Tanpa Kredit Bisa Memiliki Mobil?

Bagi kebanyakan orang yang ingin membeli barang mewah yang harganya bisa berkali kali lipat pasti akan memanfaatkan fasilitas kredit. Kredit sebenarnya memang memberikan keringanan untuk kita dalam menjaga kondisi pengeluaran selain itu juga barang yang diinginkan juga bisa langsung dibawa pulang ketika dibutuhkan disaat mendesak. Namun ada sisi lain yang seharusnya kita pertimbangkan lagi ketika memilih menggunakan fasiltas kredit, diantaranya kita harus membayar bunga cicilan setiap bulan, jumlah uang yang kita keluarkan akan lebih banyak jika dibanding dengan harga barang yang dibeli secara kontan, dan jumlah pengeluaran setiap bulan pun akan meningkat.

Namun pernahkah berpikir untuk membeli barang yang mewah tanpa harus kredit, namun dengan cara yang memang butuh waktu yang tidak singkat, setidaknya anda terhindar dari jeratan cicilan dan juga bunga kredit yang besar. Pernahkan anda berpikir untuk menabung terlebh dahulu untuk bisa mendapapatkan suatu barang. Menabungnya pasti tidak satu dua hari tapi kadang bertahun-tahun bukan. Itu merupakan contoh sederhananya karena secara tidak langsung maka kita akan terhindar dari bunga kredit yang besar dan tidak ada lagi tanggungan setiap bulan.

Nah setiap orang pasti akan memiliki tujuan dan keinginan, selain kebutuhan pangan terkadang seseorang akan merencanakan untuk memiliki barang barang mewah. Hal yang benar dalam berinvestasi adalah menetapkan  tujuan terlebih dahulu selanjutnya menentukan jenis investasi yang tepat. Karena dengan cara tersebut kita akan lebih mudah menyaring instrumen investasi yang cocok sehingga kebutuhan dana ke depan bisa pas dengan yang diharapkan.

Jika kita menahan dan menunda untuk memiliki barang mewah itu sekarang maka anda harus mengantisipasi dengan adanya peningkatan harga. Dengan seperti itu anda bisa terhindar dari kekurangan dana di keudian hari.

 

Baca Juga : Benarkah Reksadana Plihan Investasi Yang Mudah Dibanding Dengan Unitlink?

 

Jika saat ini ada memiliki keinginan untuk membeli mobil baru Mitsubishi XPander seharga Rp. 245 Juta.

Mari kita buat perbandingan antara yang membeli dengan cash dengan yang credit.

Kasus A : Membeli XPander seharga Rp. 245 Juta dengan cicilan per bulan Rp. 4.880.000.

Kasus B : membeli XPander seharga Rp. 245 Juta dengan menabung Rp.2.022.000  /bulan dalam bentuk reksadana selama 5 tahun, dengan investasi awal anda sebesar 10.000.000.

Maka dapat kita lihat selisihnya sebesar  Rp. 2.857.000 antara yang menggunakan fasilitas kredit dengan yang berinvestasi terlebh dahulu.

Asumsi diatas bahwa pilihan yang tepat untuk memperoleh target dana yang dibutuhkan adalah reksadana saham, karena reksadana ini sangat cocok untuk berinvestasi jangka panjang. Jika anda menggunakan kredit maka anda kehilangan kesempatan untuk menginvestasikan  Rp. 790.000 di reksadana saham Grow-2 Prosper dengan tingkat keuntungan 15,2% jika kita rajin top up setiap bulan maka nilai investasi kita akan memperoleh hasil investasi sebesar Rp. 92.232.100.