Tips Keuangan Terbaik Untuk Pasangan yang Baru Menikah

Author : Yulia Andita

Pernikahan tidak hanya berbagi rumah! yang namanya pernikahan, pasangan itu berjanji untuk berbagi kebahagiaan, kesedihan, dan tanggung jawab. Tetapi berbagi kehidupan finansial selalu tertinggal dan jarang ada yang membicarakannya.

Berbagi keuangan di antara pasangan adalah hal yang sangat penting dan sama pentingnya dengan berbagi kebahagiaan dan tanggung jawab.

Sebagian besar pasangan menikah sering berebut uang. Mengapa? Alasannya, pasangan tampaknya tidak membagikan keuangan mereka dan tidak memiliki tujuan keuangan bersama. Dalam artikel ini, kami akan memberikan saran keuangan untuk pasangan yang baru menikah sehingga mereka dapat memiliki kehidupan keuangan yang bahagia di masa depan.

 

Saran Keuangan untuk Pengantin Baru

 

Diskusikan Keuangan Secara Bersama

tips keuangan untuk pasangan baru menikah

Kesenjangan komunikasi adalah kesenjangan terbesar antara dua individu. Ini menyebabkan banyak kesalahpahaman dan dapat merusak hubungan juga. Keuangan adalah pembahasan yang membuat semua orang merasa tidak nyaman untuk membicarakannya. Tetapi ketika Anda dan pasangan, hal itu menjadi penting terutama membahas berbagai hal dan mengambil keputusan bersama mengenai tata kelola keungan keluarga.

Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai uang dan jika Anda duduk bersama dan berdiskusi, Anda pasti akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Penting bagi pasangan yang baru menikah untuk mengetahui kondisi finansial dan mempertimbangkan tujuan di masa depan.

Diskusi tentang uang seperti itu harus dilakukan segera setelah menikah. Semakin cepat diskusi, lebih mudah untuk dikelola. Setelah menikah, tidak ada yang namanya utang dan utangnya, melainkan uang "kita" dan utang "kita".

 

Tetapkan Tujuan Keuangan Bersama

tips keuangan untuk pasangan baru menikah

Diskusi tentang uang akan membantu Anda berdua untuk saling mengenal dan memahami dengan lebih baik. Sehingga kamu bisa berdiskusi dengan baik tentang tujuan jangka panjang dan jangka pendek. Pasangan tersebut kemudian perlu saling menyetujui tujuan yang ditetapkan dan kontribusi yang diperlukan. Secara umum, pasangan harus membuat rencana / tujuan keuangan tahunan, 5 tahun dan 10 tahun.

Tujuannya dapat mencakup berbagai kegiatan, misalkan jalan-jalan ke luar kota, memiliki anak, membeli mobil atau bahkan memiliki rumah, biaya pendidikan anak-anak dan dana untuk sosial dan keluarga.

Tujuannya juga harus mencakup keputusan tentang investasi, tabungan dan dana darurat. Pastikan bahwa anda dan pasangan memiliki cukup uang yang disisihkan untuk kebutuhan pribadi juga. Setidaknya 5% dari gaji , jangan digunakan untuk apa pun, sebagai dana tabungan jika dibutuhkan tiba-tiba.

 

Tentukan Rekening Bank, Kartu Kredit & Investasi yang Ada

tips keuangan untuk pasangan baru menikah

Hal yang normal bagi pria dan wanita untuk memiliki rekening bank, kartu kredit, dan investasi mereka sendiri sebelum menikah. Ini mungkin merupakan kebutuhan sebelum pernikahan, tetapi beberapa di antaranya mungkin membantu menghemat uang sambil menghasilkan uang lebih dari investasi.

Namun ketika sudah menikah, disarankan hanya memiliki satu kartu kredit. Ini akan memberikan mafas isi dompetmu, sambil mencegah utang yang menumpuk.

Demikian pula pasangan juga dapat memilih rekening tabungan bersama sehingga uang tetap tersedia untuk keduanya.

Mengenai investasi, ada banyak sekali jenisnya. Misalkan saja bisa memilih investasi berkala di saham syariah, reksadana saham syariah atau jenis investasi lainnya yang memiliki potensi bertumbuh di atas inflasi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memutuskan hal tersebut dan memilih opsi terbaik yang tersedia dan sesuai dengan tujuan keuangan anda dan pasangan.

