10 Kebiasaan yang Dimulai Usia 20-an Bisa Membuat Dirimu Kaya di Usia 30-an

Author : Yulia Andita

Apakah Anda termasuk orang kaya? Jika tidak, Anda tidak bisa menjadi kaya dalam semalam dengan tiba-tiba atau keberuntungan. Mengumpulkan kekayaan & menjadi kaya membutuhkan kerja keras, dedikasi, kemauan dan yang paling penting itu membutuhkan kebiasaan tertentu & mempertahankannya sepanjang tahun.

Seperti hal yang tidak mungkin menjadi orang super kaya, terutama jika seseorang berasal dari keluarga kelas menengah yang memiliki mata pencaharian yang seadanya.

Anggapan seperti itu bukanlah menjadi patokan yang baku, karena menjadi orang kaya itu hak bagi semua orang. Pernyataan yang benar adalah jika Anda mulai hal-hal kecil dari awal, ada kebiasaan tertentu jika dimulai sejak awal kehidupan dan karier Anda, yaitu di usia 20-an, dapat membuat Anda kaya di usia 30-an.

"Keunggulan tidak terletak pada tindakan, tetapi itu dalam kebiasaan."

Semakin cepat Anda memulai, semakin besar peluang untuk menjadi kaya.

 

Berikut adalah 10 Kebiasaan yang Harus Dimulai Berusia 20-an

 

1. Memiliki Rencana Kegiatan Harian

Memiliki rencana adalah hal pertama dan terpenting yang diperlukan dan menjadi kaya. Pertama, Anda perlu membuat anggaran yang dapat Anda pertahankan, dalam kondisi apa pun. Sebutkan pengeluaran yang dibutuhkan dalam anggaran  & hindari pengeluaran untuk barang-barang mewah. Rencana kegiatan yang tepat adalah kunci keberhasilan.

Ikuti setiap anggaran yang Anda tetapkan dan mencoba untuk mengumpulkan kekayaan yang cukup untuk melunasi semua hutang yang ada, jika ada. Jangan lupa untuk menyimpan sejumlah dana darurat bulanan.

 

2. Maksimalkan Potensi Penghasilan Anda

kebiasaan yang bikin kaya

Menabung saja tidak akan membuat Anda lebih kaya. Tetapi meningkatkan penghasilan adalah kuncinya.

Memaksimalkan potensi penghasilan Anda adalah cara terbaik untuk meningkatkan kekayaan Anda. Fokus pada karier Anda serta pada apa pun yang Anda lakukan. Ini akan membantu Anda meningkatkan skill yang akan membantu Anda tumbuh lebih cepat daripada teman sebayamu dan menghasilkan lebih banyak uang. Jika pekerjaan Anda saat ini tidak menawarkan potensi pertumbuhan, beralihlah pada pekerjaan yang lainnya.

Baca Juga : 9 Cara Dasar Menghambiskan Uang Dengan Bijak

Tingkatkan keterampilan Anda dengan mempelajari hal-hal baru di bidang Anda, dan jika perlu ikutilah berbagai kursus yang menunjang skill kamu. Investasi dalam ilmu pengetahuan merupakan investasi terbaik.

 

3. Memiliki Berbagai Sumber Penghasilan

kebiasaan yang bikin kaya

Mengandalkan satu sumber penghasilan tidak akan pernah bisa membuat Anda kaya.

Untuk menjadi kaya di masa depan, Anda perlu mengambil langkah-langkah di masa sekarang. Salah satu langkah itu adalah memiliki banyak sumber pendapatan. Memiliki banyak sumber pendapatan adalah mungkin saja dilakukan oleh beberapa orang, Anda hanya perlu investasi waktu serta pikiran dan semangat untuk melakukannya. Misalnya saja kamu bekerja sebagai freelancer untuk perusahaan lain.

Jika pasanganmu  adalah ibu rumah tangga, Anda dapat mendorongnya untuk mulai melakukan beberapa pekerjaan dari rumah yang akan membantu meningkatkan pendapatan rumah tangga. Mislnya memberikan dia modal untuk berjualan di rumah.

