Tips Persiapan Nikah yang Tidak Banyak Orang Tahu

Pernikahan seharusnya menjadi salah satu tujuan hidup kita. Pernikahan bukan hanya menyatukan 2 orang yang saling mencintai melainkan menghubungkan 2 keluarga yang tentunya berbeda secara kebiasaan dan pola pikirnya.

Nah selain itu yang terpenting adalah biaya pernikahan yang terkadang membuat seseorang membatalkan karena besarnya biaya untuk menyelenggaran pernikahan itu, mulai dari biaya gedung, katering, mahar, KUA, undangan, souvenir, biaya dokumentasi dan masih banyak lagi pastinya.
Namun anda pastinya tidak perlu khawatir karena niat baik anda pasti akan terlaksana bila dibarengi dengan usaha dan doa pastinya. Berikut adalah tips yang dibagikan khusus untuk para pengejar cinta sejati yang dalam waktu dekat akan meminang sang pujaan hati.

Katakanlah bila uang yang anda miliki sebesar Rp. 5.000.000 dan akan menikah sekitar 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, 4 tahun, dan 5 tahun lagi. Semakin dekat waktu anda ingin menyelenggarakan pernikahan maka akan semkin besar juga biaya yang anda sisihkan setiap bulannya.

Tenang saja tidak perlu risau corfina akan memberi tahu cara jitunya. 

 

Perkiraan Nikah 1 Tahun Lagi

Sumber : Diolah oleh Penulis

Dengan estimasi rata-rata inflasi sebesar 8%, biaya menikah yang semula hanya Rp100 juta akan membengkak hingga Rp. 108 juta. Untuk mencapai itu, calon pengantin harus menyisihkan Rp8.839,002 setiap bulannya dalam setahun penuh, ditambah dana awal sebesar 5 juta.

Untuk kebutuhan 1 tahun, kami menyarankan untuk menempatkan dana di reksa dana pasar uang yang memiliki return indikasi sebesar 6% per tahun.

Mengapa reksa dana pasar uang? Reksa dana jenis ini memiliki risiko paling kecil, sehingga dapat menjaga pokok investasi yang sudah pasti akan digunakan dalam setahun serta reksadana ini surat berharga pasar uang dan deposito yang tidak terlalu fluktuatif.

Kalau ke reksadana saham gimana? bisa. Hanya saja, potensi return tinggi tentu dibarengi risiko yang besar pula. Pokok investasi akan tergerus jika indeks acuan reksa dana berbasis ekuitas itu sedang trend menurun.

 

Perkiraan Nikah 3 Tahun Lagi

Sumber : data diolah oleh Penulis

Dengan estimasi inflasi sebesar 8%, biaya menikah yang semula hanya Rp100 juta akan membengkak hingga Rp 125.971.200 Untuk mencapai itu, pasangan harus menyisihkan Rp3.491.266 setiap bulannya selama 3 tahun penuh, ditambah dana awal senilai Rp5 juta.

Portofolio perlu diarahkan ke reksa dana campuran dan pendapatan tetap yang memiliki return indikasi sebesar 8%-10% per tahun.

 

Perkiraan Nikah 5 Tahun Lagi

Sumber : data diolah oleh Penulis

Dengan estimasi inflasi sebesar 8%, biaya menikah yang semula hanya Rp100 juta akan membengkak hingga Rp 146.932.808 Untuk mencapai itu, pasangan harus menyisihkan Rp2.536.870 setiap bulannya selama 5 tahun penuh, ditambah dana awal senilai Rp 5 juta.

Portofolio perlu diarahkan ke reksa dana saham yang memiliki return indikasi sebesar 15%-20% per tahun.

 

Ayo Mulai Investasi