Cara Berinvestasi Sekalipun Anda Tidak Tahu Darimana Memulainya

Author : Yulia Andita

Jujur saja: Berinvestasi itu menakutkan.

Pasar modal itu sendiri sulit dipahami, Anda mendapatkan uang dengan mengeluarkan uang? Dan itu bahkan belum tentu uang sungguhan, tetapi nomor virtual ini yang bergerak dan bergeser dari waktu ke waktu.

Nah, ternyata, hampir setiap profesional keuangan, institusi, serta investor retail yang telah menggunakan kekuatan bunga majemuk untuk mendanai tujuan keuangan utama, seperti memiliki asset yang bernilai tinggi dan pensiun dini.

Ada alasan mengapa dana pensiun adalah salah satu fasilitas tempat kerja yang paling umum. Sebenarnya anda bisa membangun dana pesnsiun senditi. Anda cukup banyak perlu berinvestasi jika akan membangun dana pensiun sendiri dengan waktu yang lebih cepat.

Berinvestasi juga merupakan salah satu cara termudah untuk mendapatkan penghasilan pasif - yaitu, menghasilkan uang tanpa mengorbankan jam tambahan di tempat kerja. Setelah Anda mengatur portofolio investasi Anda, dibutuhkan sedikit manajemen keunagan yang benar untuk melihat hasil yang signifikan: Investor rata-rata telah melihat pertumbuhan 10% per tahun selama 5 sampai 10 tahun terakhir.

Jadi apa cara terbaik untuk memulai dengan investasi Anda sendiri? Dan apa yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan investasi? Apakah memungkinkan untuk memulai portofolio investasi dari aplikasi smartphone, dan haruskah dilakukan?

 

Apa itu Investasi?

Sebelum kita menggali seluk-beluk cara memulai investasi, mari kita perjelas beberapa istilah dasar dalam investasi.

Berinvestasi adalah membelanjakan uang untuk sesuatu - baik itu saham perusahaan di pasar saham, rumah, atau lukisan - dengan harapan nilainya akan tumbuh. Jika ya, investor nantinya bisa menjual barang, juga disebut sebagai aset, dan mendapat untung.

Ada empat jenis investasi utama, yang yang dibagi berdasarkan penggolongan jenis aset

  • Saham, atau dikenal sebagai investasi ekuitas/modal.
  • Investasi pendapatan tetap, seperti obligasi.
  • Investasi pasar uang atau setara kas dan surat utang jangka pendek.
  • Properti, termasuk real estat dan aset berwujud lainnya

 

Saham

Apa yang Anda pikirkan ketika Anda memikirkan pasar modal: saham, atau bukti kepemilikan dari perusahaan publik, yang meningkat nilainya ketika perusahaan berkinerja baik dan menghasilkan laba.

Pemegang saham akan mendapatkan keuntungan berupa kenaikan harga saham dan juga pembayaran dividen, tetapi tentu saja juga rentan terhadap penurunan di pasar dan kemungkinan perusahaan berkinerja buruk atau bahkan menglami likuidasi.

Reksa dana dan ETF, yang merupakan pilihan investasi lainnya, juga dikelompokkan dalam kelas aset ini, meskipun terkadang termasuk obligasi dan jenis sekuritas lainnya.

Baca Juga : Cara Menilai Investasi Reksadana Yang Sesuai Untuk Anda

 

Investasi Pendapatan Tetap

Ini adalah investasi yang menawarkan tingkat bunga tetap yang telah diatur sebelumnya dan biasanya membayar secara berkala atau setelah waktu yang ditentukan. Obligasi adalah contoh paling umum. Ketika Anda membeli obligasi pemerintah, khususnya, Anda sebenarnya memberikan pinjaman kepada pemerintah, yang setuju untuk membayar kembali setelah jangka waktu tertentu ("jatuh tempo" obligasi) pada tingkat bunga yang ditetapkan.

Obligasi dianggap investasi yang lebih aman daripada saham, yang lebih rentan terhadap perubahan di pasar.

