Pilihan Tepat Investasi Jangka Pendek

Investasi merupakan kegiatan penanaman modal dengan harapan nilai asset yang diinvestasikan akan bertambah di masa yang akan datang.

Secara umum, pengertian dari investasi adalah penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau perorangan untuk jangka waktu tertentu demi memperoleh imbal balik yang lebih besar di masa depan. 

Menurut lamanya investasi, investasi dibagi menjadi 2 yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang.

Perbedaan antara investasi jangka panjang dan jangka pendek:

  • Investasi Jangka Pendek
  1. Tujuannya untuk memperoleh tambahan dana
  2. Memanfaatkan klebihan cash flow  untuk sementara waktu
  3. Investasi dilakukan kurang dari 1 tahun

 

  • Investasi Jangka Panjang
  1. Tujuannya untuk memperoleh pendapatan tetap setiap periode
  2. Investasi dilakukan lebih dari 1 tahun
  3. Menanamkan sebagian kekekayaan modal

 

Dengan beberapa ciri-ciri investasi jangka pendek diatas, lalu pilihan investasi apa yang tepat untuk investor yang ingin memutarkan uangnya dengan memperoleh imbal hasil yang cepat dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun?

 

Berikut ini adalah pilihan investasi yang bisa anda manfaatkan dan rasakan keuntungannya dengan cepat:

Deposito

Adalah produk simpanan bank yang hamper mirip dengan tabungan namun yang membedakannya yaitu Bungan yang ditawarkan deposito lebih tinggi serta penyetoran dan penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu. Jadi anda akan dikenakan denda pinalti bila manarik dana sebelum jatuh tempo.

Semakin lama dan semakin banyak dana yang anda simpan dalam depostio maka akan semakin tinggi bunga yang ditawarkan.

Berinvestasi di deposito terbilang aman di banding dengan investasi saham, emas dan obligasi pemerintah karena keuntungan yang didapat cenderung stabil setiap periodenya.

Baca JugaBolehkan Investasi Reksadana Dari Uang Pinjaman?

 

P2P Lending

P2P Lending adalah praktek atau metode untuk memberikan pinjaman serta dapat juga mengajukan pinjaman kepada investor, dan yang menghubungkan pemodal dengan yang membutuhkan dana adalah marketplace online. Jika anda tertarik untuk berinvestasi di P2P lending maka anda bisa memilih investasi dari Rp. 100.000 dengan berbagai jenis pinjaman baik itu pinjaman bisnis, pinjaman kesehatan dan pinjaman pendidikan. Setiap pemodal dapat menerima keuntungan bagi hasil sekitar 10%-20% setiap tahunnya. Imbal hasil ini diatsa dari pilihan investasi sebelumnya yaitu deposito yang hanya memberikan bunga sebesar rata-rata 6%.

 

Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang adalah jenis reksadana yang menempatkan dana yang terkumpul dari investor pada produk produk pasar uang karena tujuan utama dari reksadana ini adalah menjadi likuiditas dan pemeliharaan dana.

Pilihan yang tepat bila berinvestasi di investasi reksadana pasr uang selain modal yang kecil hanya sekitar Rp. 100.000 serta anda tidak perlu mengelola reksadanaya sendiri apalagi bagi orang yang masih awam terhadap produk investasi karena reksadana pasar uang telah dikelola oleh Manajer Investasi. Keuntungan jenis reksadana ini dibanding dengan reksadana lainnya adalah risiko yang lebih kecil dan rata-rata keuntungan mencapai 8%.

Jika anda berinvestasi di reksadana maka anda tidak akan dikenakan baiaya pajak berbeda dengan deposito yang lebih dahulu di potong pajak per bulan.

 

Reksa Dana - solusi cerdas untuk Investasi Anda. Hanya dengan Rp 100.000 siapa saja bisa jadi Investor.

Yuk nabung dengan Corfina Reksadana Online System