Tips Membuat Anggaran : Cara Menghitung Penghasilan dan Beban

Author : Yulia Andita 

Membuat anggaran adalah langkah paling penting yang dapat Anda ambil untuk keluar dari hutang kartu kredit, namun betapa sedikit orang yang menyadari hal itu.

Apa sebenarnya penganggaran? Paling sederhana, penganggaran adalah buku besar yang merinci keputusan pengeluaran yang ingin Anda buat. Ini memperkirakan berapa banyak uang yang akan masuk selama beberapa bulan ke depan dan uangnya dialokasikan untuk menutupi pengeluaran seperti makanan, perumahan, transportasi, investasi dan asuransi. Anggaran yang baik juga mencakup alokasi untuk tabungan dan investasi dengan rutin.

 

Fakta Tentang Anggaran Bulanan

Namun hanya sedikit orang yang meluangkan waktu untuk menyusun anggaran. Sebuah penelitian dari  Gallup menunjukkan hanya 32 persen orang Amerika yang memiliki anggaran setiap bulan. Bahkan kurang 30% memiliki rencana keuangan jangka panjang. Mereka tidak membuat anggran karen bergantung pada daftar harga barang yang ingin mereka beli saja alias pengeluaran dadakan.

Jika itu cara Anda mengelola uang, segalanya tidak akan berjalan dengan baik. Tidak lama kemudian, pengeluaran Anda dengan mudah melampaui pemasukan Anda, sehingga menyebabkan krisis keuangan.

Pertama-tama mari kita buang kesalahpahaman tentang penganggaran. Ini bukan tentang aturan baku dan membatasi diri, meskipun rencana yang solid biasanya mengandung unsur itu. Sebaliknya, ini tentang menguraikan masa depan keuangan jangka pendek Anda.

Anggaran seperti itu - sebuah rencana untuk ke mana uang Anda akan dikeluarkan sebelum Anda menerima pemasukan bulanan.

Anggaran tidak akan melindungi Anda dari bencana, tetapi mereka dapat membantu Anda menghindarinya. Masalah mobil yang tiba-tiba butuh reparasi besar-besaran atau tagihan kesehatan yang besar dapat mengganggu rencana keuangan anda, tetapi anggaran yang baik dapat meminimalisir dampak tersebut. Sebagian dari anggaran Anda akan dialokasikan ke dalam tabungan dan investasi untuk membantu Anda membangun dana darurat.

Ketika Anda siap untuk membuat anggaran, ingatlah untuk jujur. Penipuan diri sendiri adalah hal terburuk yang dapat merusak proses. Anggaran hanya mencakup uang yang Anda harapkan diterima secara realistis seperti gaji bulanan. Mereka tidak termasuk rejeki nomplok yang tak terduga seperti pewarisan kebetulan atau memenangkan undian.

Anggaran memiliki berbagai tujuan. Mereka dapat membantu Anda menabung untuk tujuan tertentu, seperti membeli mobil atau rumah. Mereka juga dapat membantu Anda membayar hutang atau membangun pasif income. Ketika Anda memulai proses, putuskan apa tujuannya dan tuliskan.

 

Contoh Kasus

Contohnya Rudi berusia 26, masih single  dan penghasilan per bulan Rp. 5.300.000 sebulan. Biaya sewa kosan Rp. 1.000.00 sebulan dan dia menghabiskan Rp. 1.800.000 sebulan untuk membeli makanan. Karena tinggal di peratauan maka sekali setahun, ia terbang untuk mengunjungi orang tuanya,  menonton konser kesayangannya dan juga menontonn film. Serta ia harus mengeluarkan uang untuk service motor, dan keanggotaan gym. Setiap sebulan pembayaran kredit handphone yang belum lunas sebesar Rp. 500.000 dan cicilan kartu kredit lainnya.

Rudi keluar uang bulanan rata-rata  sebulan sebesar Rp. 5 jutaan. Cicilan bulanan Rp. 1.000.000 sekarang terjadi pada kartu kreditnya, dan pembayaran bunga yang meningkat pada kartu kreditnya memakan lebih banyak pendapatan setiap bulan.

 

Apa yang harus Rudi lakukan?

Langkah pertama adalah mengambil selembar kertas dan menggambar garis di tengah. Penghasilan ada di sebelah kiri; biaya di sebelah kanan. Dia perlu menyusun rencana yang menyeimbangkan keduanya dan, mudah-mudahan, menyisakan beberapa ratus rupiah yang tidak terpakai untuk dana darurat. Ini tidak mudah, tetapi bisa dilakukan. Begini caranya:

 

Cara Menghitung Penghasilan Bulanan

Ketika sampai pada anggaran, pendapatan bersih adalah satu-satunya penghasilan yang penting. Lupakan penghasilan sebelum pajak. Pendapatan berrseih setelah dipotong pajak, zakat, asuransi kesehatan dan lainnya adalah apa yang dapat Anda belanjakan atau simpan. Berikut cara menentukan penghasilan bulanan bersih:

Jika Anda Dibayar Dua-Mingguan

Jika Anda dibayar dengan gaji konsisten setiap minggu, gandakan gaji Anda untuk satu gaji dengan jumlah gaji dalam satu tahun yaitu 25x (termasuk tunjangan hari raya). Kemudian bagi angka ini dengan 12 untuk mendapatkan penghasilan bulanan Anda.

