12 Tips untuk Mulai Menabung Agar Bisa Pensiun Dini

Author : Yulia Andita

"Apakah Anda bekerja untuk hidup atau Anda hidup untuk bekerja?"

Dalam lingkungan masyarakat  pada dasarnya kita akan bertemu dengan orang-orang dari dua kategori tersebut. Yang pertama adalah mereka yang hidup untuk bekerja dari jam 9 pagi hingga 5 sore dan akan terus melanjutkan pekerjaannya hingga mereka berusia 60 tahun dan hingga menerima dana pensiun dari perusahaanya. Serta suka memanfaatkan libur mingguan dan liburan tahunan. Untuk menghilangkan kepenatan bekerja, mereka akan menggunakan uangnya untuk liburan.

Orang-orang yang termasuk dalam kategori berikutnya tidak pernah puas dengan liburan mingguan atau tahunan. Mereka suka merayakan hidup mereka setiap hari semaksimal mungkin dan mereka suka dengan hobi mereka. Tipe orang ini melakukan pekerjaan sehingga mereka dapat menikmati hidup dan melakukan apa pun yang mereka inginkan selama hidupnya. Sasaran finansial seperti membeli rumah, memiliki asset tetap tampaknya kurang penting bagi mereka.

Jika kamu termasuk golongan “bekerja untuk hidup”, coba pikirkan lagi bahwa kamu hidup bukan hanya untuk bersenang-senang saja, tetapi ada tujuan keuangan yang seharusnya kamu bisa capai.

Seseorang tidak boleh melupakan bahwa gaya hidup yang orang inginkan bukanlah gaya hidup yang murah. Kamu membutuhkan banyak uang dan untuk itu Anda harus bekerja serta mulai menabung sejak usia dini. Menyimpan uang adalah suatu keharusan jika Anda ingin mengambil pensiun dini dan menikmati sisa hidup Anda sesuai dengan keinginan Anda.

Berikut adalah 12 trik sederhana namun bermanfaat untuk menyelamatkan masa pensiun dini yang mulai di usia dua puluhan hingga pensiun pada usia 38 tahun.

 

Tips No 1 : Gunakan Promo Transaksi yang Ada di Aplikasi

 Trik untuk Mulai Menabung Agar Bisa Pensiun Dini

Banyak anak muda yang sudah mulai mendapatkan penghasilan yang cukup baik di awal usia dua puluhan, bukan beratri kamu juga menggunakan penghasilannya hingga tidak bersisa. Untuk bisa berhemat, maka kamu bisa menggunakan promo-promo yang bisa kamu dapatkan pada aplikasi di handphonemu. Meskipun dengan diskon kecil yang dapat kamu peroleh dengan menggunakan pembayaran online atau dompet digital. Kupon dan cashback juga bisa mengurangi harga normalnya. Kupon dan cashback mungkin tidak berpengaruh besar pada harga produk tertentu tetapi jika kamu bisa terus menabung dalam jumlah kecil, maka bisa jadi kamu di akhir bulan tidak akan kekurangan uang.

 

Tips No 2 : Tinggal dengan Teman Sekamar

 Trik untuk Mulai Menabung Agar Bisa Pensiun Dini

Ini adalah trik sederhana namun paling berguna untuk menghemat sejumlah uang. Ketika Anda berbagi kamar dengan teman sekamar, biaya hidup akan dibagi dan Anda dapat menyimpan uangmu dengan baik setiap bulan untuk pensiun dini.

 

Tips No 3 : Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

 Trik untuk Mulai Menabung Agar Bisa Pensiun Dini

Kartu kredit adalah salah satu cara termudah untuk bertransaksi dan sebagian besar anak muda menyukainya. Tetapi terkadang kartu kredit membuat kita membelanjakan lebih dari yang seharusnya karena bisa dikenakan bung ajika telat membayar. Yang terbaik adalah membangun kebiasaan meminimalkan penggunaan kartu kredit dan memaksimalkan penggunaan uang tunai. Jika Anda memiliki lebih dari satu kartu kredit, maka Anda dapat lebih baik menutup kartu kredit lainnya dan hanya menyimpan satu kartu kredit yang bisa digunakan dalam keadaan darurat.

 

Tips No 4 : Pilih Sistem Pembayaran Tagihan Otomatis

 Trik untuk Mulai Menabung Agar Bisa Pensiun Dini

Sistem pembayaran tagihan otomatis adalah cara terbaik untuk membayar tagihan karena tidak perlu melakukan pembayaran secara manual. Sistem pembayaran otomasi menghindari biaya keterlambatan atau denda keterlambatan yang bisa membuang-buang uang.

 

Tips No 5 : Kontrol Kebiasaan Makan Di Luar

 Trik untuk Mulai Menabung Agar Bisa Pensiun Dini

Ini adalah salah satu kebiasaan yang menghabiskan banyak uang setiap bulan. Obat terbaik untuk masalah ini adalah mulai memasak sendiri sehingga jumlah uang yang kamu habiskan untuk makan di luar dapat diminimalkan. Satu hari tidak makan di luar pasti akan menghemat 20 ribu hingga 30 ribu. Jika Anda membawa makan siang ke kantor setiap hari, Anda akan menabung banyak uang setiap bulan yang dapat ditambahkan ke tabungan pensiun Anda.

