Tips Kelola Keuangan Wanita Zaman Now

Author : Yulia Andita

Peran wanita zaman sekarang tidak lagi sama dengan zaman dahulu. Jika dahulu wanita identic dengan lebih banyak berkeja di dalam rumah dan mengurus rumah tangga bahkan mengandalkan pemasukan dari suaminya saja. Namun hal seperti itu sudah banyak ditinggalkan oleh wanita masa kini.

Wanita masa kini mampu memeliki penghasilan sendiri baik dari hasil kerja ataupun tambahan pemasukan. Jadi dapat dikatakan sudah banyak wanita zaman now yang sudah tidak ketergantungan dengan suaminya. Bahkan bisa jadi penghasilannya ebih besar dari suaminya.

Hal itu memang membanggakan dan ada kepuasan tersendiri ketika sudah bisa menghasilkan uang sendiri. Tetapi kepuasan itu harus dibarengi dengan manajemen keuangan yang baik juga. Bukan berarti anda bisa menghambur-hamburkan uang dengan seenaknya tanpa kendali. Hal terpenting bagi wanita suatu saat nanti selain mengatur keuangan sendiri bahkan keuangan keluarga.

Berikut ini beberapa tips mengelola keuangan ala wanita zaman now:

1. Buat anggaran bulanan dan prioritas belanja

Hal yang paling identik dari wanita itu adalah suka belanja. Bahkan belanja tanpa dipikirkan terlebih dahulu, dan akhirnya barang yang dibeli tidak dibutuhkan dalam waktu dekat. Godaan dari toko online yang memudahkan setiap orang untuk berbelanja, lagi-lagi membuat wanita mudah untuk berbelanja sana sini. Alhasil uang yang diterima setiap bulan itu tidak mencukupi hingga akhir bulan. Sungguh menyedihkan…

Agar uang yang dimiliki tetap dalam koridor yang tepat dan juga keluar sesuai dengan kebutuhan maka dibutuhkan anggara. Karena wanita nantinya akan mengurus keuangan keluarga, maka harus dimulai disiplin sejak masih single. Buatlah catatan kebutuhan selama sebulan sedetail mungkin. Misalkan untuk kebutuhan sandang dan pangan, cicilan, sosial, dan juga untuk menabung.

Jangan lupa catat daftar pengeluarannya, agar kamumengetahui apakah anggaran yang dibuat sejalan dengan kenyataannya atau tidak.

 

2. Sisihkan sejak awal uang tabungan & investasi

Laki-laki akan menyukai wanita yang visioner. Visioner yang dimaksud ini adalah wanita yang memikirkan masa depannya. Masa depan ini adalah mengenai tujuan keuangan jangka panjang. Wanita yang visioner mereka akan berpikir jauh ke depan. Misalkan ia Sudha memikirkan membeli rumah, pendidikan anaknya nanti, menunaikan ibadah di tanah suci ataupun kebutuhan dana pensiun nanti.

Baca Juga : Corfina Reksadana Online System | Berapa Uang Dibutuhkan Ketika Pensiun

Sejak anda menerima penghasilan di awal bulan sangat dianjurkan untuk langsung menysiihkan uang anda. Minimal ada 20% dari penghasilan anda. Kemudian anda bisa langsung memilih dan uangnya bisa dibagi- bagi ke beberapa prosuk investasi atau tabungan.

 

3. Sisihkan uang untuk dana darurat

Seseorang yang menang dalam mengatur keuangan adalah orang yang mampu merencanakan hal yang tdak orang lain rencanakan. Sebanyak apapun uang yang anda miliki belum tentu anda miliki juga di waktu tertentu. Karena kita bukan dukun yang tahu kejadian mendatang, maka dariitu kita wajib menyisihkan penghasilan untuk dana darurat. Kejadian yang tidak kita inginkan bisa saja terjadi tak terduga waktunya sehngga kita harus mengeluarkan uang sesegera mungkin. Dana darurat ini usahakan bisa dalambentuk kas di tangan ataupun dalam kartu ATM anda. Hal yang terpenting adalah dana darurat ini sifatnya mudah untuk dicairkan.

 

4. Cari penghasilan tambahan

Menurut pebisnis dunia yang sukses Robert T. Kiyosaki, gak cukup dengan gaji, kamu juga harus berinvestasi agar lepas dari kesulitan keuangan. Pasalnya, dengan investasi kamu akan menghasilkan pendapatan pasif.

Nah itu, orang sukses saja menyadari kalau mau kaya dan tercukupi kehidupannya bukan hanya mengandalkan dari gaji saja. Buatlah pendapatan pasif yang jika kamu tinggal tidur saja uang it uterus bertambah. Ada banyak sekali cara yang dilakukan untuk menambah penghasilan misalkan membuka usaha, berinvestasi di produk keuangan, berjualan di kantor dan masih banyak lagi.

 

5. Lakukan dengan teratur dan disiplin

Untuk mencapai kemandirian dan kebebaan finansial maka harus dilakukan dengan disiplin. Disiplin ini dilakukan dengan rutin dan sesuai dengan porsi kebutuhan bulanan masing-masing. Jadilah wanita zaman now yang memperbanyak berinvestasi, perkecil cicilan.