Jika Anda Dibayar Mingguan

Ambil pembayaran mingguan Anda dan gandakan dengan jumlah minggu dalam setahun: 52. Bagi jumlah ini dengan 12 untuk mendapatkan penghasilan bulanan Anda.

Jika Bayaran Anda Berfluktuasi

Jika pembayaran Anda berfluktuasi berdasarkan tip, jam bervariasi dan / atau komisi, Anda masih dapat menghitung perkiraan ranger penghasilan bulanan dengan menambahkan penghasilan 3 bulan lalu membaginya dengan 3.

Saat menghitung pendapatan, juga termasuk pendapatan lain seperti jaminan sosial, cacat, pensiun, tunjangan anak, dan tunjangan. Setiap uang yang Anda terima secara rutin dapat dianggap sebagai penghasilan untuk anggaran bulanan Anda.

 

Pengeluaran Bulanan Anda

Mungkin sulit untuk mengingat semua pengeluaran bulanan Anda sebelumnya. Mulailah dengan mencantumkan tagihan yang Anda bayarkan setiap bulan. Yang biasanya mencakup sebagai berikut:

  • Sewa tempat tinggal
  • Pengeluaran otomatis: pembayaran motor, asuransi, bahan bakar dan parkir
  • Listrik / air
  • Internet
  • Kartu kredit
  • Layanan berlangganan: Netflix, keanggotaan gym, dll

Setelah Anda mendaftarkan tagihan bulanan Anda, tambahkan biaya variabel termasuk:

  • Makanan: belanjaan dan makan di luar
  • Cek kesehatan
  • Biaya nonton film

Baca Juga : Inilah 5 Alasan Kamu Harus Menolak Meminjamkan Uang Ke Teman

Kekuatan anggaran akan ditentukan oleh seberapa akuratnya itu. Lihatlah kartu kredit selama 3 bulan dan / atau biaya kartu debit untuk memastikan jenis pengeluaran yang biasanya menghabiskan uangmu.

 

Bandingkan Penghasilan dan Biaya

Setelah Anda meminjamkan semuanya, silakan undurkan semuanya. Bagaimana cara Anda membandingkan dengan cara Anda? Apakah Anda memiliki surplus atau defisit?

Jika Anda memiliki kelebihan, pertimbangkan bagaimana Anda akan menghemat atau menyimpan uang.

Jika defisit, dikeluarkan, dan putuskan apa yang harus dipotong. Jika salah satu diterbitkan terbesar adalah makan siang di kantor, ingat untuk mengantongi cokelat empat hari seminggu. Jika ini menagih kabel TV, pilih paket yang lebih murah atau potong kabelnya. Tagihan ponsel besar? Temukan paket yang lebih murah atau penyedia yang lebih murah.

Mengelola pengeluaran mungkin tidak cukup. Jika Anda tidak dapat mencapai tempat yang Anda inginkan, pindahlah ke percakapan. Apakah Anda mencari lembur atau mencari pekerjaan? Mungkin perlu.

Penghasilan Anda harus selalu melebihi kesuksesan Anda. Pengeluaran yang dianggarkan tidak boleh melebihi 90 persen dari hasil Anda. Ingat, ini adalah tujuan dan Anda mungkin tidak memerlukan setiap bulan, tetapi itu perlu Anda menyimpan rekening tabungan sebagai cadangan. Hanya ketuk dana darurat yang benar-benar diperlukan, dan setorkan uang tambahan ke sana selama bulan apa pun saat Anda menerima lebih dari yang dianggarkan.

      

Spreadsheet Anggaran

Spreadsheet adalah alat yang baik untuk digunakan saat membuat anggaran karena Anda dapat mengubah asumsi dan melihat bagaimana mereka memengaruhi surplus dan / atau defisit Anda. Spreadsheet anggaran yang dirancang dengan baik akan memiliki formula yang diprogram sebelumnya untuk menjumlahkan pengeluaran dan mengurangi dari penghasilan Anda.

Saat mempertahankan spreadsheet anggaran, pertimbangkan untuk memiliki dua: satu spreadsheet yang mencerminkan pendapatan dan pengeluaran aktual dan duplikat yang mencerminkan tujuan Anda: pengeluaran yang sedang Anda coba kurangi (pembayaran utang bulanan, misalnya) dan peluang pendapatan yang sedang Anda kembangkan.

Unduh Spreadsheet Anggaran Bulanan