5 Cara Terbaik Terbebas Dari Hutang

Author : Yulia Andita

Banyak orang tidak tahu bagaimana caranya terbebas dari hutang. Banyak orang di usia dewasa muda memulai membeli rumah untuk tempat tinggal bersama pasangannya nanti atau hanya sekedar untuk investasi. Mereka juga bisanya akan memanfaatkan kartu kredit yang ditawarkan oleh pihak perbankan dengan berbagai diskon dan keuntungan lainnya. Ketika sudah banyak utang yang merasa terbeban bahkan menghabiskan uang bulanan. Saat disitulah biasanya mereka akan gali lubang tutup lubang, alias bingung cara melunasinya.

 

Berpikir Agar Tidak Bergantung Dengan Hutang

5 Cara Terbaik Terbebas Dari Hutang

Pertimbangkan jumlah yang akan anda bayar setiap bulan jika mengajukan utang konsumtif ke pihak bank dan apa yang dapat Anda lakukan jika Anda tidak melakukan pembayaran utang setiap bulan. Jika Anda memiliki utang kartu kredit Rp. 21.000.000, maka anda mungkin membayar antara Rp. 1.500 hingga Rp. 1.750.000 setiap bulan.

Tetapi jika kamu tidak memiliki utang, maka kamu bisa memiliki banyak uang ekstra untuk dihemat atau diinvestasikan, asset anda bisa bertumbuh dibandingkan anda harus menggelontorkan untuk utang. Karena dengan kita sering mencicil hutang, maka kita akan kehilangan kesempatan untuk berinvestasi dan bisa jadi uang untuk kebutuhan untuk bulanan bisa berkurang.

 

Pertimbangkan Kembali Setiap Ingin Melakukan Pembelian

5 Cara Terbaik Terbebas Dari Hutang

Hal ini juga bisa menjadi cara ampuh agar tidak mudah membeli barang dengan behutang apa lagi hanya sekedar keingin bukan kebutuhan. Hal yang membuat seseorang terlilit utang yang banyak karena kebiasaan mereka yang suka menyepelekan utang-utang yang kecil nominalnya. Mungkin saja ketika kamu sedang menjelajah di toko online, kemudian anda menemukan barang yang unik untuk dibeli. Apalagi toko online juga sudah banyak menyediakan fasilitas pembayaran secara kredit. Dengan kemudahan itulah yang terkadang membuat orang mudah untuk behutang tanpa memikirnya bagaimana melunasinya.

Maka solusinya adalah jauhkan diri anda untuk memakai manfaat yang diberikan oleh merchant apapun, toko online atau kartu kredit. Bukan berarti kamu tidak boleh behutang, tetapi kamu juga harus melihat kondiri keuangan dan juga kemampuanmu untuk membayar.

 

Ubah Cara Anda Berpikir Tentang Utang

5 Cara Terbaik Terbebas Dari Hutang

Orang sering keliru memandang kredit sebagai cara mudah untuk mendapatkan hal-hal yang mereka inginkan sekarang. Mereka gagal melihat konsekuensi jangka panjang dan biaya yang ditimbulkan dari ber hutang. Bebas hutang membuat Anda menjalani kehidupan yang Anda inginkan. Ini berarti Anda tidak perlu khawatir dan memusingkan tentang pelunasan atau apa yang akan terjadi jika Anda kehilangan pekerjaan secara tiba-tiba.

Kehidupan tanpa hutang sangat berbeda dari kehidupan dengan hutang. Hidup bebas hutang berarti bisa menabung untuk banyak hal, yang berarti berkorban dan menolak pembelian impulsif. Serta membatasi jumlah uang yang Anda buang setiap bulan. Untuk merencanakan pembelian yang lebih besar dan memastikan bahwa Anda menggunakan uang Anda untuk hal-hal yang paling berarti bagi Anda.

 

Buat Rencana Pembayaran Utang

5 Cara Terbaik Terbebas Dari Hutang

Untuk terbebas dari hutang, Anda perlu membuat rencana pembayaran utang. Pertama, Anda harus membuat daftar utang Anda sesuai dengan tingkat bunga. Maka Anda perlu mencari uang tambahan untuk membayar utang Anda setiap bulan. Cara ini bisa mengurangi pengeluaran Anda karena kamu memiliki penghasilan dari pekerjaan kedua. Kemudian Anda mengalokasikan uang lebih untuk hutang pertama dalam daftar Anda. Setelah Anda melunasinya, Anda pindah ke utang berikutnya, mengalokasikan uang yang masih sisa untuk pembayaran utang yang pertama. Lakukan cara ini sampai Anda melunasi semua hutang.

Strategi ini juga disebut strategi bola salju karena ketika pembayaran utang menjadi lebih besar setiap utang dilunasi, Anda dapat melunasi utang yang tersisa jauh lebih cepat. Tergantung pada jumlah utang yang Anda miliki, Anda mungkin perlu fokus selama satu atau dua tahun untuk melunasi hutang Anda. Jika Anda memiliki utang dalam jumlah besar, ada baiknya Anda merinci rencana tersebut sehingga Anda memiliki persiapan untuk melunasi nya lebih cepat.

 

Berkomitmen untuk Tetap Bebas Hutang

5 Cara Terbaik Terbebas Dari Hutang

Setelah Anda bebas hutang, Anda harus berkomitmen untuk tidak lagi berhutang. Ini berarti merencanakan dan menyimpan uang untuk pembelian yang lebih besar. Penting untuk diingat bahwa kebebasan yang datang dengan hidup bebas hutang adalah sebuah kenyamanan yang akan kamu rasakan selamanya. Jangan biarkan semua pekerjaan yang sudah kamu jalani berarkhir sia-sia, dengan mengambil hutang tambahan. Dana darurat dapat membantu Anda keluar dari hutang, tetapi anggaran bulanan adalah alat terbaik untuk menghindari hutang.