Tips Tetap Jadi Orang Kaya Di Tanggal Tua

Author : Yulia Andita

Tanggal muda atau tanggal gajian memang hal yang paling ditunggu-tunggu bagi karyawan ya. Di tanggal muda pasti akan merasa kaya seketika ketika melihat slip gaji atau aplikasi perbankan di gadget kita. Biasanya di tanggal muda pasti mudah tergiur dengan berbagai barang-barang yang ada di aplikasi belanja online. Belum lagi ada kalau sudah masuk ke mall akan laper mata dan juga laper perut ya. Banyak sekali yang akan di beli bahkan terkadang membeli barang yang belum dibutuhkan dalam waktu dekat bahkan tidak berguna hanya sekedar memuaskan jiwa.

Kalau sudah seperti itu pasti di akhir bulan akan terasa kurang uang. Padahal gaya hidup kamu sendiri yang buat kamu susah. Nah kalau sudah seperti itu kamu akan meminjam uang kesana kemari.

Padahal sejak kecil kita sudah diajarkan untuk menabung. Ada yang menabung di celengan ayam, ada juga di selipin dibawah bantal, disimpan di lemari dan masih banyak caranya. Namun kebiasaan itu mulai jarang dilakukan bagi kebanyakn orang yang hanya mementingkan gaya hidup. Semakin tinggi gaya hidup kamu maka bisa semakin dikit uang yang bisa kamu tabung.

Eitss bentar dulu, zaman sekarang seharusnya bukan lagi menabung tapi harusnya investasi. Coba kita rumah cara yang sudah jadul menjadi cara yang lebih mantul.

Beginilah caranya menyisihkan uang meski gaji kamu pas-pasan:

1. Nabung ditanggal gajian

Cara yang bisa kamu lakukan agar kamu tetap kaya hingga akhir bulan adalah dengan menyisihkan uang gajian. Biasanya kitayang suka menabung dari sisi uang bulanan, pasti hasilnya akan lebih kecil bukan. Berbeda jika kamu menyisihkan uang di awal gajian pasti uangnya lebih besar. Menyisihkan tidak harus dalam jumlah yang besar dan memberatkan kamu selama 1 bulan kedepan. Kamu cukup menyisihkan 30% saja dari penghasilanmu. Mislkan kamu menerima gji setiap tanggal 25 sejumlah Rp. 5.000.000 maka uangnya sebesar Rp. 1.500.000 bisa di investasikan kedalam instrumen investasi. Bisa ke saham atau reksadana.

 

2. Gunakan fasilitas autodebet

Manabung memang butuh niat yang kuat karena setiap gajian pasti banyak banget godaannyauntuk berbelanja. Untuk menyiasatinya bisa dengan menggunakan fasilitas autodebet. Dimana fasilitas ini secara otomatis akan meotong uang yang ada di kartu debit kamu setiap kamu gajian.

 

3. Membuat batasan pengeluaran

Hal yang membuat kamu miskin sebelum tanggal gajian selanjutnya adalah kamu lupa untuk membuat anggaran pengeluaran bulanan. Hal yang paling gampang adalah kamu bisa menarik semua uang setelah kamu sisihkan itu. Kemudian uang itu kamu bagi-bagi sesuai dengan kebutuhan selama sebulan. Setelah itu labeli uang yang sudah kamu pisahkan. Gunakan seperlu dan kamu tantang diri sendiri untuk tidak mengotak-atik uang untukkeperluan lainnya.

Kurangi uantuk menerima ajakan untuk pergi ke mall hampir setiap hari. meskipun kamu sudah berniat untuk tidak boros tapi jika kamu bersama teman yang lain terkadang

 

4. Cerdas kelola keuangan

Cerdas kelola keuangan disini adalah mulai dari menganggarkan dengan baik dan teliti hingga kamu disiplin dalam mencatat semua pengeluaranmu. Kemudian kamu wajib memonitor di akhir bulan, sehingga kamu tahu pada pengeluaran apa kamu boros dan kamu tahu pada pengeluaran mana harus lebih hemat.

Maka dengan cara itu kamu akan merasa kaya hingga di tanggal tua karena kedispilinan kamu dalam menganggarkan dan mengontrolnya.

 

Coba saja ya kita buat perhitungan jika saja kamu menyisihkan uang untuk investasi reksadana maka hasilnya seperti dibawah ini.

Baca Juga : Persiapkan Biaya Nikah dengan Berinvestasi Reksadana

Sangat menguntungkan jika kita mau berkorban di awal untuk masa depan yang lebih baik. Jika saja kita hanya mengikuti gaya hidup saja maka 10 yang akan datang kamu tidak akan memiliki uang sebanyak itu.

Ayo mulai investasi dari sekarang. Menyisihkan bukan Menyisakan.