 

Bangun Dana Darurat Langsung dari Awal

tips keuangan untuk pasangan baru menikah

Keadaan darurat tidak akan memberitahu kedatangannya dan kebanyakan membuat pening banyak orang ketika datang saat tidak diharapkan. Karenanya dana darurat harus menjadi prioritas teratas sebelum kebutuhan lainnya.

Biasanya, 10% dari pendapatan gabungan harus disisihkan sebagai dana darurat setiap bulan.

 

Buat Anggaran & Lakukan Setiap Bulan

Anggaran yang ideal akan selalu mengakomodasi hal-hal berikut di dalamnya:

  • Total pendapatan tetap bulanan.
  • Total biaya tetap bulanan.
  • Investasi.
  • Tabungan.
  • Dana Darurat.

Namun, membuat anggaran bukanlah pembatasan diri dari mengelola pengeluaran dan hutang. Pasangan harus benar-benar tekun dalam mengikuti anggaran dan juga melacaknya. Jatah belanja harus dijaga dengan menyesuaikan sesuai dengan pengeluaran. Siapkan spreadsheet atau catatan bulanan untuk melacak apakah pengeluaran sejalan dengan anggaran atau setidaknya memiliki buku kecil untuk mencatat pengeluaran. Hal tersebut adalah cara mengendalikan pengeluaran dengan mudah.

Pantau anggaran dan pengeluaran Anda untuk beberapa bulan pertama dan lihat apakah Anda dapat mempertahankan anggaran, jika tidak, lakukan pemeriksaan menyeluruh dan cobalah untuk memahami apa yang kurang. Sebagian besar waktu, kekurangannya bukan karena uang itu sendiri, tetapi bisa mengendalikan pengeluaran yang tidak sesuai anggaran.

Jangan sampai gara-gara anggran bulanan kurang, membuat keretakan dalam rumah tangga.

 

Tabungan Pensiun

tips keuangan untuk pasangan baru menikah

Tidak ada kata terlambat dan terlalu dini untuk mulai menabung untuk masa pensiun. Semakin awal Anda memulai, maka lebih cepat Anda bisa hidup rileks. Karena jika baru menikah, biasanya masih sedikit tanggung jawabnya dibandingkan jika sudah memiliki anak. Sehingga kamu bisa leluasa menyisihkan uang untuk dana pensiun.

Merencanakan masa depan, untuk pendidikan anak-anak, dan juga menghemat sedikit demi sedikit menuju masa pensiun. Bagi-bagilah uang anda untuk kebutuhan diatas. Untuk kebutuhan yang jangka panjang bisa dialokasikan di instrument investasi misalnya seperti saham atau reksadana saham. Sedangkan untuk tujuan keuangan yang dibutuhkan dalam waktu dekat bisa dengan instrument investasi yang aman seperti reksadana pasar uang.

Menyisihkan uang tidak harus dalam jumlah besar, yang terpenting adalah kedisiplinan setiap bulan minimal sebesar 15%.

 

Harus Rencanakan Agar Tidak Memiliki Utang

tips keuangan untuk pasangan baru menikah

Rencana untuk memiliki utang bukanlah rencana yang baik. Rencanakan untuk bisa melunasi hutang yang ada dan mengambil langkah maju sedemikian rupa sehingga tidak ada hutang yang bisa menghambat jumlah uang yang bisa dikeluarkan untuk mendapatkan sesuatu.

Kehidupan yang bebas dari hutang mungkin bukan kehidupan yang mewah dari sudut pandang keuangan, tapi itu pasti akan membantu dari sudut pandang dalam pernikahan. Jadi, cobalah untuk memiliki hutang yang memiliki bungan tinggi, setidaknya untuk beberapa tahun pertama kehidupan pernikahan Anda, dan tidak pernah lagi terlilit utang selama sisa hidup Anda.

 

Percayai Pasangan Anda

Pernikahan yang berhasil didasarkan pada kepercayaan. Kepercayaan memainkan peran penting.

Pengelolaan uang tidak boleh didelegasikan ke satu orang dalam bertanggung jawab penuh, melainkan itu semua tentang salaing berbagi dan saling pengertian.

Kedua pasangan harus menahan diri dari meminta penjelasan untuk pengeluaran kecil. Semua orang membutuhkan ruang pribadi dalam hal waktu, uang, dan kebebasan.