Apakah Bisa Hidup Tanpa Utang?

Author : Yulia Andita Sari

Ayah saya dan saya berbicara tentang perputaran keuangannya baru-baru ini, dan salah satu hal yang dia katakan adalah dia sangat tidak suka berhutang.

Ayah saya bukan orang yang berada, dan dia tidak kaya. Dia memiliki penghasilan yang cukup untuk keluarga kecilnya, tapi dia  memiliki rumah yang dia beli sudah cukup lama dan bukan milik bank, tidak ada pinjaman pribadi atau KPR, tidak ada hutang kartu kredit.

Bebas dari beban hutang itu membuat hidupnya tenang, katanya. Beliau menasehati saya : lupakan tentang meminjam uang. Tetap bebas dari hutang dan hemat, dan kamu dapat menabung penghasilan bulananmu dan menjalani kehidupan yang bebas kredit.

Tapi terkadang kita ingin hidup tanpa utang. Lebih baik membeli sesuatu menunggu samapi mampu bukan karena mau. Namun ada kalanya kita juga mencuri-curi menggunakan utang atau kartu kredit. asalkan behutang sesuai kemampuan. Bisa jadi orang yang saat ini menggunakan utang, bukan berarti mereka menjadi hina. Karena bisa saja mereka berhutang untuk hal-hal yang produktif.

Namun, bagi ayah saya, yang menjalani kehidupan yang sederhana tanpa terbebani dengan hutang itu akan lebih menyenangkan.

 

Berikut adalah beberapa ide untuk menjalani kehidupan yang bebas utang

Jika itu menarik untuk diterapkan silakan diaplikasikan, jika tidak silakan diabaikan.

  • Simpan uang untuk dana darurat. Banyak orang menggunakan kartu kredit sebagai cadangan jika ada pengeluaran tak terduga. Jika kartu kredit yang digunakan untuk dana cadangan, maka hasil nya bukan berbentuk uang yang bisa kamu gunakan. Tapi kamu harus keluar uang untuk membayar utang yang menumpuk karena menggunakan kartu kredit.Daripada kartu kredit dijadikan andalan ketika ada hal yang tak terduga, lebih baik mengumpulkan uang dulu, baru digunakan untuk hal yang tak terduga.

 

  • Simpan uang untuk kebutuhan masa depan. Setelah Anda mendapatkan dana darurat yang mencukupi. Kamu bisa mulai menabung untuk hal-hal lain. Tetapkan tujuan tabungan untuk diri sendiri: apakah Anda ingin bepergian, atau membeli mobil, atau menabung untuk kuliah, atau merenovasi rumah, atau membeli kapal pesiar? Tentukan tujuan prioritas tertinggi Anda, dan tentukan berapa uang yang harus dikumpulkan. Dengan begitu jika kamu ingin membeli mobil , rumah dan lainnya tidak harus menggunakan fasilitas kredit. Lebih elegan jika kita mampu membelinya dengan tunai.

 

  • Tinggalkan bunga kredit. Masalah dengan utang atau kredit adalah Anda membuang-buang uang untuk membayar bunga. Itu menggerogoti keuangan Anda. Alih-alih merasa ringan membayar cicilan tapi jika dijumlahkan semua cicilanmu maka hasilnya lebih banyak bunga dibandingkan pokoknya. Apalagi kredit yang menerapkan bunga majemuk, bisa dikenal bunga yang dibungakan. Wahh super sekali bunganya.

 

  • Beli mobil secara tunai. Bagi mereka yang telah membeli kendaraan dengan kredit mobil seumur hidup, mungkin tampak mustahil untuk membeli mobil secara tunai. Tapi itu sangat mungkin, dan banyak orang melakukannya.Jadi alih-alih melakukan pembayaran pinjaman, dan nyatanya membayar dua kali lipat harga mobil atau lebih selama jangka waktu pinjaman. Maka dari itu kita harus berhati-hati dengan jebakan kredit, atau pinjaman online yang suatu waktu bisa mencekik isi dompetmu.

Baca Juga : Tips Membeli Mobil Baru Tanpa Kredit

 

  • Investasikan untuk masa pensiun. Ini hanya akal sehat, apa pun situasi kredit atau utang Anda, tetapi tanpa berutang, lebih masuk akal jika uangnya untuk mempercepat investasi pensiunmu (sebagai salah satu tujuan tabungan Anda). Maka kamu dapat pensiun dini, dan berterima kasih karena jika kamu tidak berhutang.

Baca Juga : Tips Foya-Foya Di Masa Tua

 

  • Bepergian tanpa kredit. Sudah menjadi kepercayaan umum bahwa Anda tidak dapat menyewa kamar hotel atau mobil tanpa kartu kredit. Ini salah. Mudah untuk menyewa kamar hotel, misalnya, dengan setoran tunai. Anda hanya perlu menggunakan aplikasi penyewaan hotel untuk menemukan tempat menginap yang tepat. Hal yang sama berlaku dengan penyewaan mobil. Dan jika Anda ingin menemukan perusahaan rental mobil khusus uang tunai.

Baca Juga : Apa Bisa Nabung Reksadana Pasar Uang Untuk Liburan?

 

  • Beli rumah tanpa kredit. Sekarang, jika membeli mobil dengan uang tunai sepertinya tidak mungkin, pasti membeli rumah dengan uang tunai itu lebih tidak mungkin. Eitss tidak ada yang tidak mungkin, karena ada beberapa orang telah melakukannya. Saya bahkan mempertimbangkan untuk melakukannya sendiri. Pertama-tama, jika kamu belum bisa membeli dalam waktu dekat , kamu bisa menyewa tempat tinggal dan dibarengi dengan menabung untuk rumah. Dan investasikan uangnya kedalam reksadana saham.

Karena reksadana saham cocok untuk investasi jangka panjang atau lebih dari 5 tahun. Dan reksadana ini memang pilihan untuk memaksimalkan uangmu. Dengan reksadana kamu akan terbantu dalam pengelolaanya. Reksadana akan dieklola oleh orang yang memeiliki izin pengelolaan investasi dari OJK. Kamu hanya perlu menyetor/ membeli reksadana setiap periode (bulanan, mingguan atau harian) dan mereka yang akan mengelolanya dan memilihkan produk investasinya.