Tips Liburan ke Singapura Mulai dari Rp. 100.000

Meskipun Singapura adalah salah satu negara yang kecil diantara negara ASEAN lainnya, namun Singapura menjadi salah satu destinasi wisata oleh turis mancanegara karena negara ini sangat terkenal kebersihan dan ketertibannya. Sehingga banyak turis yang bolak-balik ke negara ini. Dan banyak yang menjadikan Singapura sebagai destinasi wisata luar negeri pertama.

Apalagi sebentar lagi akan memasuki akhir tahun. Mungkin bagi anda yang belum pernah kesana dan ingin merasakan euphoria akhir tahun di negara Patung Merlion. Jika anda memiliki rencana untuk kesana berikut ini adaah beberapa tips ataupun panduan bagi anda untuk travelling.

  • Persiapkan paspor

Dokumen perjaanan yang wajib anda lengkapi sebelum berpergian ke luar negeri yaitu paspor ataupun visa, namun jika anda berwarganegara Indonesia atau negara ASEAN lainnya maka anda tidak diwajibkan untuk memiliki visa.

Hal yang terpenting adalah masa berlaku paspor anda tidak kurang dari 6 bulan sebelum dan saat anda beraada di Singapura. Jadi jika anda pergi ke Singapura pada tanggal 23 Desember 2018 maka masa habis pada bulan 30 Juni 2019.

Jangan sampai rencana travelling anda gagal karena masa berlaku paspor anda akan jatuh tempo. Maka anda wajib memperpanjang paspor anda sebelum mendekati masa berlakunya.

 

  • Carilah tiket promo untuk menghemat biaya perjalanan

Baiaya tiket pesawat dibeberapa portal web ataupun aplikasi pesan tiket banyak yang memberikan promo perjalanan. Semakin murah tiket pesawat maka akan semakin minim biaya yang dikeluarkan. Biasanya harga tiket pesawat normal untuk destinasi dari Jakarta ke Singapura sekitar Rp. 400.000- Rp. 600.000. dan mungkin jika anda mendapatkan promo bisa lebih murah dari itu.

Baca Juga : Cara Tepat Menganggarakan Biaya Liburan

  • Pilih penginapan yang murah

Meskipun Singapur adalah negara yang tidak terlalu besar namun biaya hidup disana teramahal di Asia Tenggara. Agar pengeluaran kita tidak membengkak maka ada baiknya anda memilih tempat penginapan yang lokasinya strategis dengan pusat kota dan tempat wisata. Jadi memungkinkan anda bisa jalan kaki untuk berpindah dari satu tempat wisata 1 ke yang lainnya.

Untuk bisa mendapatkan tempat penginapan yang murah biasaya terletak di daerah Bugis dan Chinatown. Dan juga bisa memilih hotel yang tipe kamarnya seperti asrama dan biasanya satu kamar ada tempat tidur yang bertingkat-tingkat.

 

  • Rencanakan destinasi wisata seefisien mungkin

Di Singapura ada beberapa destinasi wisata yang bisa anda jadikan rujukan untuk berlibur diantaranya:

Wisata kuliner: Chinatown

Wisata taman: Botanica Garden, Singapore Zoo, Marina Bay Sands Sky Park

Wisata seni: Esplanade

Wisata Belanja: Orchard Road, Bugis Juction

Wisata religious : Sri Mariaman Temple

Singapore River

Singapore Flyer
Wisata taman bermain  : Universal Studio Singapore, Resort World Sentosa

Baca Juga : Tips Liburan Saat Rupiah Melemah

Estimasi biaya liburan ke Singapura:

Estimasikan anda akan berlibur ke singapura selama 3 hari dan 2 malam, maka estimasi biaya anda dengan harga SG$1 = Rp. 10.735 per

  • Tiket PP Singapura                           : Rp. 500.000
  • Pembuatan paspor                          : Rp. 300.000
  • Pajak Singapura SG$30                   : Rp. 322.050
  • Pembelian Singapore Tourist Pass selama 2 hari : SG$ 16 (Rp. 171.760)
  • Hostel selama 2 hari SG$50          : Rp. 536.750
  • Konsumsi (7x) SG$ 5                        : Rp. 375.725
  • Uang Belanja SG$20                        : Rp. 214.700

Total Pengeluaran : Rp. 2.635.685

Lalu bagaimana bisa dengan uang Rp. 100.000 bisa mencukupi biaya perjalanan selama 3 hari 2 malam di Singapura.

Pernah dengar produk investasi akan linier dengan tujuan keuangan?

Nah sekarang zamannya bukan lagi nabung-nabung di celengan ayam, bukan lagi investasi berdasarkan risiko melainkan berdasarkan tujuan keuangan anda.

Jika saat ini anda hanya memiliki uang sebesar Rp. 100.000, tenang saja dengan uang sebesar itu anda bisa memulai investasi untuk mencukupi tujuan liburan anda.

Baca Juga : Apa Benar Reksadana Tidak Dikenakan Pajak?

Dan tahukan anda jika ingin memenuhi uang sejumlah Rp. 2.635.685 dalam satu tahun maka, anda harus menyisihkan uang sebesar Rp. 229.891 jika diinvestasikan pada Reksadana Grow 2 Prosper, Rp. 245.579 di Corfina Dana Kasa Syariah, dan jika diinvestasikanpada Corfina Kombinasi Strategis sebesar Rp. 243.970.

Namun yang perlu diperhatikan dalam memilih prouduk investasi yang cocok untuk jangka pendek adaah Reksadana pasar uang, dan dari ketiga pilihan investasi di atas adalah Corfina Dana Kas syariah dengan tingkat imba hasil rata-rata selama 1 tahun sebesar 3.29%.