Tips Anti Boros Pakai Dompet Digital

Jika 10 tahun yang lalu dalam bertransaksi biasanya menggunakan uang tunai saja dan hanya sedikit yang menggunakan kartu debit. Sehingga jika kita tidak membawa uang maka harus tarik tunai ke bank atau ke ATM.

Namun berbeda era di zaman sekarang ketika dompet digital muncul di masyarakat. Sebab dengan dompet digital ini memberikan kemudahan dalam bertransaksi jika tidak membawa uang tunai. Dengan dompet digital setiap orang dapat melakukan transaski hanya sekali scan saja. Dompet digital ini bisa digunakan dalam pembelian makanan atau jasa, sampai penggunaan angkutan online. Selain toko -toko dalam mall yang menyediakan pembayaran digital, pedagang kaki lima pun tidak mau kalah. Sehingga semua pembayran menjadi terasa mudah hanya sekali scan.

 Kehadiran dompet digital ini seperti 2 mata uang. Beragam kemudahan yang ditawarkan ini terkadang bisa menjadi boomerang bagi penggunanya. Karena promo-promo yang ditawarkan jasa dompet digital ini sangat menggiurkan konsumen. Sehingga bisa membentuk pribadi yang kosumtif dan boros.

 

Berikut ini adalah tips dalam menggunakan dompet digital anti boros:

Memahami Tujuan dan Kebutuhan

Seperti yang disebutkan di awa bahwa dompet digital ini akan memberikan kemudahan bagi penggunanya. Namun tidak jarang ada beberapa orang yang tidak memahami apa kegunaan sebenarnya. Dampak ketidak tahuan dari dompet digital ini akan membuat dana yang kamu setorkan menjadi mengendap saja.

Secara umum dompet digital ini memiliki 3 kegunaan seperti dompet digital untuk tranportasi online, pembayaran onlineshop, atau untuk pembayaran tagihan.

Baca  Juga : Tips Mengelola Penghasilan Anti Tertekan

Dengan memahami kebutuhan dan tujuanmu, maka kamu bisa menghitung jumlah unag yang harus disetorkan ke dalam dompet digital.

 

Setorkan Uang di Awal Bulan

Disarankan untuk melakukan setoran uang di awal bulan karena kamu bisa memperhitungkan untuk kebutuhan lainnya. Jangan lakukan setoran dana ke dalam dompet digital berkali-kali, karena akan membuat kamu ketagihan menghamburkan uang.

Besarnya jumlah dana yang disetorkan ini berdasarkan dengan kebutuhan selama sebulan. Misalkan selama sebulan kamu memiliki tagihan listrik, cicilan, alokasi untuk ongkos transportasi sebesar Rp. 500.000, maka diusahakan untuk melakukan penyetoran sesuai dengan kebutuhan.

Ketika dana dalam dompet digital sudah habis, usahakan kamu tidak membuka-buka apiklikasi yang menawarkan promo-promo karena bisa jadi kamu membeli barang yang tidak tepat dan berujung pada pemborosan.

 

Memanfaatkan Penawaran Diskon

Salah manfaat menggunakan dompet digital ini adalah memberikan banyak diskonan dari beberapa merchant. Setidaknya jika kita memanfaatkan promo itu sedikti menghemat pengeluaranmu. Beberapa promo memberikan manfaat berupa cashback dan potongan harga hingga puluhan persen.

Tetapi sebelum menggunakan promo tersebut, kamu wajib membaca secara teliti syarat dan ketentuannya. Sehingga kamu tidak khawatir dan dalam pemanfaatannya. Serta pandai-pandailah dalam mengendalikan diri saat melihat promo.

 

Lakukan Pengecekan Saldo Secara Berkala

Jika sebelumnya kita hanya membawa dompet fisik untuk meletakkan uang yang telah kita tarik dari ATM, maka sekarang kamu hanya perlu membawa dompet digital anti copet. Seain memudahkan seseorang bertransaksi tetapi juga memudahkan kita dalam melakukan evaluasi.

Kamu dengan mudah dapat menganalisa semua transaksi dalam dompet digital, maka kamu akan mudah dalam mengevaluasi pengeluaran di periode sebelumnya.

Hasil evaluasi ini akan membuat kamu mudah dalam memperbaiki rencana keuangan di masa mendatang. Cek kembali apakah uang dalam dompet digital habis karena susuai dengan kebutuhan atau karena untuk memenuhi hasrat berbelanja saja.

 

Investasikan Sisa Saldo

Saah satu manfaat yang kita dapat dari dompet digital adalah kelebihan dan dari promo cashback. Dana lebih itu bisa kamu manfaatkan kembali untuk berinvestasi, karena sudah banyak beberapa investasi dengan modal receh seperti reksadana.

Baca Juga : 6 Faktor Dalam Pemilihan Investasi

Investasi reksadana bisa dengan modak munumum Rp. 10.000. jika kamu lakukan investasi secara disiplin setiap periodenya hasilnya akan dirasakan untuk jangka panjang.

Atau jika kamu takut uangmu habis karena penyetoran ke dompet digital maka kamu bisa lakukan alokasi dana di awal bulan minimal 25% dari penghasilan bulananmu.

 

Dari beberapa tips dalam memanfaatkan dompet digital, kamu juga perlu memastikan keamanan dari aplikasi tersebut. Hal yang terpenting data yang kamu masukkan bisa aman dan tidak dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.