5 Kesalahan Mengatur Keuangan yang Menghambat Anda Menjadi Kaya

Author : Yulia Andita

Kita semua ingin menjadi kaya, lebih kaya, terkaya dan menikmati kekayaan sepanjang hidup kita.

Tetapi, berapa banyak orang awam yang benar-benar berhasil menjadi kaya?

Sebelum kita sampai pada jawaban pertanyaan ini, mari kita pahami apa sebenarnya kekayaan itu.

Seorang individu yang memiliki lebih banyak uang adalah yang memiliki asset yang bertumbuh, yang jauh lebih banyak daripada yang dia butuhkan. Ini menyiratkan bahwa seseorang yang membutuhkan tidak lebih dari RP. 5.000.000 tetapi memiliki pendapatan bulanan sebesar Rp. 10.000.000 per bulan untuk kebutuhannya dan memiliki lebih dari Rp 1.000.000.000 dalam saldo bank dan aset itulah orang kaya. Di sisi lain, seorang individu yang pengeluaran bulanannya melebihi Rp 10.000.000 tetapi tidak memiliki tabungan atau aset berharga apa pun, itu menyedihkan. Karena jumlah uang bukan ukuran relatif dari kekayaan.

Sekarang kembali ke pertanyaan “berapa banyak orang awam yang benar-benar berhasil menjadi kaya?”, jawabannya hanya segelintir orang di Indonesia atau bahka dunia. Karena apa? Karena kita semua melakukan kesalahan dengan pengelolaan penghasilan kita.

Sebenarnya, kita semua pernah membuat kesalahan dalam hidup dan membuat kesalahan finansial adalah salah satunya. Kadang-kadang, satu kesalahan uang bisa menghabiskan banyak biaya dan bisa menjadi penghalang untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Mari kita lihat 5 kesalahan uang teratas yang menjauhkan Anda dari menjadi kaya.

 

5 Kesalahan Uang Teratas

 

1. Menghabiskan Uang Melebihi Pendapatan

hal yang menjadi penghambat menjadi kaya

Ini adalah salah satu kesalahan finansial paling umum yang kebanyakan dari kita lakukan. Jika seseorang mempertimbangkan hal ini, ia tidak akan pernah mengalami krisis keuangan.

Secara umum, kebanyakan dari kita menghabiskan banyak uang tanpa memikirkan masa depan, dan ini adalah kesalahan finansial terbesar yang dilakukan seseorang. Menggunakan kartu kredit dan pinjaman adalah salah satu faktor yang menyebabkan pengeluaran berlebihan. Kesalahan uang ini cukup sederhana untuk dihindari.

Membuat anggaran bulanan sesuai penghasilan Anda dan anda terapka dalam kehidupan sebulan, dengan pasti dapat membantu Anda menghindari diri dari menghamburkan uang ke hal yang tidak penting. Hanya sertakan item yang diperlukan dalam anggaran Anda dan cobalah untuk menghindari item untuk barang mewah.

 

2. Tidak Memiliki Rencana Pengelolaan Uang

hal yang menjadi penghambat menjadi kaya

Perencanaan diperlukan untuk semuanya. Termasuk juga diperlukan untuk kehidupan finansial Anda. Memiliki tujuan finansial adalah langkah pertama yang akan mengarahkan Anda ke kehidupan finansial yang berhasil.

Sasaran finansial Anda harus mencakup rencana pendidikan anak-anak Anda, rencana untuk membeli tempat tinggal sendiri dan merencanakan pensiun Anda adalah suatu keharusan.

Jadi, tetapkan tujuan Anda, mulai menabung dan berinvestasi sesuai rencana untuk mencapai tujuan Anda.

 

3. Membeli Hal yang Tidak Anda Butuhkan

hal yang menjadi penghambat menjadi kaya

Banyak dari kita memiliki sifat suka pamer. Jika teman saya mengalami hal yang mahal, lalu mengapa saya tidak bisa? Banyak dari kita memiliki perasaan ini setelah melihat beberapa hal lain dari teman-teman kita atau saudara terdekat.

 Untuk mendapatkan kesan yang baik dan memamerkannya, biasanya akan ikut membeli barang-barang yang bahkan tidak kamu butuhkan. Membeli barang yang tidak diperukan, tidak hanya menghabiskan uang kami tetapi juga mempengaruhi kehidupan finansial Anda di masa depan.

Orang bijak tidak harus memamerkannya, mereka fokus pada rencana keuangan masa depan dan kebahagiaan mereka, bukan pada hal-hal yang tidak penting.

Jangan mencoba membuat kesan di mata orang lain, dan jangan selalu ingin dipuji. Cobalah untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk Anda!

 

4. Tidak Berusaha Meningkatkan Penghasilan

Meningkatkan penghasilan adalah satu hal terpenting yang dapat membuat Anda kaya. Tetap melakuakn pekerjaan Anda yang sudah ditekuni sejak lama dan menciptakan sumber penghasilan kedua adalah pilihan terbaik untuk meningkatkan penghasilan Anda.

Tetapi yang terjadi pada banyak dari kita adalah  mereka merasa nyaman dalam kehidupan dan suasana kerja mereka dan tidak ingin mengambil banyak risiko dan tekanan. Karenanya, mereka melanjutkan hidup yang sama, berada di pekerjaan yang sama. Dengan cara ini membuat penghasilan mereka tetap sama.

Untuk menjadi kaya, Anda harus keluar dari zona nyaman dan mulai mengambil risiko.

 

5. Mengandalkan Penghasilan Tunggal

hal yang menjadi penghambat menjadi kaya

Ketika Anda membaca biografi orang kaya yang terkenal, Anda akan tahu bahwa mereka tidak pernah bergantung pada satu sumber pendapatan. Mereka mengalokasikan sebagian dari sumber pendapatan dan menggunakan tabungan untuk memulai sumber pendapatan kedua dengan membuka usaha sendiri. Anda mungkin berpikir bahwa membuka usaha senidiri  hanya mungkin bagi para pebisnis.

Tapi, itu tidak selalu benar, sebagai seorang profesional yang bekerja Anda juga dapat memiliki sumber penghasilan kedua, Anda dapat mulai mengambil beberapa proyek tambahan terpisah dari perusahaan anda sebelumnya. Anda juga dapat memulai bisnis sampingan yang membutuhkan pemantauan lebih sedikit sehingga Anda dapat fokus pada hal itu di waktu luang Anda.