Masih Kecil Jago Kelola Uang

Masa anak-anak adalah masa emas untuk mengajarkan kepada mereka pengetahuan dan kebiasaan-kebiasaan yang baik terutama kesadaran dan pengaturan keuangan. Karena hal itu akan membentuk kemandirian finansial pada anak di dewasa nanti.

Untuk dapat mengajarkan mengnai pengaturan yang baik maka anda juga seharusnya sudah bisa dan berpengalaman dalam mengatur keuangan dengan baik. Pengajaran yang anda berikan kepada buah hati pun tidak sama seperti anda melainkan berdasarkan usia dan tumbuh kembangnya dan gunakan bahasa dan metode yang mudah dimengerti.

Berikut merupakan cara-cara yang bisa anda aplikasikan untuk buah hati agar lebih sadar dalam mengelola uangnya:

1. Memberikan anak uang

Memberikan mereka uang sebelum mereka meminta sesuatu mungkin bisa menjadi cara untuk bisa melatih kesadaran dalammengelola keuangan. Cara ini bisa diaplikasikan berbeda-beda pada usia anak anda. Misalnya untuk anak yang masih kecil sekitar usia 8-12 tahun maka anda berikan uang 30.000 untuk sebulan dan untuk usia menuju Sekolah Menengah Pertama bisa anda berikan ± 300.000 selama sebulan, anda bisa memberinya challenge untuk bisa bertahan dengan hanya memegang uang sebesar itu dan tidak akan memberinya lagi sebelum 1 bulan full. Tetapi uang itu diusahakn uang diluar kebutuhan sekolah atau kebutuhan yang harus diselesaikan oleh kedua orang tua.

Cara lainnya adalah bisa anda berikan imbalan ketika anak anda mampu mencapai tantangan sesuatu misalnya saja ketika mendapat nilai ujian yang bagus atau ketika mereka menolong anda melakukan perkerjaan rumah dan biarkan anak yang yang sudah dewasa mencari uang sendiri asalkan mereka masih di bawah kontrol anda dan pekerjaan yang tidak menyita waktu belajarnya.

 

2. Ajarkan cara mengatur keuangan dasar kepada mereka

Setelah anda memberikan uang kepada mereka bukan berarti anda membiarkannya tanpa anda bimbing cara mengaturnya.

Anda bisa mengajarkan kepada yang kecil dan usia remaja dengan cara menabung sejak awal anda berikan mereka uang, dengan begitu mereka akan berusaha untuk tidak boros dalam menggunakan uangnya. Untuk anak anda yang kecil bisa dibelikan celengan untuk menabung dan untuk yang sudah remaja bisa anda dibukakan rekening bank. Untuk anak anda yang sudah besar bisa anda ajarkan untuk mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya.

 

3. Ajarkan mereka mandiri untuk mendapatkan sesuatu

Ketika anak anda memiliki keinginan untuk membeli sesuatu, maka motivasi mereka untuk membeli dengan uangnya sendiri. Ajarkan mereka bisa menggunakan tabungan mereka dengan bijak. Karena ketika mereka mampu membeli barang yang mereka inginkan maka secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa untuk menjaganya.

Serta membiarkan mereka menggunakan uangnya untuk memenuhi kebutuhan mereka seperti uang pulsa, uang bensin dan lain-lain. Selalu ajarkan untuk selalu mementingkan hal-hal yang dibutuhkan dibanding hal-hal yang hanya diiginkan.

 

4. Biarkan mereka ikut andil dalam diskusi keuangan keluarga

Cara agar mereka lebih mengerti bagaimana pengelolaan keuangan dengan skala yang lebih besar dari biasanya adalah dengan mengajak mereka untuk memberikan masukan dalam mengatur anggaran keluarga. Misalnya minta masukan kepadanya mengenai manakah yang lebih penting membeli kendaraan baru atau menggunakan untk liburan akhir tahun.

 

Dari keempat cara diatas mungkin bisa saja anda modifikasi sesuai dengan keadaan rumah tangga anda dan yang lebih utama adalah berikan contoh baik. Dan yang terpenting adalah anda mampu membentuk kepribadian anak yang mampu mengelola uangnya dengan rapih dan teliti kemudian sedikit demi sedikit ajarkanmereka cara berinvestasi, kelak dewasa nanti akan menghasilkan uang dari investasi.