7 Cara Agar Uang Bekerja Untuk Anda

Author : Yulia Andita

Biarkan uang Bekerja untuk Anda. Kita semua pernah mendengar hal itu, tetapi apa artinya sebenarnya?

Bagi sebagian dari pebisnis atau investor, pertumbuhan uang karena bunga majemuk adalah hal yang masuk akal ketika menggambarkan kalimat “biarkan uang bekerja untuk anda”. Jika kamu menyimpan uang dalam jangka panjang, uang itu akan terlihat tidak terlalu besar di awal periode, tetapi seiring waktu uang itu akan tumbuh semakin cepat dan semakin cepat. Metode itulah yang memungkinkan orang yang menyimpan banyak uang ketika muda dan merasakan menjadi sangat kaya ketika usianya lebih tua.

Namun bukan hanya berharap dari investasi dengan imbal hasil yang tingi saja seperti menabung dengan sistemn bungan majemuk.  Sebelum membuat uang bekerja untuk anda, maka kamu harus mengetahui jumlah kekayaan bersih anda.

Kekayaan bersih adalah jumlah semua aset Anda dikurangi kewajiban. Aset Anda bisa berupa uang tunai, tabungan, reksa dana, ekuitas rumah, mobil yang Anda miliki, dll. Kewajiban dapat mencakup pinjaman ke bank, utang kartu kredit, cicilan rumah, dll.

 

Ketahui Tujuan Anda

cara agar uang bekerja untuk anda

Sekarang setelah Anda menetapkan kekayaan bersih Anda, sekarang buatlah sebuah tujuan. Apa tujuan uang Anda? Seberapa cepat Anda ingin mencapai tujuan ini? Menghasilkan tambahan Rp. 500.000 per bulan akan berbeda dengan tujuan pensiun di usia 30 tahun.

Saya sarankan untuk menetapkan tujuan jangka pendek yang realistis dan tujuan jangka panjang (6 bulan) untuk awalan. Menetapkan tujuan jangka pendek dan mencapainya akan membuat momentum positif dan anda akan termotivasi untuk menuju tujuan jangka panjang Anda.

 

8 Cara Untuk Menghasilkan Uang Anda Bagi Anda

 

1. Lacak Pengeluaran, Tabungan, dan Investasi Anda

Saya sudah menulis banyak tentang anggaran sebelumnya dan mengapa semua orang harus menetapkan anggaran. Sebagian besar dari kita mungkin mengunduh satu atau dua aplikasi anggaran untuk membantu kita melacak pengeluaran dan tabungan kita.

Bahkan jika kita memiliki anggaran di tangan kita, itu bukan berarti kita akan berhenti dan meluangkan waktu untuk melacak setiap rupiah yang dihabiskan. Tetapi dengan adanya anggaran itu kita akan mengetahui kebocoran dompet kita yang berbeda dengan yang kita anggarkan.

Buat anggaran dimanapun sesukamu. Baik itu spreadsheet Excel, aplikasi, atau pena dan kertas, sehingga kamu dapat melacak pengeluaran, tabungan, dan investasi Anda.

 

2. Hargai Uang Penghasilannmu

Jika Anda ingin uang Anda bekerja untuk Anda, mulailah membangun tabungan Anda. Pada hari gajian, sisihkan uang terlebih dahulu untuk ditabung. Perlakukan uang yang Anda masukkan ke tabungan sebagai pengeluaran. Setiap bulan, "pengeluaran" pertama yang keluar dari rekening bank Anda langsung masuk ke rekening tabungan Anda. Otomatiskan proses agar uang tersebut tidak digunakan dengan seenaknya, dan agar tujuan anda tercapai yaitu membuat uang Anda bekerja untuk Anda.

 

3. Carilah Investasi yang Menambah Penghasilan

Penghasilan tambahan juga diperlukan oleh seseorang yang ingin menambah uang bulanan nya agar tujuan keuangannya cepat tercapai. Namun pastikan kamu mendapatkan penghasilan nya bukan dari pekerjaan sampingan yang mengganggu prose kerja di perusahaan utamamu. Jangan sampai kamu dipecat karena lebih mementingkan kerja sampinganmu. Misalkan berjualan ketika jam kantor.