 

4. Memiliki Rencana Jangka Panjang

kebiasaan yang bikin kaya

Berinvestasi untuk masa pensiun merupakan ide yang bagus. Semakin awal Anda berkontribusi dan merencanakan masa pensiun, semakin baik hasil yang dirasakan. Mengandalkan dana pensiun dari perusahaan terasa tidak cukup maka solusinya adalah miliki investasi dan tabungan sendiri.

Sangat normal untuk mulai menabung untuk pensiun di usia 20-an untuk meningkatkan kekayaan Anda dalam jangka panjang. Dengan berinvestasi & menabung untuk jangka panjang, Anda akan memastikan masa depan yang lebih kaya bahkan di atas usia 30-an.

 

5. Memiliki Penghasilan Pasif

kebiasaan yang bikin kaya

Penghasilan pasif berasal dari aset yang terus menghasilkan keuntungan bagi anda setiap bulan tanpa bekerja, yang perlu kamu lakukan adalah berinvestasi secara berkala setiap periode. Ini juga dapat dipanggil untuk secara otomatis menghasilkan kekayaan dari waktu ke waktu.

Beberapa sumber penghasilan pasif adalah menjadi penulis lepas di blog terkenal, beberapa video yang kamu buat ke youtube, atau kamu menyewakan rumah yang pernah kamu beli.

Investasi di reksadana online dan juga saham adalah beberapa sumber pendapatan pasif lainnya, tempat Anda berinvestasi dan akan memberi Anda uang di masa depan.

Baca Juga : Reksadana Vs Saham: Mana yang Lebih Baik untuk Berinvestasi?

 

6. Mulai Perusahaan Anda Sendiri

kebiasaan yang bikin kaya

Bekerja untuk orang lain tidak pernah sepenuhnya memuaskan dan uga diri selalu dibawah tekanan. Anda akan selalu memiliki penghasilan terbatas & peluang terbatas juga. Sebelum usia 20-an, anda harus melakukan hal yang terbaik untuk diri sendiri. Dan pada saat Anda akan memasuki usia 30-an, Anda harus memulai usaha / bisnis Anda sendiri. Ini akan memberi Anda kepuasan dan dapat menambahkan lebih banyak uang ke rekening bank Anda.

 

7. Pilih Teman Anda dengan Bijaksana

kebiasaan yang bikin kaya

Orang-orang di sekitar Anda memengaruhi pikiran & gaya hidup Anda juga. Jika Anda memiliki lingkaran pertemanan yang sangat terobsesi dengan penampilan  mereka, maka Anda mungkin akan menghabiskan lebih banyak uang untuk pakaian dan gaya hidup. Sering kali Anda mungkin merasa tertekan oleh beberapa teman yang suka berbelanja dan teman yang suka keluar malam atau jalan-jalan.

Bertemanlah dengan orang-orang yang berpikiran sama tentang masa depan, sehingga masing-masing dari mereka dapat membawa dampak yang bagus untuk kehidupan kita.

 

8. Tetapkan Tujuan Anda

Menetapkan tujuan utama sangat penting. Ketika Anda memiliki tujuan, Anda termotivasi untuk mencapainya. Di sini saya fokus pada tujuan utama, bukan pada tujuan besar atau jangka panjang. Jika tujuan hidup yang primer dan bisa anda kejar dalam waktu yang cepat, sepertinya akan terlihat realistis dibandingkan dengan tujuan jangka panjang. Terlebih lagi, ketika Anda mencapai satu tujuan, Anda mendapatkan kepercayaan diri dan inspirasi untuk mencapai tujuan berikutnya juga.

 

9. Miliki Role Mode

kebiasaan yang bikin kaya

Memiliki teladan membuat Anda tetap termotivasi dan menginspirasi Anda dalam masa-masa sulit.

Teladan hidup selalu ada di pikiran Anda dan terlebih lagi, jika kamu tahu apa yang Anda inginkan dan jalani serta mana yang harus diikuti. Anda dapat mengikuti jejak mereka untuk mencapai kesuksesan.

 

10. Berpikir Besar

kebiasaan yang bikin kaya

Berada di usia 20-an anda melihat dunia melalui cara-cara yang unik akan membuat diri kita menjadi unggul. Bisa melihat hal yang seple menjadi potensi kekayaanmu. Serta asahlah pikiran kreatif dan tuangkan kecerdikan Anda. Lihat hal-hal yang lebih besar dari diri Anda & miliki pola pikir untuk mengubahnya menjadi nyata.