4 Tanda Kondisi Keuangan Sehat

Author : Yulia Andita

Jika anda ingin kondisi keuangan anda terbebas dari kata kritis maka anda harus mengetahui kondisi asset dan juga hutang anda. Karena pada dasarnya bukan hanya kondisi badan saja yang harus kita jaga kesehatannya tetapi juga keuangan pribadi. Hal ini  perlu kita cek setiap bulannya jangan sampai kejadian penghasilan yang kita dapatkan tidak pernah cukup setiap bulannya.

Atau bahkan dalam kondisi terburuk adalah anda telah bekerja selama bertahun-tahun namun sampai detik ini anda belum memiliki tabungan sama sekali. Maka kondisi seperti sangat mengkhawatirkan sekali dompet anda.

Berbeda dengan kesehatan badan yang tidak dalam kondisi baik yang mengharuskan kita menggunakan jasa pelayanan kesehatan, kesehatan keuangan itu sendiri harus kita pantau terus-menerus baik dalam keadaan sehat dan tidak serta kita tidak perlu repot untuk pergi ke dokter keuangan karena kita sendiri bisa mengeceknya sendiri.

Begini cara menghitung dan menganalisa kondisi keuangan anda untuk mengatahui kesehatan keuangan pribadi anda:

  • Rasio Likuiditas

Rasio ini menghitung perbandingan antara total asset yang likuid dengan total pengeluaran per bulan. Asset likuid adalah asset yang bisa dicairkan dengan cepat jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Misalnya deposito, uang tunai, cek, giro, tabungan, saham dan reksadana. Rasio ini dapat diartikan bahwa dana cadangan yang dapat membiayai total pengeluaran kita selama beberapa bulan ke depan. Biasanya asset likuiditas ini biasa disebut sebagai dana darurat dan idealnya dana darurat ini sebesar 3 kali dari jumlah pengeluaran setiap bulannya.

Sedangkan contoh pengeluaran per bulan yang tetap adalah biaya listrik, telepon, makan sehari-hari, transportasi, dan biaya-biaya yang biasa dikeluarkan setiap bulan secara terus-menerus.

Baca Juga: Tanpa Kredit Bisa Memiliki Mobil?

Rasio ini dihitung sebagai pertimbangan jika sewaktu-waktu anda kehilangan pekerjaan sehingga dengan asset likuid tersebut masih bisa menghidupi beberapa bulan kedepan sambal mencari pekerjaan baru.

Untuk anda yang masih lajang maka nilai yang bagus adalah 6, maksudnya bahwa asset likuid anda dapat membiayai hidup selama 6 bulan. Sedangkan bagi yang sudah berkeluarga maka nilai yang ideal adalah 12, yang artinya asset likuid dimiliki saat ini dapat membiayai hidup keluarga selama 12 bulan.

 

  • Rasio Utang Konsumtif

Utang konsumtif adalah pinjaman yang digunakan untuk hal-hal yang bersifat konsumtif, seperti cicilan produk elektronik, transportasi, dan juga kartu kredit.

Rasio ini menunjukkan kemampuan seseorang untuk melunasi utang dengan mengandalkan pendapatan per bulan.

Rasio ini didapat dengan membagi total utang konsumtif dengan total pendapatan per bulan. Semakin kecil nilai rasio ini menandakan bahwa anda memiliki kondisi keuangan yang tergolong sehat begitu pun sebaliknya. Nilai ideal dari rasio ini tidak lebih dari 50%.

Cara agar nilai rasio ini rendah adalah dengan menahan keinginan untuk berbelanja dengan kartu kredit ataupun berhutang. Sebenarnya utang tidak selamanya menguras pendapatan anda, ada juga utang yang bisa menambah pendapatan anda misalnya saja anda berhutang untuk membuat usaha. Maka dari utang tersebut anda bisa menambah penghasilan.

 

  • Rasio Tabungan

Menabung memang menjadi hal yang terpenting untuk menjaga katersediaan dana, jaga-jaga dan juga sebagai jalan untuk mewujudkan tujuan anda di masa depan. Karena tidak selamanya penghasilan yang kita harus dihabisakan seluruhnya atau bahkan sampai kurang.

Rasio tabungan didapa dari hasil bagi uang yang anda sisihkan untuk menabung dengan jumah pendapatan.

Bagi yang sudah memiliki penghasilan tetap setiap bulan ada baiknya menyisihkan di awal uang anda minimal sebesar 10%.

Menabung tidak selama nya di bank karena ada beberapa tabungan lainnya yang bisa kita pilih, misalkan nabung saham dan reksadana.

 

  • Rasio Pengeluaran

Rasio pengeluaran ini menunjukkan gaya hidup seseorang sehari-hari. Rasio pengeluaran ini didapat dari hasil bagi total pengeluaran dibanding dengan total pendapatan tetap setiap bulan.

Idealnya nilai dari rasio ini adalah kurang dari 1, maka dapat diartikan bahwa kondisi keuangan anda sehat.

Semakin kecil jumlah uang yang anda gunakan setiap bulannya maka akan semakin kecil niai rasio pengeluarannya.

Sulitnya Menurunkan Gaya Hidup Boros

Jadi dapat disimpulkan bahwa kondisi keuangan yang sehat ditandai dengan jumah pengeluaran yang lebih kecil dibanding dengan jumah pendapatan anda. Jadi sudahkah mengecek kesehatan keuangan anda. Ayo Periksa Sekarang Juga!