Jika kamu ingin memiliki penghasilan tanpa mengganu jam kerja, maka kamu harus memilih investasi atau pekerjaan yang bisa di handle setelah pulang kerja. Mulailah dengan melihat investasi saham yang rajin bagi-bagi dividen. Investasi emas dan reksadana juga bisa menjadi aliran pemasukan yang besar, terutama karena sudah dapat diakses secara online.

 

4. Bekerja Sampingan

Kita semua ingin mendapat lebih banyak uang. Tetapi apa yang sebenarnya kita lakukan untuk mencoba dan menghasilkan uang itu? Temukan cara untuk menghasilkan uang di luar pekerjaan penuh waktu Anda. Anda selalu bisa mendapatkan pekerjaan part time kedua, tetapi itu bisa membatasi fleksibilitas Anda.

Ada semakin banyak pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah sehingga memungkinkan banyak fleksibilitas. Beberapa pekerjaan partime yang banyak memiliki peluang besar adalah sebagai penulis lepas, desain grafis, dan jasa pembuatan video.

Atau kamu bisa menggunakan hobimu yang sekiranya dapat menghasilkan uang tambahan. Maka lakukanlah!

 

5. Menjadi Mitra dalam Bisnis Baru

Katakanlah Anda memiliki teman tepercaya yang mencoba memulai bisnis. Teman ini sangat berbakat dan bekerja keras. Maka kamu bisa ikut dalam bisnisnya. Dengan asumsi Anda memiliki sejumlah uang yang ingin Anda investasikan, usaha bisnis baru mungkin merupakan cara yang bagus untuk membuat uang Anda bekerja untuk Anda. Namun semua itu bergantung pada keberhasilan bisnis, sehingga kamu bisa menunggu hasil laba berdasarkan persetase uang yang kamu investasikan. Serta kamu tidak boleh memarahi teman jika bisnisnya kurang lancr apalagi sampai gulung tikar, karena tidak semua usaha akan berjalan lancar di awal merintis.

 

6. Investasi di Instrumen Keuangan

Jika Anda memiliki uang tunai dan dan berani mengambil risiko, namun tidak memiliki pengetahuan yang memadai dalam mengelola investasi. Ada banyak cara untuk berinvestasi di insterumen keuangan akhir-akhir ini dan untuk mereka yang tidak memiliki banyak waktu. Anda dapat mempertimbangkan membeli reksadana online sebagai pilihan investasi. Investasi reksadana online ini akan memudahkanmu untuk menjadi investor meskipun tidak memiliki uang yang banyak. Mulai dari Rp. 100.000, kamu bisa berinvestasi ke berbagai macam jenis investasi hanya dalam 1 produk reksadana.

Mulai dari proses pendaftaran hingga transaksi bisa kamu lakukan di handphone canggihmu. Dan kamu tidak perlu khawatir uangmu dibawa kabur. Karena rekening uang nasabah reksadana online itu terpisah dengan rekening dana perusahaan pengelola investasinya.

 

7. Bekali Ilmu Lebih Banyak! dan Tingkatkan Potensi Penghasilan Anda

Kembali menuntut ilmu, mendapatkan sertifikasi tambahan, atau menginvestasikan waktu untuk belajar. Karena hal tersebut pada dasarnya meningkatkan potensi penghasilan Anda. Semakin banyak keahlian yang Anda peroleh dalam bidang atau bidang studi tertentu, maka value diri anda akan terus bertambah.

Berinvestasi dalam diri Anda sendiri mungkin merupakan cara terbaik untuk menemukan peluang agar uang bisa bekerja untuk Anda.

 

Kesimpulan

Tidak ada cara instan agar membuat uang Anda bekerja untuk Anda. Langkah pertama adalah memulai dengan sederhana, menetapkan tujuan atau strategi penghematan, tetap berpegang pada anggaran Anda, dan melacak pengeluaran Anda. Kemudian, and aakan merasakannya ketika Anda melihat tabungan Anda tumbuh. Sangat menarik untuk memikirkan cara membuat uang Anda bekerja untuk Anda dan memiliki cukup uang untuk dicemplungkan kedalam investasi keuangan yang menguntungkan lainnya.

Akhirnya, mungkin semuanya perlu sedikit waktu untuk mengetahui cara terbaik untuk menggunakan uang Anda. Manfaatkan sumber daya online, bicaralah dengan para ahli, pertimbangkan penasihat keuangan, dan konsultasikan dengan profesional investasi keuangan.