras

Banyak orang yang banting tulang dari pagi hingga malam namun penghasilannya stagnan. Mungkin anda hanya mengandalkan kerja keras tetapi tidak kerja cerdas. Seperti yang telah dibahas dalam artikel sebelumnya mengenai kerja cerdas dan kerja keras. Bila anda kerja keras maka anda memiliki satu cara saja untuk memperoleh penghasilan, sedangkan kerja cerdas adalah dengan tidak bergantung pada satu sumber pemasukan saja.

Baca Juga : Ciri-Ciri Orang yang Tidak Akan Bisa Jadi Kaya

Nah jika sudah kerja keras dan kerja cerdas, maka saat nya anda menekan pengeluarannya. Karena orang sukses maka akan membelanjakan uangnya untuk kebutuhan saja dan tidak akan mudah untuk berfoya-foya.

 

Secara logika manusia mengeluarkan uang untuk orang lain, maka akan membuat uang di rekening akan berkurang. Namun kebanyakan orang yang sukses itu berasal dari keluarga yang tidak mampu juga sehingga mereka akan mengerti bagaimana keadaan orang-orang yang membutuhkan atau bahkan mereka memberi karena hal yang tidak rasional. Berbgai tidak mesyi banyak asalkan tulus karena kita tak pernah tau keajaiban dari memberi itu sendiri akan membawa dampak pada rezeki kita kedepannya.