Desember Waktunya Belanja Reksadana Saham

Author : Yulia Andita 

Selain ada trend gaya hidup yang hedonisme ada juga trend yang lebih bermanfaat untuk masa depan terutama trend ini telah tumbuh diantara kaum milenial. Mereka berupaya untuk memenuhi kebutuhan kesenangan mereka sepeti libutan, membeli barang teknologi dan juga ibadah dengan cara memilih investasi sebagai sarana untuk mewujudkan tujuan diatas.

Reksadana adalah salah satu pilihan investasi kaum milenial untuk membeli rumah, liburan, membeli kendaraan, membeli alat elektronik, dana darurat dan juga persiapan dana pensiun. Dan jumlah investor reksadana per November 2018 menambah sebesar kurang lebih 200.000 menurut data yang disampaikan oleh Bursa Efek Indonesia. Pertumbuhan investor sebesar lebih dari 50% sepanjang 2018. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran yang tinggi dari masyarakat Indoensia terutama anak muda akan pentingnya investasi, bahkan seharusnya mengubah gaya hidup dari yang konsumtif menjadi lebih selektif dalam mengatur keuangaan. Bahkan investasi menjadi gaya hidup baru.

Tentu saja dalam mewujudkan tujuan atau kebutuhan di masa depan tidaklah sulit karena jenis reksadana bermacam-macam yaitu Reksadana Pasar Uang yang bisa menjadi pilihan investasi jangka pendek (<1 tahun) dengan tujuan menjaga likuiditas, Reksadana Pendapatan Tetap untuk kebutuhan jangka menengah, Reksdana Campuran dan Reksadana Pasar Saham untuk bagi investor yang memiliki kebutuhan yang harus di capai di masa depan.

Baca Juga : Investasi Reksadana Kena Potongan Biaya?

Pemilihan reksadana menjadi kunci dalam mewujudkan kebutuhan. Terutama kebutuhan liburan yang biasanya menjadi pilihan setiap orang dalam menghasbiskan liburan akhir tahun. Tapi pernahkah membeli reksadana di akhir tahun tertutama di bulan Desember? Jika belum mungkin bulan ini memang menjadi timing yang tepat untuk membeli reksadana terutama reksadana saham . Mengapa demikian? Karena menurut data dari Bloomberg dalam waktu 10 tahun terakhir pertumbuhan return Reksadana Saham pada bulan Desember rata-rata performanya baik.

Baca Juga : Ini Cara Memilih Reksadana Yang Baik

Penyebab performa reksadana saham pada akhir tahun baik karena ada fenomena yang biasa disebut dengan window dressing. Dimana window dressing terdapat kecenderungan harga saham yang selalu meningkat di akhir tahun. Naiknya harga saham di akhir tahun disebabkan katalis positif dari sisi laporan keuangannnya, sering terjadi pelonjakan penjualan produk perusahaan di akhir tahun karena diskon/promo yang besar besaran. Hal ini membuat pertumbuhan penjualan meningkat dan akan berpengaruh pada laporan laba-ruginya. Ketika penjualan naik, maka rasio prositabilitasnya pun akan meningkat dan menyebabkan harga sahamnya juga semakin naik. Dan karena reksadana saham itu berisi berbagai saham maka bisa di prediksi reksadana saham pun naik karena terdorong dari kenaikan harga saham dalam portofolio.

 Tetapi bukan berarti investasi reksadana hanya di bulan Desember saja. Melainkan investasi reksadana dilakukan secara berkala untuk mengantisipasi adanya pergerakan harga yang volatile di pasar modal.

Performa yang baik di bulan desember bisa kita perhatikan dalam pergerakan grafik Reksadana Grow 2- Prosper dimana reksadana tersebut merupakan salah reksadana pasar saham di Corfina Capital. Jika di perhatikan menjelang tahun baru performa selalu naik di bulan Desember.

Jika ingin membuktikan sendiri performanya bisa langsung cek di https://corfina.id/products atau bisa langsung investasi dengan terlebih dahulu mendaftar di https://corfina.id/account/register. Dengan platform tersebut investor tidak perlu  ribet investasi reskadana. Tidak perlu ragu ataupun takut karena pengelolaan reksadana langsung oleh orang yang professional serta terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Sebelum berakhir buan Desember yuk segera investasi sebelum ketinggalan.