 

Investasi Pasar Uang atau Setara Kas

Ini sangat likuid (artinya dapat dengan cepat dikonversi menjadi uang tunai), investasi jangka pendek, seperti CD (sertifikat deposito) atau sekuritas utang jangka pendek, seperti obligasi yang jatuh tempo kurang dari 1 tahun. Kelas aset ini menawarkan pertumbuhan yang relatif kecil - artinya Anda tidak akan memperoleh untung besar dengan cepat - tetapi juga memiliki risiko yang relatif rendah.

Baca Juga : Sudahkah Benar Dalam Memilih Investasi Jangka Pendek?

 

Properti

Investasi properti ini adalah investasi nyata, fisik, seperti real estat atau seni rupa, yang dapat tumbuh nilainya dari waktu ke waktu. Depresiasi adalah kebalikannya, ketika aset berwujud kehilangan nilai seiring waktu. Salah satu asset dengan penyusutan/depresiasi terbesar adalah mobil/motor, handphone, atau  baramhg elektronik lainnya yang dapat kehilangan sebanyak 10% dari nilainya setiap tahun.

Investasi di properti memang bukan investasi yang murah, karena harga rumah dan harga tanah yang terus naik, membuat harganya setiap bulan bisa naik terus-menerus. Jika anda belum memiliki uang yang banyak, maka bisa beralih ke beberapa pilihan investasi lainnya seperti saham atau reksadana.

 

Mengapa Anda Harus Berinvestasi?

Satu hal yang harus kita perjelas: bahkan pilihan investasi yang "paling aman" memang mengandung risiko yang tinggi. Tidak ada yang namanya investasi pasti.

Baca Juga : 14 Cara Mengajari Anak-Anak Tentang Uang

Karena alasan itu, banyak orang merasa jauh lebih nyaman menyimpan uang mereka di rekening tabungan berbunga rendah, atau bahkan di bawah kasur mereka dalam bentuk uang kertas. Tetapi berinvestasi adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan penghasilan pasif dan jika Anda ingin membangun kekayaan yang serius, pasar modal adalah tempat paling pasti untuk mewujudkannya.

 

Mempertahankan Nilai Uang Anda

Bahkan, jika Anda memperhitungkan inflasi, berinvestasi bukan hanya cara untuk menumbuhkan uang Anda itu adalah langkah yang diperlukan untuk mempertahankan nilainya uang saat ini. Inflasi secara historis rata-rata antara 4-5%, dan selama 20 atau 30 tahun, itu dapat membuat perbedaan besar.

Bahkan investasi dengan pertumbuhan rendah seperti deposito sebenarnya dapat memberi Anda pengembalian negatif, mengingat tingkat inflasi hari ini.

Dan, tentu saja, penting untuk diingat bahwa berinvestasi adalah soal memainkan keunagan untuk jangka panjang. Ya, Anda mungkin akan melihat beberapa berita utama pasar modal yang menyeramkan selama investasi Anda. Tetapi selama Anda membeli saham atau investasi lainnya dengan kinerja yang bagus dan tidak pernah terlibat dalam tindak pindana dan tidak patuh pada peraturan otoritas. Maka ada kemungkinan investasi anda akan mengalami pertumbuhan yang sesuasi dengan pertumbuhan ekonominya.

 

Hasilkan Uang dari Uang Anda

Investor rata-rata yang menginvestasikan kembali dividen yang didapatkan dan juga hasil keuntungan dari investasi saham, memiliki peluang 94% untuk pengembalian positif selama 10 tahun. Jika Anda memperpanjang jangka waktu itu hingga 20 tahun, investor dapat meningkatkan peluang itu hingga 99%.

"Jika Anda berinvestasi untuk jangka panjang, peluang Anda untuk mendapatkan pengembalian positif meningkat secara signifikan”

Dengan kata lain: dalam hal berinvestasi, "tetap tenang dan teruskan."