 

Tips No 6 : Gunakan Transportasi Umum

 Trik untuk Mulai Menabung Agar Bisa Pensiun Dini

Transportasi umum adalah yang terbaik jika kamu bekerja di ibukota. Saat ini angkutan umum tidak seperti sepuluh tahun yang lalu. Transportasi saat ini sudah sangat nyaman dan lebih banyak jumlahnya. Satu bahkan dapat menggunakan bus gratis dan kereta cepat untuk menghemat waktu setiap hari.

 

Tips No 7 : Miliki Asuransi Kesehatan

Sebagian besar remaja mengabaikan asuransi kesehatan dan tidak menunjukkan minat untuk membelinya untuk diri sendiri atau pasangan. Membeli asuransi kesehatan berguna menutupi pengeluaran medis yang saat ini sangat tinggi. Jika uang kesehatan anda dicover oleh asuransi, maka kamu memiliki keringanan dalam pembayaran dan tidka membuat kantong anda jebol.

 

Tips No 8 : Berbelanja Selama Diskon

 Trik untuk Mulai Menabung Agar Bisa Pensiun Dini

Ketika barang diskonan dijual, itu adalah waktu terbaik untuk berbelanja. Anda dapat membuat daftar barang yang akan anda beli, dan tunggu sampai barang tersebut diskon. Tetapi saat berbelanja barang diskonan, kita harus berhati-hati agar kita tidak berbelanja hanya karena sedang diskon. Sebagian besar anak muda akan  cenderung berbelanja lebih banyak jika ada diskon. Kadang-kadang kita membeli barang-barang yang tidak perlu hanya karena kita mendapatkan produk dengan harga murah. Jika Anda ingin menghemat uang saat berbelanja maka Anda harus tetap menggunakan daftar pembelian yang telah dibuat.

 

Tips No 9 : Berhenti Menonton di Bioskop

 Trik untuk Mulai Menabung Agar Bisa Pensiun Dini

Trik ini memang sangat cocok untuk anak muda, karena mereka senang mengikuti trend. Terutaman jika ada trend nonton film-film yang sedang booming. Maka mereka akan bersegera membeli tiket bioskop tanpa berpikir harganya sedang mahal atau murah. Karena mereka akan berlomba-lomba untuk menjadi penonton pertama saat filmnya tayang perdana. Hal itu tidaklah masalah, asal kuantitasnya bisa dikuarangi. Maka solusinya kamu bisa berlangganan di aplikasi film yang jauh lebih murah daripada menonton di bioskop. Dengan harga yang murah maka kamu bisa berhemat lebih banyak. Bahkan dengan harga murah saja kamu bisa menonton film sesuai keinginanmu dan masih banyak pilihan lainnya.

 

Tips No 10: Bebas Diri dari Hutang

 Trik untuk Mulai Menabung Agar Bisa Pensiun Dini

Jika Anda benar-benar ingin mengakumulasikan tabungan yang besar pada usia 38 tahun, maka Anda harus bebas dari hutang sedini mungkin. Semua hutang dalam bentuk apa pun, bisa berupa pinjaman belanja online, pinjaman pribadi, kartu kredit atau apa pun, tidak pernah memberikan Anda peluang  untuk menabung. Cobalah untuk melakukan pembelian secara tunai sehingga Anda dapat terbebas dari hutang dan dapat menabung untuk masa pensiun.

 

Tips No 11 : Mencari Penghasilan Lain

 Trik untuk Mulai Menabung Agar Bisa Pensiun Dini

Satu sumber penghasilan tunggal mungkin tidak cukup bagi siapa pun untuk menjalankan rumah tangga dan menabung dalam jumlah besar secara bersamaan. Cara terbaik adalah menambahkan penghasilan kedua sehingga Anda dapat memaksimalkan jumlah tabungan Anda. Munculnya media digital dan e-commerce telah membuka sejumlah cara dimana Anda bisa mendapatkan penghasilan besar meski sedang berada di rumah. Seseorang dapat bekerja sebagai pekerja lepas, menjual karya seni dan kerajinan online dll untuk menambah penghasilan.

 

Tips No 12: Lacak Pengeluaran Anda

 Trik untuk Mulai Menabung Agar Bisa Pensiun Dini

Apa pun yang Anda lakukan untuk menghemat uang, jika Anda tidak mengikuti trik terakhir ini, itu tidak akan membantu Anda. Seseorang harus membuat anggaran bulanan dan melacak pengeluaran. Pengeluaran yang tidak dilacak membuat Anda bertanya-tanya ke mana uang mu perginya. Kamu bisa membuat catatan pengeluaran sehingga Anda dapat mengevaluasinya pada anggaran Anda dan menghemat uang untuk rencana pensiun dini.