Ketika Avenger Menjadi Trader

Ketika superhero di Marvel menjejali seluruh daftar tayang di semua bioskop yang yang ada di Indonesia. Film yang sangat  ditunggu-tunggu oleh peminat film superhero karena menyajikan pertarungan yang mengkolaborasikan dari kekuatan dari masing-masing hero untuk mengalahkan musuh, bernama Thanos. Tahukah kalian dalam dunia investasi kita dapat mengaplikasikan kekuatan avenger dalam memanfaatkan pasar yang sedang begejolak di pasar modal bebrapa bulan ini akibat ketidak pastian dari kebijakan suku bunga The Fed Amerika Serikat,  perang dagang AS dengan China dan adanya perbaikan imbal hasil dari obligasi bertenor 10 tahun menyebabkan investor asing mengalihkan uangnya dari pasar modal ke pasar uang. Dampak capital outflow dari pasar modal, Indeks Harga Saham Gabungan turun 7%. Bagi banyak orang merupakan sebuah musibah ketika menempatkan uangnya di pasar modal tetapi bagi sebagian lainnya melihat ini adalah momentum untuk dapat membeli perusahaan yang berfundamental bagus dengan harga yang murah. Dan tentu saja investor dan trader yang berani untuk melawan ini adalah yang memilki profil risiko agresif.

Nah berikut ini beberapa karakter avengers yang bisa kita aplikasikan dalam bertransaksi di saham:

Trader itu pintar seperti Iron Man

Layaknya iron man yang akan mendorong kemampuan teknologinya untuk membangun dunia yang ia inginkan. Ia memanfaatkan kepintaran dan kedua tangannya untuk sejajar dengan para dewa-dewa asgard dan tentara yang super. Karakter ini yang ada dalam jiwa trader saham dimana mereka mampu sisi lain dari penuruanan indeksa dan mampu memprediksi secara tepat arah harga saha dalam hitungan menit bahkan trader ini bisa dibilang sebagai scalper (kutu loncat), yang mentransaksikan saham dalam waktu yang singkat. Karena konsepnya adalah memanfaakan perubahan harga yang cepat untuk mengais keuntungan.

 

Trader itu bijaksana seperti Captain America

Karakter yang melekat dari superhero Captain America adalah bijaksana. Iyah benar trader harus bijaksana dalam mengalokasikan dananya ke beberapa sektor saham yang memilki potensi naik dalam satu hari itu dan bisa juga ia memanfaatkan saham yang sedang ramai diperdagangkan, bahkan mampu mengalokasikan dana pada saham yang hanya aktif pada hari itu saja. Hal itu karena kejelian dan feeling yang digunakan untuk membaca pasar secara cepat.

 

Trader itu berani seperti Thor

Nah ini karakter yang dimiliki oleh seorang trader saham dimana, dia berani meletakkan dana nya ke dalam saham yang seperti di bawah ini:

Bisa dikatakan saham ini tidak likuid (tidak banyak orang yang mentransaksikannya) tetapi para trader berani masuk ke dalamnya dan langsung menjual di waktu yang tepat juga.

 

Trader itu kuat seperti Hulk

Hulk digambarkan sebagai sosok yang sangat kuat, mengerikan, tidak dapat mengontrol dirinya sendiri kekuatan yang hampir tak terkalahkan dan serangannya yang brutal.

Dari karakter dari hulk ini dapat bisa dibilang para trader saham pun memiliki kekuatan emosi dan psikologi yang kuat menghadapi setiap penuruanan yang secara tiba-tiba, mungkin bagi orang yang tidak terbiasa maka ada sebagain yang akan keluar dari saham itu dengan langsung menjual sahamnya. Karena para trader tidak peduli dengan rumor dan isu yang ada di media massa, mereka hanya membaca secara teknikal berdasarkan volume pada hari itu saja.

Baca Juga : Jurus Jitu Mengatasi Nilai Reksadana yang Turun

Serta konsistensi trader itu ketika melakukan transaksi beli tidak lama kemudian harga bergeak turun, tidak membuat gentar mentalnya untuk mengubah diri menjadi investor karena berharap pada ketidak pastian dan menginkan harga akan rebound.